on

Harga ZTE Nubia Z5s dan Spesifikasi Terbaru

ZTE Nubia Z5s menjadi salah satu pendatang baru di pasar smartphone Android dengan prosesor quad-core. Merek Nubia sendiri pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan asal China ZTE pada tahun lalu yang tak lain adalah merek premium untuk produk-produk mereka. Dan ZTE Nubia Z5s merupakan model flagship dari jajaran produk smartphone ZTE.

ZTE Nubia Z5s sendiri hadir dengan desain casing yang tampaknya tak banyak berbeda dengan seri Z5 lainnya. Namun demikian jika diamati lebih teliti ternyata banyak perbedaan di dalamnya. Spesifikasi ZTE Nubia Z5s adalah pembeda yang paling kentara.

Harga ZTE Nubia Z5s
ZTE Nubia Z5s Indonesia

Spesifikasi ZTE Nubia Z5s

Ukuran (L x W x H cm) 1x1x1
Berat (kg) 1
Warna Hitam dan Putih
Ukuran Layar (in) 4.7
Hard Disk 16
RAM 2
Kapasitas Penyimpanan 16
Memori Grafis 2
Kecepatan CPU 1.70
Megapiksel 13.0
Sistem Operasi Android
Fitur Tampilan HD
Fitur GSM|FM Player|Music Player|Primary Camera|Bluetooth|3G|Touchscreen|Wi-Fi|Secondary Camera|HD |Touchscreen |SD Card|Li-Ion|Internet Ready
Input 3.5mm jack|USB
Output 3.5mm jack|USB
Koneksi Nirkabel Bluetooth|WiFi|EDGE|3G
Tipe Memori DDR2
Kamera Belakang 13 MP
Kamera Depan 5 MP
USB Port Yes, Micro
Resolusi Layar 720 x 1280
Tipe Baterai Li-ion
Kapasitas Baterai 2000 mAh
Range Aperture Lensa f/2.2
Built in Flash LED Flash
Tipe Memory Card SD Card
Fitur Kamera Lainnya Auto Focus
Tipe Layar IGZO HD Sc
Kedalaman Warna 16.7 M
Versi Sistem Operasi Android v4.2 Jelly Bean
Kapasitas Penyimpanan 16 GB
Kecepatan Processor Quad Core 1.7 GHz
Tipe Processor APQ8064 Snapdragon 600
Sistem Operasi Android

Performa ZTE Nubia Z5s dipercayakan pada prosesor quad-core Snapdragon 600 dan RAM sebesar 2 GB. Fitur lain yang menjadi andalan smartphone Android buatan ZTE ini adalah kamera belakang 13 MP dan kamera depan 2 MP/ Dari situ saja sudah bisa ditebak bahwa ZTE Nubia Z5s diposisikan untuk berhadapan dengan Sony Xperia Z3, Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8 di kelas tertinggi smartphone Android.

Layar 5 inch pada ZTE Nubia Z5s memiliki resolusi 1080 p atau full-HD sebagaimana layaknya high-end smartphone dari merek lain. Di bagian tepinya dilapisi oleh aluminium tipis yang menjadikan desainnya berkesan ramping sekaligus elegan, sama sekali tidak kalah dari Samsung dan HTC. Pada bagian bawah layar terdapat tiga buah tombol yang akan menyala kemerahan saat smartphone ini digunakan.

Oleh karena tombol tersebut adalah tombol capacitive maka permukaan casing bagian depan benar-benar halus saat diraba. Tombol-tombol physical semuanya diletakkan pada bagian samping kanan dan kiri.

Sedangkan pada bagian casing belakang terdapat lensa kamera 13 MP di bagian kanan atas dengan lampu flash LED di bawahnya.
Sementara di casing belakang bawah selain logo ZTE terdapat pula dua eksternal speaker.
Dengan desain ramping dan lapisan karet, ZTE Nubia Z5s terasa nyaman dan mantap saat digenggam.

Gambar serta huruf yang ditampilkan pada layar 5 inch terlihat sangat jelas, demikian pula warnanya yang tajam dan natural. Oleh karena layar ini merupakan layar IPS maka sebagaimana diharapkan viewing angles-nya sangat luas.

Spesifikasi ZTE Nubia Z5s

Review ZTE Nubia Z5s

ZTE Nubia Z5s

Namun yang menjadi keunggulan ZTE Nubia Z5s dibanding smartphone Android lain adalah virtual keyboard-nya yang meski tampilannya sangat sederhana namun responsif ketika digunakan untuk mengetik. Umumnya ada jeda sepersekian detik ketika mengetik dengan virtual keyboard mungkin karena sudah terbuasa maka tak setiap orang menyadari jeda ini. Namun begitu merasakan keyboard ZTE Nubia Z5s siapapun bakal menyadari jeda tersebut karena kondisi itu sama sekali tak ditemukan pada smartphone ZTE ini.

Penggemar game juga bakal dipuaskan dengan layar lebar 5 inch serta performa ZTE Nubia Z5s yang mampu menjalankan semua game 3D terkini tanpa hambatan.
Saat diuji dengan AnTuTu bahkan performa ZTE Nubia Z5s ini sedikit lebih baik dibandingkan HTC One.

Satu-satunya kelemahan ZTE Nubia Z5s yang ditemukan selama pengujian adalah waktu isi ulang baterai (recharging) yang cukup lama. Jika baterai diisi ulang dalam kondisi kosong sama sekali maka butuh waktu dua jam untuk menyelesaikan proses isi ulang tersebut.

Harga ZTE Nubia Z5s

Harga ZTE Nubia Z5s tergolong murah untuk ukuran flagship smartphone. Di Indonesia smartphone Android quad core dari ZTE ini dibanderol Rp 3,5 juta atau setara dengan smartphone Android kelas menengah dari merek lain, padahal seperti sudah disebut bahwa kelas ZTE Nubia Z5s ada di kelas high-end.