on

Spesifikasi Xiaomi Mi4 dan Harga Terkini

Xiaomi Mi4 dirilis pada awal bulan Agustus lalu di negeri asalnya China dan diposisikan sebagai model tertinggi di antara lini produk perusahaan tersebut. Dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang dibawa olehnya, tampaknya pabrikan yang sedang naik daun itu tak gentar berhadapan dengan Samsung dan HTC. Jika Xiaomi Redmi 1s saja sudah begitu memesona, bagaimana dengan Xiaomi Mi4 yang dibanderol lebih mahal?

Harga Xiaomi Mi4 saat diluncurkan beberapa bulan lalu ada di kisaran $325. Padahal kompetitor di kelasnya seperti Samsung Galaxy Alpha, LG G3, Sony Xperia Z3 atau HTC M8 dibanderol jauh di atas itu. Dari situ saja sudah bisa diduga bahwa Xiaomi Mi4 bukan sekedar diposisikan sebagai seri tertinggi di jajaran lini produk Xiaomi namun sekaligus juga hendak “memotong” rival-rivalnya lewat iming-iming harga lebih murah.

Xiaomi Mi4 Masuk Indonesia


Spesifikasi Xiaomi Mi4

Specification
Model: MI4
Sim Card: Single Micro-SIM Card Single Standby
Color: Black, White
CapacityRAM: 3GB
ROM: 16GB
Does not support expanded storage through a memory card slot.
Multi-LanguagesEnglish, Simplified Chinese, Traditional Chinese
ChipsetCPU:Qualcomm Snapdragon 801 Quad-core 2.5 GHz
GPU: Adreno 330 GPU
RAM: 3GB  LP DDR3 RAM
System Android OS, v4.4.2 (KitKat)
ScreenDisplay Size: 5.0 Inch
Type: IPS, capacitive touch screen,Sharp/JDI
Resolution: 1080 x 1920 pixels(~441 ppi pixel density)
Screen Color: 16000K Colors
Multitouch: Yes
Technology:Very high colour gamut (84% of NTSC range)
CameraRear Camera: 13MP, F1.8, real-time HDR, 4K video recording (Sony IMX214)
Front Camera: 8MP front camera, f1.8, 80-degree wide angle (Sony IMX219)
Video Capture: Rear and Front support 1080p@30fps
Network and Wireless Connectivity2G: GSM 850/900/1800/1900MHz
3G: WCDMA 850 / 900 / 1900 / 2100MHz
Data Technology: GPRS/EDGE/DC-HSPA+(42Mbps)
GPS: GPS + GLONASS, AGPS
Bluetooth 4.0: HID
WiFi: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band ,WIFI 2.4 / 5 GHz WiFi Display, WiFi Direct
FM: Yes
Battery capacity and lifeNon-removable 3080mAh lithium-ion battery
Standby Time: About 2~3 days
SensorGyro, Light, Gravity, Proximity, Compass, Barometer
SizeDimensions: 139.2 x 68.5 x 8.9 mm
Net Weight: 145 g (5.11 oz) (Including battery)
Package1 x Xiaomi mi4
1 x Travel Charger
1 x Usb Data Cable
1 x Sim tray opener
1 x User Manual

Sebelum Xiaomi Mi4 resmi dirilis banyak media China yang memberitakan bahwa smartphone Android tersebut bakal mengusung segudang fitur dan teknologi canggih terutama di sektor layar. Namun ketika akhirnya benar-benar dirilis ternyata layarnya tidak istimewa seperti halnya Samsung Galaxy Note Edge.

Kala itu banyak yang menilai bahwa Xiaomi Mi3 adalah seri flagship perusahaan tersebut. Maka wajar saja ketika muncul pemberitaan bahwa Xiaomi bakal merilis Mi4 yang adalah seri flagship sesungguhnya maka ekspektasi calon konsumen pun melambung. Dan media terutama online semakin membesar-besarkan serta makin melambungkan ekspektasi terhadap Xiaomi Mi4.

Namun jangan pesimis dulu, kualitas layar 5 inch dengan resolusi 1440 x 2650 pixels ini sangat baik dan setara dengan kompetitor sekelasnya. Bahkan dengan kedalaman warna 441 ppi artinya di atas kertas spesifikasi layar Xiaomi Mi4 ini di atas Samsung Galaxy S5 yang “hanya” 432 ppi.

