on

Review, Spesifikasi dan Harga LG G3 (Updated)

Harga LG G3 di Indonesia yang merupakan model flagship dari LG dan menggunakan sistem operasi Android masih stabil di angka Rp 6-7 juta-an tergantung warna casingnya. Kono kabarnya saat pertama kali ponsel Android LG ini dirilis tak sedikit calon konsumen yang semula berencana membeli iPhone 5S mengubah rencana dan pilih membeli ponsel ini setelah membaca beberapa review LG G3 di dunia maya. Beberapa reviewer profesional bahkan menyebut HP Android keluaran LG ini merupakan smartphone Android terbaik yang ada saat ini.

Spesifikasi LG G3 sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan ponsel kelas high-end lain yang sudah ada terlebih dahulu. Namun yang menjadikannya istimewa di mata para reviewer justru terletak pada kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar berukuran 5.5 inch. Selain itu kualitas kamera ponsel terbaru LG di kelas tertinggi ini juga dianggap di atas rata-rata kompetitor. Faktanya kualitas layar dan kamera adalah dua hal yang paling diperhatikan oleh calon konsumen yang hendak membeli smartphone baru.

Harga LG G3
Beli Harga LG G3

Keputusan LG memilih layar berukuran 5.5 inch tak lain adalah untuk menunjukkan pada calon konsumen bahwa LG G3 adalah ponsel yang setara dengan Samsung Galaxy S5 maupun HTC One M8 yang sebelumnya selalu menjadi penguasa di pasar ponsel Android. Desain casingnya yang tidak menyudut juga memberi nilai lebih karena membuat LG G3 lebih nyaman digenggam walaupun ukuran layarnya sedikit lebih kecil dibanding Samsung Galaxy Note 4.

Layar LG G3 sendiri menawarkan resolusi 2560 x 1440 pixels dengan 538 ppi yang berarti lebih pekat dibanding iPhone 5S yang hanya 326 ppi, wajar jika mereka yang pernah menggunakan iPhone 5S pun merasa terpukau begitu melihat layar LG G3. Selain itu ukuran layar iPhone 5S yang hanya 4-inch juga menjadikannya tampak kecil dan kurang nyaman ketika dipakai menyaksikan foto atau video klip dibanding LG G3.

Spesifikasi Harga LG G3

Review Harga LG G3

Berbeda dengan ponsel Android pada umumnya yang masih memiliki physical button di bawah layar, tombol tersebut tak bakal ditemukan pada ponsel keluaran LG ini. Tombol power dan volume diletakkan pada bagian belakang dekat kamera.

Casing-nya sendiri meski jika dilihat tampak seperti terbuat dari bahan metal namun sesungguhnya tetap menggunakan material plastik seperti Samsung Galaxy S5. Kualitas plastiknya memang lebih baik dibanding Samsung Galaxy S5, namun tetap tidak berkesan mewah jika dibandingkan HTC One M8 atau iPhone 5S.

Beli Ponsel Murah

Spesifikasi LG G3

Ukuran (L x W x H cm) 14.63 x 7.46 x 0.89
Berat (kg) 0.149
Warna Hitam
Ukuran Layar (in) 5.5
Kapasitas Penyimpanan 16
Kecepatan CPU 2.50
Megapiksel 13.0
Sistem Operasi Android
Fitur Tampilan HD
Fitur GSM|Primary Camera|Bluetooth|3G|Email|Wi-Fi|GPS|Secondary Camera|MP3
Input USB
Output 3.5mm jack|USB
Koneksi Nirkabel Bluetooth|WiFi|3G
Kamera Ya
Kamera Belakang 13 MP
Kamera Depan Ya
USB Port USB 2.0
Resolusi Layar 1440x2560
Tipe Baterai Li-Ion
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Video HD Ya
Built in Flash Ya
Tipe Memory Card microSD
HDMI Port Tidak
Tipe Layar IPS Kapasi
Kedalaman Warna 16juta warna
Versi Sistem Operasi Android 4.4.2 Kitkat
SIM Single SIM
Kapasitas Penyimpanan 16 GB
Kecepatan Processor 2.5 GHz
Tipe Processor Quad Core Qualcomm Snapdragon 801
Sistem Operasi Android OS 4.4.2 KitKat


Jika dibandingkan iPhone 5S memang ada beberapa keunggulan LG G3 terutama pada bagian display, namun sama halnya dengan ponsel Android lain hingga kini iPhone masih belum terkalahkan dalam hal ekosistem. Selain itu App Store juga terbukti masih lebih bisa diandalkan dibanding Google Play Store.

Namun lagi-lagi harga iPhone 5S masih terbilang mahal, untuk iPhone 5S dengan internal memori yang sama dengan LG G3 yaitu 16 GB saja harganya selisih Rp 1 juta. Selain itu popularitas iOS di Indonesia meski melonjak dalam kurun beberapa tahun terakhir ini namun peningkatannya tetap belum sebanding dengan popularitas Android yang menguasai dari segmen bawah hingga segmen tertinggi.

Harga LG G3

Harga LG G3

Bagaimana jika dibandingkan dengan sesama ponsel Android di kelas high-end?
Tak diragukan bahwa HTC One M8 masih merupakan smartphone Android terbaik di segmen high-end. Namun ada satu keunggulan LG G3 atas HTC One M8 yaitu kualitas kamera yang lebih baik. Di luar itu HTC One M8 masih tidak tergoyahkan.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy S5, LG G3 juga hanya kalah ketika bicara fitur. Keunggulan ponsel-ponsel Android Samsung Galaxy selama ini selalu terletak pada fitur yang ditawarkan. Sementara LG di pihak lain selalu berkesan memilih pendekatan sederhana dan to the point ketika bicara soal fitur. Selain itu Samsung Galaxy S5 juga lebih tahan terhadap percikan air jika dibanding LG G3 yang nyaris tanpa perlindungan. Di luar kedua hal tersebut LG G3 lebih unggul dibanding Samsung Galaxy S5.