on

Perbandingan Nexus 5 dan Nexus 6

Dalam waktu dekat Google akan resmi merilis Nexus 6 sebagai pengganti Nexus 5 yang sudah berusia kurang lebih setahun. Meski demikian banyak yang bersikap menunggu sebelum memutuskan mengganti Nexus 5 dengan Nexus 6 dengan berbagai alasan. Sebelum memutuskan tak ada salahnya melihat perbandingan antara Nexus 5 vs. Nexus 6.

Bulan Oktober tahun lalu Google resmi mengumumkan kehadiran Nexus 5 menggantikan generasi sebelumnya. Dengan jadwal yang sama pada bulan Oktober tahun ini perusahaan yang masih menjadi tempat bekerja impian para calon tenaga kerja di seluruh dunia itu mengumumkan Nexus 6 dan Nexus 9 secara bersamaan. Kedua smartphone tersebut bakal menjadi dua smartphone Android pertama yang menggunakan sistem operasi Android Lollipop atau Android 5.0.

Jauh sebelum spesifikasi Nexus 6 diumumkan secara resmi berbagai rumor seputar smartphone Google ini beredar di internet. Namun semua spekulasi itu pada akhirnya sebagian terkonfirmasi dan sebagian sisanya terbantahkan setelah pengumuman resmi Nexus 6 beberapa waktu lalu.

Perbandingan Nexus 5 dan Nexus 6


Kini dengan pengumuman resmi tersebut calon pembeli sudah bisa memperbandingan Nexus 5 dan Nexus 6 dalam rangka mempertimbangkan keputusan beli. Apa sajakah yang membedakan Nexus 6 dari pendahulunya Nexus 5?

Perbandingan Nexus 5 vs. Nexus 6 : Layar

Seperti sudah disinggung beberapa kali oleh Bursa Harga Ponsel bahwa salah satu pertimbangan penting yang dijadikan patokan oleh calon konsumen ketika hendak membeli sebuah smartphone adalah layarnya. Kali ini Google Nexus 6 hadir dengan layar berukuran lebih besar dari seri Nexus yang pernah ada sebelumnya.

Sulit memprediksi apakah ukuran layar yang lebih besar ini merupakan kelebihan atau kekurangan dari Nexus 6. Pasalnya pada satu sisi umumnya pengguna smartphone lebih memberi apresiasi pada smartphone dengan layar lebar, namun pada sisi lain pengguna setia seri Nexus selama ini adalah mereka yang lebih menyukai layar berukuran wajar dengan alasan kepraktisan.

Apakah keputusan Google menempatkan layar lebar pada Nexus 6 bakal semaki meningkatkan popularitas Google Nexus atau justru menjadi blunder hanya waktu dan pasarlah yang bakal menentukan nantinya.

Bagaimanapun layar lebar 5.96 inch pada Nexus 6 bukan sekedar unggul dari segi ukuran, sebab dengan resolusi 2560 x 1440 pixels kualitas warna dan gambar yang dihasilkan bakal mengundang decak kagum bagi siapapun yang melihatnya.

Mengingat bahwa Nexus 5 menggunakan layar yang lebih kecil maka perubahan ukuran layar Nexus 6 sangatlah signifikan. Bahkan sebenarnya sudah tidak relevan lagi mengkategorikan smartphone Android terbaru dari Google ini dengan smartphone lain. Pasalnya dengan ukuran layar hampir 6 inch ini Nexus 6 sudah sejajar dengan Samsung Galaxy Note 4 atau iPhone 6 Plus yang masuk dalam kategori phablet.

Nexus 5 sendiri hadir dengan layar berukuran 4.95 inch beresolusi full HD. Soal kualitas layar baik dari segi warna maupun gambar Nexus 5 tak kalah dari Nexus 6, hanya saja jika Anda adalah tipe konsumen yang menghargai layar lebar maka sudah pasti Nexus 6 adalah pilihan paling tepat.

