on

Samsung Galaxy Tab S3, Sudah Cukupkah Menggantikan Laptop?

Samsung Galaxy Tab S3 sebagai tablet Samsung Galaxy terbaru di kelas high-end dikampanyekan oleh sang produsen sebagai alat pendukung produktivitas sekaligus hiburan. Dengan harga, tampilan serta promosinya tak sedikit calon konsumen yang berpersepsi bahwa Galaxy Tab S3 dirancang menggantikan peran laptop.

Mengambil konsep yang sama dengan HP terbaru Samsung di segmen teratas tablet Samsung Galaxy Tab S3 ini juga banyak mengadopsi material serat kaca di bagian depan maupun belakang yang memberi kesan futuristis dan elegan.

Harga Samsung Galaxy Tab S3 dan Spesifikasi


Intip Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3


Samsung Galaxy J7 Max
SpesifikasiSamsung Galaxy J7 Max
Layar 9.7 inches, 1536 x 2048 pixels (~264 ppi pixel density)
Dimensi 237.3 x 169 x 6 mm
Bobot 429 g
OS Android 7.0 (Nougat)
Kamera Primer 13 MP, f/1.7, autofocus, LED flash
Kamera Sekunder 13 MP, f/1.9, 27mm, autofocus, LED flash
ROM 32GB
MicroSD microSD, up to 256 GB
RAM 4GB
Prosesor Quad-core (2x2.15 GHz Kryo & 2x1.6 GHz Kryo)
Baterai 6000 mAh
Standar Desain No rating
Sensor Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, compass
Harga Rp -

Dari poin desain hal yang menarik dari Galaxy Tab S3 adalah keberadaan empat buah kisi-kisi speaker yang tersebar di atas serta di bawah tablet tersebut. Konfigurasi semacam ini langka diketemukan pada sebuah tablet.

Untuk pendukung konektivitas selain port USB tipe C dan port audio 3.5 mm sang produsen menempatkan pula tray untuk keping SIM serta microSD.
Pemindai sidik jarinya diintegrasikan bersama tombol “Home” dan diapit oleh kedua tombol lainnya. Dua tombol yang mengapit tersebut sudah mengadopsi backlit kala disentuh atau dioperasikan.

Layar berukuran 9.7 inch di bagian depan mengadopsi teknologi Super AMOLED dengan kemampuan menampilkan resolusi 1536 x 2048 pixel. Layar tersebut juga sudah mendukung multi touch lima jari.

Layar tablet Samsung Galaxy terbaru itu bukan sekedar lebar, namun tingkat kecerahan serta ketajamannya memang terbilang istimewa untuk standa tablet. Menonton YouTube atau video dengan Galaxy Tab S3 dijamin bakal memberikan pengalaman istimewa.
Sayang sekali untuk sebuah tablet sekelas dan semahal ini sang produsen tidak memberikan pelindung Corning Gorilla Glass atau sejenisnya. Karenanya sangat disarankan langsung memasang tempered glass begitu Anda membelinya.

Soal fitur kamera memang kamera tablet tidak pernah dirancang istimewa, ukuran yang besar menjadi salah satu alasan pabrikan tak memberi banyak perhatian kepadanya. Umumnya pengguna tablet juga enggan menggunakan kamera tersebut kecuali dalam kondisi terpaksa.

Namun bukan Samsung kalau lantas kamera untuk tablet kelas high-end diberlakukan sembarangan. Galaxy Tab S3 dilengkapi dengan kamera utama 13 MP f/1.9 sedangkan kamera sekundernya mengandalkan sensor 5 MP.

Fitur-fitur yang mendampingi terbilang komplet termasuk video stabilization dengan mode Panorama, HDR, Food shot, Virtual shot dan bahkan manual.

Walau di atas kertas cukup menjanjikan namun tetap saja tidak bisa dibandingkan dengan kualitas kamera ponsel harga di atas Rp 5 Juta-an. Reproduksi warna yang dihasilkan tidak memuaskan demikian pula tingkat detilnya sangat rendah. Namun kalau tujuannya untuk berjaga-jaga kala darurat maka keberadaannya cukup membantu.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Tab S3

Aksesoris S-Pen juga disertakan dalam paket penjualan Galaxy Tab S3, kinerjanya terasa natural tidak kalah dibandingkan seri Galaxy Note. Namun karena tidak ada slot khusus untuk menyimpan S-Pen tersebut maka kurang terasa praktis saat melakukan mobilitas.

Bertanggung jawab atas performa Samsung Galaxy Tab S3 ini adalah chipset Qualcomm APQ 8096 dengan RAM 4 GB serta ROM sebesar 32 GB.
Performanya terasa fluid untuk ukuran perangkat Android, namun kalau yang Anda bayangkan ia bakal sanggup menggantikan laptop sepenuhnya maka jelas tidak mungkin.

Harga Samsung Galaxy Tab S3
Samsung Galaxy Tab S3
Harga Samsung Galaxy Tab S3
Galaxy Tab S3


Bisakah Samsung Galaxy Tab S3 Menggantikan Laptop?

Bagaimanapun sistem operasi Android tidak menyediakan semua aplikasi yang familiar digunakan oleh kebanyakan pengguna OS Windows. Kalau sekedar difungsikan sebagai backup dari laptop utama maka tidak terlalu jadi soal, namun kalau mengharapkan ia menggantikan fungsi laptop sepenuhnya rasanya belum cukup.