on

Mengenal Perbedaan Prosesor AMD dan Intel

Perbedaan prosesor AMD dan Intel selalu menjadi pertanyaan utama sekaligus membingungkan bagi calon pembeli laptop maupun desktop PC. Bahkan dengan semakin cepatnya kemunculan prosesor terbaru dari kedua pabrikan itu kerancuan di benak konsumen pun semakin tak terhindarkan. Pada tulisan kali ini akan ditelusuri urutan prosesor Intel maupun AMD dengan harapan sedikit mengatasi kebingungan konsumen dalam memilih antara laptop AMD atau Intel maupun desktop PC.

Perbedaan prosesor AMD dan Intel sayangnya tak bisa disebutkan point per point dengan sederhana. Dulu orang berasumsi bahwa prosesor Intel lebih baik daripada AMD atau prosesor AMD lebih cepat panas dan berisik namun lebih murah dibanding prosesor Intel. Sayangnya pemikiran sederhana itu hanya berlaku di masa lalu dan tak lagi relevan digunakan dalam menyebut perbedaan prosesor AMD dan Intel saat ini.

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel




Prosesor terbaru Intel yang muncul pada tahun lalu dengan arsitektur yang kemudian dikenal sebagai Intel Haswell dirilis hampir bersamaan dengan AMD Richland dan AMD FX 9000. Bahkan pada tahun selanjutnya AMD kemudian merilis AMD Kaveri yang kemudian ditanggapi oleh pihak Intel dengan merilis Intel Broadwell.

Dengan siklus perkembangan prosesor terbaru dari kedua pabrikan ternama yang makin pendek tidaklah mengherankan jika konsumen yang mayoritas awam terhadap teknologi lebih banyak merasakan kebingungan ketimbang manfaatnya. Faktanya suka atau tidak suka siapapun pada akhirnya harus mencari informasi untuk mengatasi dilema saat hendak membeli laptop atau PC.

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel: Tidak Sesederhana itu!

Sebelum pembahasan ini dilanjutkan satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa saya bukan salah satu fans boy Intel ataupun AMD. Saya sudah mencoba keduanya dan merasakan kelebihan dan kekurangan masing-masing prosesor berdasarkan peruntukkan dan kebutuhan nyang berbeda.

Berikut adalah keunggulan prosesor Intel maupun AMD menurut pendapat pribadi saya. Subyektif? Ya tentunya, namanya juga pendapat pribadi.

Kelebihan Prosesor Intel

Ketika bicara performa single thread maka tanpa ragu prosesor Intel adalah yang terbaik saat ini. Demikian pula jika Anda mencari laptop atau PC dengan prosesor high-end maka tak ada yang lebih baik dibanding Intel. Berdasar pengalaman pribadi maupun hasil benchmark yang dilakukan oleh para profesional di bidangnya rasanya sudah cukup jelas. Karena itu jika Anda mencari laptop atau PC kelas high-end dengan dana yang tidak pas-pasan satu-satunya yang bakal memuaskan sudah pasti adalah laptop Intel atau PC Intel.

Kelebihan Prosesor AMD

Pada satu sisi Intel memang memiliki teknologi yang lebih tinggi, namun tentu tak semua orang memiliki budget besar ketika hendak membeli laptop atau PC baru. Karenanya jika dana Anda terbatas tak ada salahnya melirik prosesor AMD, karena soal value for money AMD lebih worthed ketimbang Intel.

Dengan dana sekitar Rp 2 jutaan misalnya, Anda bisa memperoleh prosesor AMD sebagai jantung PC baru Anda yang bisa di overclock atau di tweak (pada desktop PC) dengan leluasan. Pun jika dana Anda kurang dari itu dengan prosesor AMD FX 6300 yang ada di kisaran harga Rp 1 juta-an pun Anda sudah bisa memiliki PC yang mampu menjalankan berbagai jenis game.

Selain itu teknologi multiple cores yang dimiliki oleh AMD masih sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi berat termasuk proses rendering.

Tak hanya itu AMD pun menyediakan kombinasi GPU dan CPU dalam satu paket dengan harga yang relatif terjangkau. Dan jika mempertimbangkan value for money bagi Anda yang menginginkan sebuah APU (paket GPU sekaligus CPU) maka yang perlu dipegang adalah harga APU di atas $150 tidak layak untuk dibeli dengan alasan ekonomis. Untuk saat ini hanya AMD yang menyediakan APU dengan harga $150 ke bawah.

Untuk melihat harga prosesor terbaru silakan klik di sini

Kesimpulan Perbedaan AMD dan Intel

Perbedaan yang dimaksud di sini tentu saja bukan secara teknis, karena tulisan ini lebih bertujuan memberikan semacam guidelines bagi calon pembeli yang notabene adalah awam di bidang teknis. Karena itu kesimpulannya juga lebih merupakan kesimpulan praktis ketimbang teknis.

Berdasarkan pemaparan singkat di atas maka bisa disimpulkan bahwa jika Anda memiliki dana berlebih, tak berkeberatan mengeluarkan dana lebih dari Rp 3 juta untuk sebuah prosesor sekelas Core i7 maka pilihan terbaik pastilah prosesor keluaran Intel. Sebaliknya jika dana Anda terbatas, Anda tidak mencari high-end laptop atau PC dan sekedar menginginkan mid-end atau bahkan low-end desktop PC atau laptop alias laptop murah atau komputer murah maka AMD bakal mampu menjadikan setiap rupiah yang Anda keluarkan lebih berharga ketimbang Intel Core i5 lebih-lebih Intel Core i3. Itulah kira-kira gambaran praktis mengenai perbedaan AMD dan Intel.