on

Spesifikasi BLU Studio Mini Smartphone LTE Harga 1,5 Juta-an

Smartphone LTE yang baru saja dirilis oleh perusahaan asal AS bernama BLU yang bermarkas di Miami cukup menyita perhatian karena harga yang relatif terjangkau. BLU Studio Mini LTE merupakan versi mini dari BLU Studio 6.0 LTE yang sudah lebih dahulu beredar dengan layar berukuran 6 inch. Dengan harga yang murah itu lantas apa sajakah yang ditawarkan oleh smartphone Android LTE BLU Studio Mini LTE tersebut?

Spesifikasi Smartphone LTE BLU Studio Mini LTE



Network: (3G) 850/1700/1900/2100, (4G LTE) 700/1700/2600

Display: 4.5-inch FWVGA 480 x 854 resolution (218ppi)

Processor: 1.2 GHz quad-core Snapdragon 400 CPU, Adreno 305 GPU

OS: Android 4.3 Jelly Bean

Camera: Rear – 5.0 megapixel, Front – VGA, HD 720p video @30fps

Connectivity: WiFi a/b/g/n/ac, GPS, Bluetooth v3.0, Hotspot, micro-USB v2.0

Memory: 1GB RAM, 4GB internal memory + microSD slot expandable up to 32GB

Battery: Li-Ion 1850 mAh

Colors: Blue, Yellow, White, Pink, Grey, Orange

Smartphone LTE BLU Studio Mini sendiri cukup kontroversial karena pada masa dimana sebagian besar kompetitor mulai melakukan update Android Lollipop bukannya BLU Studio Mini LTE mengusung Android KitKat yang siap menerima update Android terbaru tersebut namun justru menjalankan Android 4.3 Jelly Bean. Beruntung setidaknya konfigurasi hardware yang dimiliki mampu menjalankan sistem operasi berikut aplikasi di dalamnya dengan sangat lancar. Tampilan antar mukanya sendiri dibuat sederhana seolah BLU tidak ingin mengacaukan pengalaman menggunakan sistem operasi Android sebagaimana dilakukan oleh mayoritas kompetitornya.

Dengan layar berukuran 4.5 inch BLU Studio Mini LTE sangat nyaman digenggam, casing-nya terbuat dari plastik dengan permukaan tipe matte sehingga selain tidak licin juga lebih elegan ketimbang plastik glossy. Casing-nya sendiri tersedia dalam enam warna pilihan yaitu biru, kuning, putih, pink, abu-abu dan orange. Penempatan speakernya masih konservatif yaitu diletakkan pada bagian belakang casing bukan di depan atau di bagian bawah seperti umumnya smartphone keluaran terbaru saat ini.

Bertanggung jawab untuk performa kecepatan BLU Studio Mini LTE adalah prosesor quad-core 1.2 GHz Snapdragon 400 dengan didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB dan GPU Adreno 305 yang terbukti tangguh dalam memastikan setiap aplikasi berjalan dengan baik. Sisi minusnya adalah layar 4.5 inch yang dimiliki hanya mengusung resolusi 480 x 854 pixels yang berarti selain performa yang baik tak banyak lagi yang bisa dinikmati dari smartphone LTE dengan harga murah ini.

Memang masih ada fitur lain seperti kamera utama 5 MP yang ditawarkan oleh BLU Studio Mini LTE, namun kembali perlu diingat bahwa nilai MP sama sekali bukan satu-satunya faktor yang menentukan kemampuan kamera dalam menghasilkan kualitas foto yang baik. Dan hal ini terbukti pada BLU Studio Mini LTE dimana kualitas foto yang dihasilkan tidak cukup menggembirakan karena memang pihak produsen berusaha memangkas biaya produksi di sektor ini.

Harga Smartphone LTE BLU Studio Mini LTE

Memang ada beberapa sisi minus dari BLU Studio Mini LTE yang mungkin membuat calon konsumen berpikir dua kali setelah melihatnya, namun jangan lupa pula bahwa harga BLU Studio Mini LTE sendiri hanya $115 atau setara Rp 1.426.460,- dan sudah mendukung jaringan LTE. Dengan kata lain rasanya wajar mengkompromi beberapa kekurangan setelah mempertimbangkan harga tersebut.