on

Bedah Kamera Digital Nikon 1 J5

Kamera Digital Nikon 1 J5 merupakan generasi kelima dari mirrorless camera buatan Nikon yang mencatat sukses semenjak generasi pertamanya dirilis beberapa tahun silam. Kamera digital Nikon series 1 sangat digemari konsumen karena meski ukurannya sangat kompak namun mampu menghasilkan foto dengan kualitas setara kamera DSLR.

Nikon 1 J5 mempertahankan keunggulan dari para pendahulunya dengan beberapa penyempurnaan. Dimensinya tak lebih besar dibanding kamera digital tipe point-and-shoot atau yang lebih sering di-generalisasi sebagai kamera saku. Sementara sensor 20 MP-nya diklaim menghasilkan kualitas sempurna kala berpadu dengan lensa yang tepat. Apa saja kelebihan dari kamera digital Nikon 1 J5? Simak ulasan singkat berikut:

Kamera Digital Nikon 1 J5


Mengenal Keunggulan dan Kelemahan Kamera Digital Nikon 1 J5

Sama seperti sebelumnya, Nikon 1 J5 memberikan keleluasan bagi pengguna untuk memilih antara mode otomatis maupun manual. Nikon juga melengkapi mirrorless camera terbarunya ini dengan built-in flash yang bisa diarahkan ke atas untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih natural. Selain itu layar LCD berukuran 3 inch yang diusungnya juga bisa diangkat dan diputar sehingga kamera digital ini menjadi ideal digunakan berfoto selfie atau groufie.

Namun demikian, tak seperti kamera digital SLR dimana tersedia viewfinder fitur serupa tak dimiliki oleh Nikon 1 J5 bahkan hot-shoe pun tak disediakan oleh pembuatnya. Jika Anda merasa keberadaannya demikian penting mungkin ada baiknya mempertimbangkan mirrorless camera merek lain seperti Canon EOS M3 yang sudah memiliki fitur EVF. Tapi jika memang keberadaan fitur tersebut hanya dimaksudkan agar penggunaannya tetap optimal kala terpapar sinar matahari saja maka rasanya 1 J5 sudah cukup.

Layar LCD-nya bukan saja mampu menampilkan kualitas gambar yang tajam menyerupai kondisi aktual namun juga tetap terbaca dengan baik kala terpapar sinar matahari, selama bukan paparan secara langsung. Dan oleh karena layarnya bisa diposisikan sedemikian rupa sehingga menghindari paparan sinar matahari secara langsung bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Spesifikasi dan Harga Kamera Digital Nikon 1 J5

Sedikit kekurangan atau kelemahan pada kamera digital Nikon 1 J5 yang dirasakan selama pengujian adalah ketiadaan real-time exposure viewing serta tampilan di layar yang tidak tampak 100% sehingga beberapa detil yang sebenarnya tak ingin disertakan bisa ikut tertangkap pada foto yang dihasilkan nantinya.

Harga Kamera Digital Nikon 1 J5

Di luar itu Nikon 1 J5 terasa sangat menyenangkan, mumpuni sekaligus mudah digunakan oleh siapapun. Mengubah exposure misalnya bisa dilakukan hanya dengan memutar dials yang terletak pada bagian atas dan bagian belakang. Tombol di atas merupakan pengatur electronic shutter yang bisa diatur hingga kecepatan maksimal 1/16000 per detik, sedangkan tombol di bagian belakang berfungsi untuk mengatur aperture.

Pengalaman Kamera Digital Nikon 1 J5

Meski mendukung penggunaan lensa berukuran besar namun tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanannya kala digunakan. Lensa 50 mm atau bahkan 135 mm masih cukup ideal dipasangkan pada kamera digital Nikon 1 J5 ini. Pengguna tentu saja bisa memasangkan tripod yang bakal sangat berguna kala kamera ini dikombinasikan dengan lensa DX.

Harga Kamera Digital Nikon 1 J5
Hitam
Harga Kamera Digital Nikon 1 J5
Jual Kamera Digital Nikon 1 J5

Kesimpulan Review Kamera Digital Nikon 1 J5

Nikon tampaknya akan kembali meraih sukses yang sama di kategori mirrorless camera lewat Nikon 1 J5 ini. Kualitas foto yang setara dengan DSLR dan bahkan sedikit lebih baik dibandingkan DSLR tertentu berikut kemampuan lensanya untuk menciptakan efek bokeh, latar belakang blur dan sebagainya belum lagi gejala noise yang sangat minim membuat kamera digital berukuran kompak ini ideal dijadikan pendamping kala liburan maupun perjalanan.