Perbandingan Nexus 5 dan Nexus 6

Perbandingan Nexus 5 vs. Nexus 6 : Desain

Kelemahan smartphone Nexus selama ini adalah desain yang terlalu sederhana berikut casing dengan bahan plastik. Meski spesifikasi Google Nexus selalu menempatkannya sejajar dengan smartphone high-end dari pabrikan lain namun desain yang ala kadarnya membuat calon konsumen cenderung beralih ke merek lain.

Kali ini Nexus 6 hadir dengan pendekatan desain yang sama sekali berbeda. Google tampaknya sudah menyadari kesalahannya selama ini. Karena itu perubahan desain pada Nexus 6 tampak begitu signifikan dibanding generasi pendahulunya. Bukan saja kali ini smartphone besutan Google tersebut hadir dengan casing aluminium namun juga tampak sangat memperhatikan estetika dan proteksi.

Kala digenggam meski dimensinya meningkat secara signifikan dibanding pendahulunya namun saat digenggam ponsel ini terasa sangat tipis. Seolah tak ingin kalah dari HTC One M8, kini Motorola Nexus 6 pun memiliki speaker di bagian depan.

Lewat perubahan secara signifikan ini maka dari sisi desain tanpa terbantahkan Nexus 6 jauh lebih unggul dibanding Nexus 5.

Perbandingan Spesifikasi Nexus 5 vs. Spesifikasi Nexus 6

Nexus 6 bukan saja lebih besar dibanding Nexus 5, namun spesifikasi Nexus 6 pun meningkat drastis dibanding pendahulunya itu. Spesifikasi Nexus 6 sejajar dengan smartphone Android kelas atas seperti HTC One M8, Samsung Galaxy S5 dan LG G3. Dalam beberapa aspek bahkan Nexus 6 lebih unggul atas Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8.

Bagaimana perbandingan Nexus 5 dan Nexus 6 di sektor spesifikasi? Silakan simak spesifikasi masing-masing di bawah ini dan rasa-rasanya sudah cukup memberi gambaran bagi Anda dalam menentukan pilihan:

Spesifikasi Nexus 6

  • 5.96-inch 2560 x 1440 Quad-HD Display
  • 2.7 GHz Quad-Core Snapdragon 805 processor with 3GB of RAM
  • 32GB/64GB internal storage
  • Android 5.0 Lollipop (64-bit support)
  • 13 Megapixel camera with OIS, 2 MP front camera (4k video capture)
  • Dual Ring Flash similar to Moto X
  • Dual Front-facing speakers
  • Aluminum frame around device like the new Moto X 2014
  • 3,220 mAh battery

Spesifikasi Nexus 5

  • 5.0-inch 1920 x 1080p Full HD Display
  • 2.3 GHz Snapdragon 800 Quad-core with 2GB of RAM
  • 16/32GB internal storage
  • Android 4.4.4 KitKat
  • 8 Megapixel camera with OIS, 1.3 front shooter (single LED flash)
  • Bottom facing speaker
  • Plastic design
  • 2,300 mAh battery

Perbandingan Harga Nexus 6 vs. Harga Nexus 5

Meski hadir dengan sejuta peningkatan dan perubahan namun Google masih setia dengan positioning Nexus 6 sebagai high-end smartphone dengan harga termurah.
Di situs resmi Google harga Nexus 6 dibanderol $649 untuk versi dengan internal memori 32 GB dan $699 untuk 64 GB. Sebagai perbandingan harga iPhone 6 Plus saat ini dibanderol $849 untuk versi 64 GB sedangkan harga Samsung Galaxy Note 4 tak kurang dari $750.

Perbandingan Nexus 5 dan Nexus 6

Walau demikian jika dibandingkan dengan harga Nexus 5 jelas terjadi banyak kenaikan mengingat saat ini harga Nexus 5 adalah $349 untuk versi 16 GB dan $399 untuk versi 32 GB. Namun dengan banyaknya upgrade spesifikasi pada Nexus 6 rasanya kenaikan tersebut masih dalam batas wajar.