on

Bedah Spesifikasi Huawei P8 Lite

Belum lama ini produsen smartphone Android asal Cina Huawei mendapat sorotan setelah merilis Huawei P8 yang performa kameranya dianggap fenomenal. Ternyata tak lama setelah itu perusahaan yang sama menghadirkan versi murahnya dalam bentuk Huawei P8 Lite. Desain serta build quality-nya sama sekali tak berkesan murahan namun apakah sebenarnya yang membedakan Huawei P8 Lite dengan Huawei P8?

Banderol harga Huawei P8 Lite hanya ada di kisaran Rp 3 juta lebih sedikit. Tentu relatif murah untuk ukuran sebuah smartphone Android kelas mid-end. Bagi mereka yang selama ini mengidamkan Huawei P8 dan terkendala dengan anggaran yang terbatas tentu kehadiran Huawei P8 Lite dianggap sebagai angin segar. Namun sebelum terburu-buru memutuskan membeli Huawei P8 Lite perlu dipahami pula bahwa meski sama-sama mengusung nama P8 keduanya tak lantas bisa disejajarkan begitu saja.

Spesifikasi dan Harga Huawei P8 Lite


Menggali Lebih dalam Huawei P8 Lite

  • Sebelum membahas lebih dalam berikut adalah spesifikasi resmi dari Huawei P8 Lite:
  • 5 inch 720p IPS display
  • 1.2 GHz 64-bit octa-core Kirin 620 processor
  • 2GB RAM / 16 GB ROM
  • 13MP rear camera/5MP front camera
  • 2,200 mAh size battery
  • Android 5.0 / EMUI 3.1
  • Support Dual SIM card, 4G LTE, Bluetooth 4.1、NFC

Desain Huawei P8 Lite nyaris sama dengan Huawei P8, setidaknya ada kemriripan sekitar 90% namun alih-alih menggunakan material aluminum perusahaan pembuatnya menggunakan material plastik dalam upaya menghemat biaya produksi.

Untuk sebuah smartphone yang harganya relatif terjangkau rasa-rasanya kondisi ini tak perlu dipermasalahkan, lebih lagi dari sisi desain kesan elegan masih tetap terpancar. Belum lagi bezel super tipis makin membuat penampilan Huawei P8 Lite mencolok dibanding smartphone lain sekelasnya. Lagi-lagi kala menghidupkan layar ada hal lain yang harus dikompromi, yaitu di sekeliling layar muncul garis pembatas berwarna hitam sehingga tidak semua bagian dari layar tersebut sepenuhnya digunakan.

Sedangkan kamera utama diletakkan pada bagian belakang tepatnya di kiri atas bersebelahan dengan LED flash. Kontur faux brushed metal pada bagian belakang ini sendiri memberi sentuhan unik sekaligus nyaman digenggam.

Kamera Huawei P8 Lite

Pada frame bagian atas Anda akan menemukan sebuah audio jack 3.5 mm berikut microphone yang berfungsi sebagai noise cancelling. Port MicroUSB berikut speaker diposisikan pada bagian bawah. Dan pada sisi samping kiri tak terdapat port atau tombol apapun sebab slot SIM card, slot microSD, tombol daya serta tombol pengatur volume semua diletakkan di sisi bagian kanan.




Impresi Awal Huawei P8 Lite

Jelas sekali bahwa Huawei P8 Lite adalah versi murah atau downgrade dari Huawei P8. Sekalipun casingnya menggunakan material plastik namun desainnya mampu menutupi kesan murahan, bahkan dengan build quality solid sebenarnya Huawei P8 Lite terkesan premium melebihi harga sesungguhnya.

Satu hal yang masih menjadi misteri adalah kamera utama 13 MP, apakah kamera ini menggunakan teknologi canggih seperti sensor RGBW dan prosesor terpisah sebagaimana diaplikasikan pada Huawei P8 atau hanya kamera biasa demi memangkas biaya produksi. Jawaban tersebut bisa ditemukan pada review Huawei P8 Lite mendatang.