on

Spesifikasi dan Harga Tablet Dell Venue 8 Android KitKat

Dell Venue 8 menjadi tablet Android terbaru andalan perusahaan produsen laptop tersebut untuk mencoba peruntungan di kategori tablet. Desainnya minimalis namun elegan, sangat nyaman digenggam di tangan. Berbeda dengan Acer yang mengedepankan aspek fungsional Dell tampaknya ingin memberi sentuhan elegan pada tablet Android terbaru mereka.

Dell Venue 8 memiliki dimensi yang sangat tipis yaitu 8, 95 mm yang menjadikannya lebih tipis dibanding kompetitor. Selain itu bagian ujung yang dibuat lembut serta kontur karet pada casing belakang makin membuatnya nyaman dalam genggaman sekaligus tidak licin kala digenggam. Sebuah kamera dengan sensor 5 MP terdapat pula pada casing belakang Dell Venue 8 ini.

Harga Tablet Dell Venue 8 Android KitKat


Spesifikasi Dell Venue 8

  • 8-inch IPS display (1920 x 1200)
  • 2.1 GHz Intel Atom Z34780 Dual-Core Processor
  • 1GB of RAM
  • 16GB of storage (10GB Usable)
  • 2 megapixel font-facing camera & 5 megapixel rear-facing camera
  • Android 4.4.4 KitKat
  • Red or Black Casing
  • 216mm x 130mm x 8.95mm – 338 grams
Fitur-fitur yang diusung oleh Dell Venue 8 kurang lebih sama seperti para kompetitornya, tidak istimewa namun memenuhi semua fungsi dan kebutuhan. Layar berukuran 8 inch tipe IPS cukup layak digunakan untuk menonton film selama tidak berkeberatan dengan ukurannya yang kecil. Sama seperti Dell Venue 8 Pro yang adalah tablet Windows, Dell Venue 8 pun menggunakan prosesor Intel Atom sebagai jantung performa. Namun kapasitas RAM nya hanya 1 GB.

Seperti umumnya tablet, smartphone atau laptop yang menggunakan layar IPS maka keunggulan Dell Venue 8 pada sektor layar adalah viewing angles yang luas. Kualitas gambar dan warna yang ditampilka cukup standar untuk ukuran sebuah tablet.

Salah satu kelemahan Dell Venue 8 yang ditemukan saat diuji adalah gejala hang ketika digunakan untuk browsing website yang tidak mendukung mobile browser. Gejala ini tidak hanya terjadi sekali dua kali namun relatif sering meski tidak selalu demikian. Mungkin pada update driver berikutnya masalah ini bakal diatasi oleh Dell.

Selain itu meski spesifikasinya terbilang tinggi namun entah mengapa proses membuka aplikasi terasa lama dibanding tablet Android lain di kelas ini. Bicara soal aplikasi rasanya pihak produsen terlalu banyak memberikan aplikasi tambahan yang tidak penting seperti Amazon Kindle Fire, Amazon Music, Amazon Local, Dropbox dan beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak dibutuhkan setiap orang sehingga keberadaanya tidak signifikan. Selain itu aplikasi bawaan tersebut juga tidak bisa di uninstall sehingga cukup memboroskan media penyimpanan yang ada.

Tak cukup sampai di situ kritikan bagi tablet Android terbaru buatan Dell ini. Kualitas kameranya pun juga tidak dilengkapi dengan image stabilization ataupun LED flash. Kualitas foto yang dihasilkan di bawah standar umumnya kamera dengan sensor 5 MP.

Harga Dell Venue 8

Saat ini harga Dell Venue 8 dibanderol sekitar Rp 2 jutaa-an. Kelemahan dan kritikannya sudah dibahas. Namun bagaimanapun tetap ada keunggulan Dell Venue 8 yang layak disebut seperti kapasitas media penyimpanan yang cukup lega untuk mengkoleksi film. Selain itu huruf yang ditampilkan pada layarnya terbilang di atas rata-rata sehingga nyaman digunakan untuk membaca e-book.

Alih-alih mengelompokkan Dell Venue 8 sebagai sebuah tablet Android rasanya produk ini lebih bisa diapresiasi jika dikategorikan sebagai e-book reader bersistem operasi Android dengan berbagai fungsi tambahan. Mungkin pihak Dell perlu melakukan repositioning product untuk Dell Venue 8.