on

Kupas Spesifikasi Tablet Android Terbaik Samsung Galaxy Tab S2

Samsung Galaxy Tab S2 mungkin tak banyak mendapat sorotan sebagaimana dua produk Samsung Galaxy terbaru lainnya yaitu Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5. Namun di kategori Tablet kehadirannya sangat layak disoroti terlebih mengingat pendahulunya sempat dimahkotai gelar sebagai Tablet Android terbaik tahun 2014.

Samsung Galaxy Tab S2 diluncurkan di tempat yang berbeda dengan Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5. Sementara dua produk yang disebut belakangan mengambil tempat di New York City, Galaxy Tab S2 mempertahankan tradisi selama beberapa tahun belakangan yaitu di London. Tahun lalu Galaxy S Tab sanggup menjadi rival berat bagi iPad Air. Akankah Samsung Galaxy Tab S2 memberi perlawanan sengit yang sama bagi iPad Air 2 tahun ini?

Tablet Android Terbaik Samsung Galaxy Tab S2


Mengulas Desain & Spesifikasi Tablet Android Terbaik Samsung Galaxy Tab S2


  • 8-inches/9.7-inches

  • QXGA (2048x1536)

  • 389 grams (WiFi-only 9.7-inch model)

  • Android 5.0 Lollipop

  • 2.1-megapixel

  • 8-megapixel

  • 1.9GHz/1.2GHz octa-core Samsung Exynos 5433

  • 3GB RAM

  • 32GB/64GB. Expandable via microSD up to 128GB

  • Yes

  • Microsoft Office apps suite, 100GB of free cloud storage

Samsung kini sudah mulai melupakan plastik polycarbonate untuk semua produknya yang dipertuntukkan bagi segmen high-end, hal in tampak pada casing Samsung Galaxy Tab S2 yang juga sudah menggunakan casing aluminium seperti halnya Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge Plus serta Note 5. Alhasil kala digenggam ia terasa lebih solid sekaligus premium dibanding pendahulunya tahun lalu.

Tak hanya itu keuntungan yang didapat, dimensinya pun bisa dipangkas cukup signifikan. Dengan ketebalan 5,3 mm jelas bahwa Galaxy Tab S2 adalah salah satu Tablet tertipis yang ada di pasaran untuk saat ini.

Tablet Android Terbaik Samsung Galaxy Tab S2

Sedikit perbedaan dengan produk di kategori smartphone dimana casing bagian belakang menggunakan serat kaca berlapis Corning Gorilla Glass, untuk Tablet Samsung Galaxy terbaru ini sang produsen masih tetap menggunakan plastik polycarbonate. Pertimbangannya selain memangkas bobot juga karena dimensi Tablet yang lebih besar dibanding smartphone maupun phablet membuat material plastik di bagian belakang memberi daya cengkeram yang lebih baik dibanding serat kaca maupun aluminium.

Penempatan tombol-tombol beserta pemindai sidik jari terasa sangat ergonomis, bahkan kesemuanya memungkinkan pengguna mengoperasikan Tablet Android terbaru buatan Samsung ini hanya dengan satu tangan, selama ukuran tangan Anda cukup besar tentu saja.

Samsung Galaxy Tab S2 saat ini tersedia dalam dua opsi berdasar ukuran layarnya masing-masing adalah 8 inch dan 9.7 inch. Masing-masing mengandalkan teknologi yang sama yaitu Super AMOLED sebagaimana umumnya produk Samsung Galaxy untuk segmen mid-end dan high-end. Dengan resolusi 2048 x 1536 ppi berikut rasio 4:3 kejernihan serta ketajaman yang ditampilkan oleh layar Tablet Android terbaik 2015 ini tampak demikian memukau mata.

Tablet Android Terbaik Samsung Galaxy Tab S2

Menjalankan sistem operasi Android Lollipop 5.0 pihak pabrikan menjanjikan update ke versi Android 5.1 dalam waktu dekat. Tampilan antarmuka TouchWiz yang dijalankan sedikit berbeda jika dibanding Galaxy S6/S6 Edge/S6 Edge Plus namun juga tidak membuat pengguna yang sudah terbiasa dengan ToucWiz merasa asing olehnya.

Di sektor perangkat lunak salah satu kelebihan dari Tablet Android Samsung Galaxy Tab S2 ini adalah sudah tersedianya aplikasi Microsoft Office serta fasilitas penyimpanan cloud sebesar 100 GB. Tampaknya sang produsen ingin memosisikan produk ini sebagai alternatif pengganti laptop kala dihubungkan dengan Bluetooth keyboard.

Selama pengujian singkat Samsung Galaxy Tab S2 menunjukkan performa dan fluiditas yang sangat baik berkat kombinasi antara Exynos 5433 octa-core dengan DDR4 RAM berkapasitas 3 GB. Kombinasi ini sudah terbukti kualitasnya pada Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge.

Selain opsi memori internal 32 GB dan 64 GB Galaxy Tab S2 juga mendukung penggunaan memori eksternal melalui keping microSD hingga kapasitas maksimal 128 GB. Sedangkan untuk konektivitas selain WiFi pengguna juga bisa menghubungkan Tablet Android ini dengan jaringan LTE jika membeli versi selular.

Tablet Android Terbaik Samsung Galaxy Tab S2

Pada bagian belakang casing terdapat lensa kamera utama 8 MP yang meski ganjil menenteng Tablet kemana-mana hanya untuk berfoto namun kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy Tab S2 ini terbilang baik. Sementara pada bagian depan terdapat kamera sekunder 2.1 MP.

Harga Samsung Galaxy Tab S2 di Indonesia
Samsung Galaxy Tab S2
Jual Samsung Galaxy Tab S2
beli sekarang


Kesimpulan Ulasan Tablet Android Terbaik 2015 Samsung Galaxy Tab S2

Meski singkat namun beberapa penyempurnaan yang dilakukan Samsung pada Samsung Galaxy Tab S2 menunjukkan cukup potensi serta amunisi mempertahankan predikat sebagai Tablet Android terbaik tahun ini sekaligus menempatkannya sebagai lawan berat bagi iPad Air 2. Sebenarnya ada Tablet Android lain yang layak dinominasikan sebagai Tablet Terbaik 2015 yaitu Dell Venue 8 7000 yang mengandalkan kamera RealSense sebagai key selling point-nya. Namun Galaxy Tab S2 tampaknya bakal lebih bersinar karena citra merek Samsung yang lebih memasyarakat.