on

Samsung Notebook 9 Kembali Pikat Konsumen

Beberapa tahun silam Samsung sempat sukses di kategori laptop/notebook dengan beberapa lini produk. Sayang sukses tersebut tidak bertahan lama karena perusahaan asal Korea itu tidak sanggup menjaga konsistensi produk dan layanan di kategori tersebut. Tahun ini mereka tampak mencoba peruntungan di industri yang sama lewat beberapa seri sala satunya adalah Samsung Notebook 9.

Samsung Notebook 9 sendiri ditawarkan dalam dua pilihan masing-masing mengusung layar berukuran 13 dan 15 inch. Keduanya secara khusus ingin membidik konsumen dengan tingkat mobilitas tinggi yang umumnya mengharapkan sebuah laptop atau notebook tipis dan berbobot ringan selain tentu saja stamina baterai panjang. Sang produsen mengklaim bahwa baik yang mengusung layar 13 maupun 15 inch sama-sama mudah dijinjing dengan satu tangan saja.

Spesifikasi dan Harga Samsung Notebook 9


Preview Samsung Notebook 9

Notebook terbaru keluaran Samsung ini sendiri diperkenalkan lewat gelaran CES 2016 yang berlangsung baru-baru ini di Las Vegas. Dari penampilannya saja sudah kentara bahwa yang menjadi fokus Samsung kala membangun notebook terbarunya ini adalah soal portabilitas.

Oleh karena diposisikan sebagai notebook kelas high-end maka tidak terlalu mengejutkan ketika melihat Samsung Notebook 9 hadir dalam balutan casing magnesium sebagaimana umumnya laptop dan notebook di kelas tersebut. Keputusan menggunakan magnesium alih-alih aluminium merupakan upaya Samsung meredam bobot notebook tersebut secara keseluruhan meski pada sisi lain ia tak berkesan se-premium laptop dan notebook yang mengandalkan casing aluminium.

Bagaimanapun tampaknya tahun ini banyak pabrikan memang mulai meninggalkan material aluminium dan beralih ke magnesium, karenanya lambat laun konsumen pun akan merasa terbiasa dengan penampilan laptop dengan casing magnesium tersebut.

Beberapa poin paling menarik dari notebook terbaru buatan Samsung ini terletak pada casing yang kala disentuh terasa dingin menyerupai metal, disamping itu layar sentuh dengan resolusi 1080 pixels-nya tampak terang dan tajam begitu dinyalakan.

Di sektor performa Samsung Notebook 9 mengandalkan prosesor Intel Core i5 dan i7 masing-masing didampingi oleh RAM sebesar 8 GB serta SSD berkapasitas 256 GB. Di atas kertas semestinya konfigurasi tersebut sanggup melahap aplikasi kompleks sekalipun dengan baik.

Dalam pengujian singkat keyboard serta touchpad-nya terasa cukup baik, sedangkan menurut klaim pihak Samsung baterai notebook terbaru mereka sanggup bertahan selama 10.5 jam dalam penggunaan normal.

Meski ramping dan mengedepankan portabilitas menariknya Samsung Notebook 9 menawarkan dukungan interface melebihi ekspektasi. Port full-size seperti USB 3.0 dan SD slot bisa ditemukan pada Samsung Notebook 9 13 inch.

Opini Awal untuk Samsung Notebook 9

Baik Samsung Notebook 9 dengan layar 13 inch maupun 15 inch keduanya sama-sama terdengar menjanjikan, paduan seimbang antara performa dan portabilitas membuat notebook terbaru Samsung ini bakal mudah memikat calon konsumen. Sayang sekali hingga tulisan ini diterbitkan belum ada kejelasan mengenai harga notebook Samsung tersebut.