on

Spesifikasi Harga Lenovo Thinkpad X240 dan Review

Lenovo Thinkpad X240 tak lain adalah versi mini dari Lenovo Thinkpad T440 yang lebih dahulu dirilias oleh perusahaan asal Taiwan itu. Hanya dengan melihat seklias saja kebanyakan orang akan menyadari persamaan kedua seri laptop keluaran Lenovo tersebut. Dengan ukuran yang kompak mampukah Lenovo Thinkpad X240 menjadi alternatif T440?

Keunggulan Lenovo Thinkpad X240 yang paling kentara dalah estetika serta kualitas desain pada housing-nya seperti halnya laptop Lenovo lain. Soal housing atau casing memang Lenovo selalu menghadirkan kesan solid dan kokoh dibanding merek-merek lain. Dengan ukuran yang kompak serta build quality yang baik Lenovo Thinkpad X240 adalah laptop tepat bagi pengusaha dan profesional.

Jual Lenovo Thinkpad X240


Spesifikasi Lenovo Thinkpad X240

Model X240 - 20AMA0LDID
Ukuran (L x W x H cm) 12.02 x 8.19 x 0.79
Berat (kg) 1.3
Warna Hitam
Ukuran Layar (in) 12.5
Hard Disk 500
RAM 4
Kapasitas Penyimpanan 500
Memori Grafis 4
Kecepatan CPU 1.90
Tipe Processor Intel
Megapiksel 1.0
Sistem Operasi Windows
Fitur Tampilan HD
Fitur Wi-Fi
Garansi produk 3 Tahun Garansi Resmi
Tas Lenovo
Koneksi Nirkabel Bluetooth|WiFi
Tipe Memori DDR3
Tipe Processor iNTEL I5
Sistem Operasi Windows 7 Pro - Windows 8 Pro
Product warranty in english 3 Tahun Garansi Resmi

Berbeda dengan laptop murah yang umumnya menggunakan permukaan tipe glossy, permukaan Lenovo Thinkpad X240 bertipe matter. Selain memberi kesan lebih premium juga sekaligus lebih aman dari noda-noda jari dan tidak licin. Dimensinya sendiri seperti yang sudah disinggung, sangat kompak. Dengan tebal 20 mm saat ditutup dan bobot tak lebih dari 1,42 kg laptop Lenovo ini dengan mudah masuk ke dalam tas dan ditenteng kemana-mana bagi mereka yang super sibuk.

Satu hal yang disayangkan dari Lenovo Thinkpad X240 adalah casing yang tidak bisa dibuka dengan obeng biasa. Sehingga untuk membersihkan atau menambah RAM saja pemilik harus membawanya ke bengkel resmi Lenovo. Sisanya banyak kesamaan antara Lenovo Thinkpad X240 dengan Lenovo T440 dari segi desainnya.

Spesifikasi Harga Lenovo Thinkpad X240

Jika dibandingkan pendahulunya, Lenovo x230 maka seri laptop terbaru Lenovo ini mengadopsi tombol keyboard yang tampak lebih kecil serta lebih rapat untuk memberikan ruang lebih lega pada palmrest maupun touchpad.
Beberapa tombol yang semula ada pada X230 juga dihilangkan, misalnya tombol untuk mengaktivasi WiFi dan tombol mute. Sebagai penggantinya fungsi-fungsi itu bisa diakses dengan kombinasi tombol Fn.

Review Lenovo Thinkpad X240

Peningkatan utama pada Lenovo Thinkpad X240 jika dibandingkan X230 tentu terletak pada spesifikasi dimana laptop Lenovo terbaru untuk segmen bisnis ini mengandalkan prosesor Intel Core i5-4300U 1.9 GHz berpadu dengan RAM sebesar 4 GB (DDR3 SDRAM) dan SSD berkapasitas 256 GB. Sementara GPU nya menggunakan Intel HD Graphics 4400. Saat dilakukan pengujian dengan 3D Mark ternyata performa Lenovo Thinkpad X240 berada sedikit di bawah Lenovo Thinkpad T440. Memang keduanya menggunakan CPU dan GPU yang sama namun RAM T440 lebih besar dibanding X240.

Saat bekerja keras panas yang dihasilkan oleh laptop Lenovo ini mulai terasa dan tidak nyaman diletakkan di pangkuan. Pada kondisi itu suara kipas yang berusaha mendinginkan prosesor dan komponen lain mulai muncul. Namun kondisi semacam ini sangatlah jarang terjadi, dan umumnya laptop ini relatif dingin serta tidak berisik.

Selain koneksi dan fitur yang umum ditemukan pada laptop bisnis di kisaran harga ini. Lenovo Thinkpad X240 masih menyediakan pula slot untuk SIM card. Jadi pengguna memiliki alternatif lain untuk terhubung ke internet selain lewat WiFi ataupun Ethernet.

Laptop Terbaru Lenovo

Harga Lenovo Thinkpad X240

Lenovo Thinkpad X240
Lenovo Thinkpad X240
beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Saat review ini dibuat harga Lenovo Thinkpad X240 ada di kisaran Rp 17,5 hingga 18 juta-an. Standarnya laptop ini dilengkapi dengan baterai 3-cell namun jika pemilik menghendaki baterai yang lebih tahan lama maka tersedia pula baterai ori Lenovo 6-cell yang bisa digunakan untuk X240 ini. Baterai standarnya sendiri bertahan selama 8 jam 7 menit untuk penggunaan normal. Sedangkan dengan baterai 6-cell pengguna bisa menjauh dari outlet listrik selama 13 jam 15 menit.

Lenovo Thinkpad X240 adalah salah satu laptop bisnis terbaik yang ada di pasaran saat ini, meski ukurannya kompak namun terbukti faktor kenyamanan sama sekali tidak dikorbankan. Satu hal yang menjadi kelemahan Thinkpad X240 ini adalah ketiadaan backlight untuk keyboard yang membuatnya mustahil digunakan dalam ruangan tanpa cahaya.