on

Perbandingan Samsung Galaxy J7 vs. Motorola Moto G 2015

Perbandingan Samsung Galaxy J7 vs. Motorola Moto G 2015 diperkirakan juga akan sengit di segmen menengah. Sebelumnya kami sudah membandingkan Galaxy J5 vs. Moto G 2015, oleh karena Galaxy J7 juga tak jauh berbeda dari Galaxy J5 maka asumsi kami bakal banyak pula calon konsumen yang memperbandingkan keduanya kala hendak melakukan keputusan beli.

Baik Samsung Galaxy J7 maupun Motorola Moto G generasi ketiga sampai saat ini belum resmi masuk di Indonesia. Penjualan Galaxy J7 saat ini masih terbatas di Cina dengan peluang besar masuk ke negara-negara Asia lainnya termasuk Indonesia. Motorola Moto G 2015 hampir pasti masuk di Indonesia meski jika belajar dari Moto G 2014 lalu kemungkinan bakal cukup telat. Sambil menanti kehadiran keduanya silakan menyimah head-to-head perbandingan Samsung Galaxy J7 vs. Motorola Moto G 2015 berikut.

Perbandingan Samsung Galaxy J7 vs. Motorola Moto G 2015


Head-to-head Samsung Galaxy J7 vs. Motorola Moto G 2015

Jika pada perbandingan performa antara Moto G vs. Galaxy J5 lalu Motorola unggul berkat penggunaan tampilan antar muka stock Android maka kali ini kondisinya sangat berbeda. Sebab sementara chipset berteknologi lawas yaitu Snapdragon 410 masih menjadi andalan Moto G seri terbaru, Galaxy J7 sudah menggunakan Snapdragon 615 dengan prosesor octa-core. Di beberapa pasar tertentu Samsung menggunakan chipset Exynos 7580 untuk Galaxy J7, walau demikian teknologi serta performanya tetap masih lebih baik jika dibandingkan Snapdragon 410.

Di sektor layar oleh karena tak ada perbedaan antara layar Samsung Galaxy J7 dan layar Galaxy J5 kecuali dari segi ukuran maka kala diperbandingkan dengan layar Moto G 2015 kondisinya juga serupa. Teknologi Super AMOLED membawa nilai positif yang menempatkan Galaxy J7 unggul atas Moto G 2015 untuk poin kualitas layar, meski pada sisi lain Moto G sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 3 dan Galaxy J7 belum memiliki proteksi bawaan.

Perbandingan Samsung Galaxy J7 vs. Motorola Moto G 2015

Motorola Moto G tersedia dalam dua pilihan yaitu kapasitas memori internal 8 GB dengan RAM 1 GB serta kapasitas memori internal 16 GB dengan RAM 2 GB, yang manapun pilihan Anda keduanya mendukung memori ekstenal hingga 32 GB. Galaxy J7 tersedia dalam opsi memori internal 16 GB dengan RAM 1.5 GB yang mendukung memori eksternal hingga 128 GB.

Masuk ke perbandingan fitur kamera utama Samsung Galaxy J7 vs. Motorola Moto G 2015 kembali disayangkan bahwa kamera yang digunakan oleh Galaxy J7 masih kamera yang sama dengan Galaxy J5, artinya meski di atas kertas setara dengan Moto G 2015 namun hasil foto di lapangan menunjukkan kamera Moto G 2015 superior atas kamera Galaxy J7.
Keunggulan Galaxy J7 di sektor kamera terletak pada keberadaan LED flash yang mendukung kamera sekunder. Sementara kamera sekunder milik Moto G belum dilengkapi fitur serupa.

Seperti adik kandungnya, Galaxy J7 pun mengungguli Moto G di sektor baterai selain kapasitas yang lebih besar (3000 mAh) jika baterainya adalah tipe removable. Moto G 2015 sendiri dilengkapi baterai berkapasitas 2470 mAh tipe non-removable.

Pada perbandingan konektivitas Galaxy J7 juga sedikit unggul dibanding Moto G 2015 karena meski keduanya sama-sama mendukung 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n dengan WiFi hotspot, GPS, microUSB 2.0 dan USB, Galaxy J7 sudah menggunakan Bluetooth versi yang lebih baru yaitu 4.1 dimana Moto G 2015 masih menggunakan versi 4.0.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy J7 vs. Motorola Moto G 2015

Secara teoritis Samsung Galaxy J7 unggul dari Moto G 2015 berkat penggunaan chipset yang lebih modern, kamera selfie dengan LED flash serta layar Super AMOLED. Namun harga Samsung Galaxy J7 yang jauh lebih mahal dibanding harga Motorola Moto G 2015 menjadikannya tak terdengar sebagai pilihan ideal. Bahkan dalam beberapa hal lain seperti kamera utama dan casing anti-air Motorola justru menawarkan greater value for money dibanding kompetitornya itu.