on

Harga Huawei Ascend W1 Tak Sampai 1 Juta

Huawei Ascend W1 merupakan sebuah upaya pabrikan asal China itu untuk menjajal peruntungannya di kategori smartphone WP. Selama ini Nokia Lumia adalah penguasa di kategori ini diikuti oleh HTC dan Samsung. Lantas selain harga murah keunggulan apa yang ditawarkan oleh smartphone kurang dari Rp 1 juta-an ini?

Huawei Ascend W1 sendiri hadir dengan desain yang sangat mirip dengan Nokia Lumia, kecuali tentu saja logo Huawei di bagian atas. Lagi-lagi kemiripan smartphone murah Huawei ini lagi-lagi ditemukan pada pilihan warna yang cukup mencolok. Sejujurnya jika hanya melihat sekilas saja orang bisa salah membedakan Nokia Lumia 920 dengan Huawei Ascend W1.

Spesifikasi Harga Huawei Ascend W1


Spesifikasi Huawei Ascend W1

Model Windows Phone
Production country China
Ukuran (L x W x H cm) 1 x 1 x 1
Berat (kg) 0.5 Kg
Warna White
Material Utama Plastic Synthetic
Ukuran Layar (in) 4.0
Kapasitas Penyimpanan 4
Megapiksel 5.0
Sistem Operasi Windows
Garansi produk 1 Tahun Garansi Distributor
Koneksi Nirkabel 3G
Tipe Baterai Li-on

Dalam genggaman Huawei Ascend W1 terasa praktis karena dimensinya cukup tipis ditunjang lagi dengan casing belakang tipe soft. Casing soft pada bagian belakang bukan saja saja lebih nyaman ketika digenggam namun sekaligus tidak licin. Tak hanya itu build quality-nya ternyata juga sangat baik dan sama sekali tak mencerminkan harganya yang tak sampai Rp 1 juta.

Untuk tampilan serta sistem operasi siapapun yang sudah pernah menggunakan smartphone WP 8.1 pasti tidak akan merasa asing. Semua menu sama persis dengan ponsel Windows Phone dari merek-merek lain. Salah satu keunggulan dari ponsel dengan sistem operasi Windows Phone tentu adalah tampilan antar muka yang mudah dipahami.

Dalam banyak hal sebenarnya sistem operasi Windows Phone lebih unggul dibanding Android, dan bahkan sudah mendekati iOS. Hanya saja keterbatasan aplikasi acapkali menjadi alasan seseorang untuk memilih smartphone Android ketimbang Windows Phone.

Lantas apa yang membedakan Huawei Ascend W1 dengan Nokia Lumia? Nokia sejak awal repositionig selalu menyertakan banyak aplikasi eksklusif buatan Nokia yang menjadikan penggunanya memiliki lebih banyak pilihan ketimbang Windows Phone merek lain. Di sinilah kelemahan Huawei Ascend W1 dibanding Nokia. Pihak Huawei tidak menyertakan aplikasi sebanyak Nokia, bahkan tidak ada aplikasi yang khusus dirancang oleh pabrikan ini untuk melengkapi koleksi aplikasi yang sudah ada pada Marketplace.

Tampilan layar 4 inch-nya sendiri relatif baik untuk sebuah smartphone harga Rp 1 juta-an. Resolusinya memang hanya 480 x 800 pixels namun sudah cukup untuk menampilkan gambar dan warna yang baik. Tingkat brightness-nya sendiri tidak cukup tinggi namun cukup menjadikannya bisa terbaca di luar ruangan.

Menariknya meski dibanderol sangat murah namun smartphone Huawei Ascend W1 ini mampu merekam video klip dalam format HD dengan kualitas yang sangat baik, di atas rata-rata smartphone sekelasnya. Bahkan sekedar untuk melepas bosan dengan menonton film pun layarnya masih terkategori layak.


Harga Huawei Ascend W1

Saat ini harga Huawei Ascend W1 dibanderol Rp 999 ribu dan di Indonesia dijual oleh Smartfren. Mempertimbangkan antara rasio harga dengan spesifikasi berikut performa rasa-rasanya smartphone keluaran Huawei ini lebih dari layak untuk dipertimbangkan.

Huawei Ascend W1 adalah alternatif dari Nokia Lumia 520, selama Anda tak berkeberatan dengan jumlah aplikasi yang tidak sebanyak Nokia Lumia 520 selisih beberapa ratus ribu tentulah layak dihemat dan diagihkan untuk keperluan lain.