on

Aplikasi Android Terbaik untuk Menyembunyikan Foto dan Video

Tidak semua video atau foto yang disimpan dalam smartphone Android ataupun Tablet Android dimaksudkan untuk konsumsi publik. Sayangnya fitur canggih yang mampu menjaga privasi dari tangan-tangan jahil sampai saat ini baru ditemukan pada smarpthone high-end. Padahal kenyataannya jumlah pemilik smarpthone model flagship ini hanya segelintir dibanding populasi smartphone Android secara keseluruhan.

Jika Anda memang bukan salah satu pemilik flagship model tersebut tak perlu khawatir. Pasalnya saat ini cukup banyak aplikasi Android yang memungkinkan Anda memproteksi file foto atau video baik pada smartphone maupun tablet. Agar tidak bingung dalam memilih aplikasi Android mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda maka berikut tim Bursa Harga Ponsel sudah mengerucutkan alternatif aplikasi terbaik menurut standar kami.

Aplikasi Android: Vault

Aplikasi Android Terbaik
Vault berada pada peringkat pertama aplikasi Android terbaik untuk menyembunyikan foto dan video. Alasannya karena fitur yang ditawarkan bukan saja memproteksi kedua jenis data tersebut namun juga masih banyak lainnya seperti proteksi untuk aplikasi tertentu, termasuk SMS atau panggilan.

Selain itu dengan proteksi menggunakan kata sandi keamanannya pun bakal lebih terjamin ketimbang aplikasi lain yang hanya sekedar menyembunyikan saja. Pada versi berbayarnya ada beberapa tambahan fitur lagi bahkan aplikasi ini bisa merekam tangan-tangan jahil yang hendak menjahili ponsel atau tablet Anda dengan mengaktivasi kamera depan.

Video Locker

Aplikasi Android Terbaik

Sesuai namanya Video Locker berfungsi memindahkan file video Anda ke lokasi yang tersembunyi. Lokasi tersembunyi itu selanjutnya dienkripsi dengan metode 128 AES untuk memastikan keamanannya. Dengan metode enkripsi tersebut keamanan file video Anda lebih terjamin sekalipun memori eksternal (SD card) diambil untuk diakses dengan perangkat lain.

Untuk bisa mengakses lokasi file yang dilindungi Anda harus memasukkan kode PIN dan aplikasi tersebut juga tidak akan muncul pada catatan “recent apps”. Jika dikehendaki maka Anda bisa memfungsikan “Auto Lock” yang seketika melindungi file-file tertentu saat smartphone atau tablet dalam kondisi “sleep” meski Anda belum menutupnya. Perbedaan antara versi berbayar dengan versi gratis hanya sebatas pada ada atau tidak adanya iklan.

Hide it Pro


Hide it Pro menyembunyikan file foto dan video di dalam aplikasi audio player yang juga bisa difungsikan sebagai pemutar musik biasa. Berbeda dengan aplikasi lain yang bersifat memproteksi, Hide it Pro hanya melakukan kamuflase. Saat ditekan (tap) biasa maka aplikasi ini berfungsi sebagaimana audio player biasa. Namun saat ditekan panjang (long tap) fungsinya berubah menjadi akses ke folder-folder tersembunyi. Meski menggunakan embel-embel nama “Pro” namun aplikasi ini sepenuhnya gratis. Soal keamanan tentu tak seaman menggunakan aplikasi proteksi, hanya saja aplikasi ini lumayan melindungi privasi Anda dari tangan iseng.

Vaulty

Aplikasi Android Terbaik
Vaulty memisahkan file foto dan video yang tak ingin ditampilkan ke publik ke dalam sebuah folder tersembunyi yang kemudian hanya bisa diakses dengan memasukkan PIN yang telah ditentukan. Sama seperti Vault, kelebihan dari aplikasi ini adalah kemampuannya mengambil foto orang yang berusaha menjahili gadget Android Anda.

AppsLock

AppsLock sebenarnya lebih difungsikan untuk melindungi aplikasi, kontak, SMS, e-mail, panggilan dan sejenisnya. Namun fitur tambahan yang ada pada aplikasi Android ini sekaligus memungkinkan Anda untuk menyembunyikan data-data termasuk video dan foto. Kelebihan dari aplikasi ini adalah irit dalam menggunakan sumber daya. Sementara kekurangannya pada versi gratisan fitur yang tersedia sangat terbatas.

Gallery Vault

Aplikasi Android Terbaik

Gallery Vault pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan kelima aplikasi yang sudah disebut di atas. Namun kelebihan dari aplikasi Android yang satu ini adalah fiturnya cukup lengkap pada versi gratisan. Selain itu tampilannya pun cukup sederhana sehingga tak butuh waktu lama bagi Anda untuk memahami setiap fitur dan fungsi yang ditawarkan olehnya.

Itulah beberapa aplikasi Android terbaik untuk melindungi file dan aplikasi Anda dari tangan-tangan jahil menurut versi kami. Mana yang Anda pilih kembali pada kebutuhan dan selera masing-masing. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!