Sementara untuk menjamin performa smartphone Android termahal Xiaomi ini dijejalkan chipset Qualcomm Snapdragon 801 yang saat ini adalah chipset terbaik yang ada di pasaran meski sebelumnya dirumorkan bahwa Xiaomi Mi4 bakal menggunakan chipset Snapdragon 805. Lagi-lagi pemberitaan berlebihan dari media lokal asal perusahaan ini justru merusak ekspektasi konsumen.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi4

Pun demikian performa Mi4 tetaplah superior, chipset Snapdragon 801 yang didukung oleh RAM berkapasitas gambot yaitu 3 GB lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi berat termasuk game 3D terkini. Sedangkan untuk memori internal yang tersedia masing-masing adalah 16 GB dan 64 GB.

Dulu ketika baru saja dirilis banyak yang membandingkan Xiaomi Mi4 dengan iPhone 6 yang saat itu belum dirilis. Wajar saja mengingat dari desainnya ada banyak kemiripan dengan iPhone 5, ditambah lagi CEO Xiaomi bersikap kontroversial dengan mendiskreditkan sang pendiri Apple.
Walau harus diakui bahwa Mi4 adalah satu-satunya smartphone Android yang desainnya paling mendekati iPhone namun Xiaomi tampaknya juga tak mau begitu saja dianggap menjiplak, atau mungkin sekedar menekan biaya produksi.

Hal itu terlihat setidaknya pada bagian belakang casing yang bisa dilepas dan bukannya menggunakan permukaan matte namun justru glossy. Selain itu material yang digunakan pun sepenuhnya plastik, jadi soal kualitas dan soliditas bagaimanapun iPhone masih jauh lebih unggul.

Spesifikasi Xiaomi Mi4

Sementara jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi3 meski resolusi layarnya sama persis namun pelapis luarnya tampak sangat berbeda. Jika pada Mi3 sudah jelas menggunakan pelapis Gorilla Glass 3 maka pada Mi4 adalah One Glass Solution (OGS) yang lebih menyerupai laminasi plastik ketimbang glass.

Mana yang lebih baik antara Xiaomi Mi3 atau Mi4 sayangnya tidak bisa disebutkan, namun menurut Xiaomi sendiri pelapis pada Mi4 adalah teknologi buatan Japan Display Inc. yang tak lain ada perusahaan hasil kerjasama (JV) antara tiga pabrikan elektronik terkemuka di Jepang yaitu Hitachi, Sony dan Toshiba.

Kualitas warna, gambar dan huruf yang ditampilan oleh layar Mi4 sama halnya dengan Mi3 sangat menganggumkan dengan warna tajam serta natural. Bahkan layarnya lebih terang dan warna hitamnya pun lebih pekat jika dibandingkan langsung dengan layar Mi3.

Daya tahan baterainya tergolong rata-rata, dengan penggunaan normal dan browsing via WiFi baterai ini bertahan sekitar tujuh jam. Sampai saat ini Sony Xperia Z3 masih menjadi yang terbaik di sektor baterai.

Kamera Xiaomi Mi4 di atas kertas tak berbeda dengan kamera Mi3, namun sebenarnya kedua smartphone Xiaomi itu berbeda sama sekali meski sama-sama menggunakan kamera 13 MP. Sensor yang digunakan oleh kamera Mi4 adalah Sony IMX214 dengan aperture f/2.0 dimana Mi4 adalah smartphone pertama di dunia yang menggunakan sensor tersebut. Kemampuan kamera itu mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya sangat istimewa. Selain itu autofocus-nya juga lebih cepat dari kamera smartphone lain.

Bukan hanya unggul di kamera belakang, kamera 8 MP di depan juga menggunakan sensor Sony IMX219 yang selain auto-focus nya cepat juga didukung kemampuan berputar 80 Derajat yang sudah pasti bakal menarik perhatian penggemar foto selfie.

Tak cukup sampai di situ keunggulan Xiaomi Mi4 atas para kompetitor. Speaker bawaan smartphone Android ini terbilang keras dengan suara bass yang juga mantap. Namun jika dibandingkan dengan HTC One M8 rasa-rasanya masih belum setara, sejauh ini HTC One M8 adalah smartphone Android terbaik jika bicara soal kualitas speaker. Dan seperti seri smartphone Xiaomi lainnya, headset juga belum disertakan di dalam boks Mi4.

Xiaomi Mi4 Indonesia

Harga Xiaomi Mi4

Harga Xiaomi Mi4 di Indonesia saat ini baru bisa ditemukan di pasar BM karena belum secara resmi masuk Indonesia. Di bursa pasar smartphone BM sendiri Mi4 dibanderol Rp 5,5 juta-an untuk versi 16 GB. Meski dibanderol lebih mahal dari harga resmi namun ternyata penjualan Xiaomi Mi4 cukup laris sehingga stoknya pun sangat sulit dicari.

Kehadiran Xiaomi Mi4 ini sekaligus juga membuka babak baru persaingan dengan kedua kompetitor senegaranya yaitu ZTE Nubia Z5s dan Huawei Ascend Mate 7.