on

Perbedaan Kamera DSLR Canon EOS 70D dengan Canon EOS 7D Mark II

Berpindah atau naik kelas dari kamera DSLR pemula seperti Canon EOS 1200D ke kamera DSLR tingkat yang lebih tinggi acapkali cukup membingungkan. Kebingungan itu terjadi hampir pada setiap orang karena begitu banyaknya pilihan yang ada. Bahkan meski perkembangan kamera DLSR tak secepat ponsel namun belakangan ini life cycle produk kamera semakin cepat. Beberapa bahkan memiliki nama yang tak beda jauh seperti Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II yang membuat calon konsumen cukup kebingungan.

Baik Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II adalah kamera DSLR paling banyak dipilih oleh mereka yang beralih dari level pemula dengan kamera Canon EOS 1200D dan DLSR lain sekelasnya ke level yang lebih tinggi. Namun apa sebenanya perbedaan antara Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II tersebut? Mana yang lebih tepat untuk kebutuhan Anda?

Sebuah pegangan sederhana bagi Anda yang hendak membeli kamera DSLR Canon: Pabrikan tersebut memiliki kebiasaan memberi seri dengan angka tinggi untuk kamera kasta yang lebih rendah dan memberi angka lebih kecil untuk kamera level yang lebih tinggi. Karena itu jika sebelumnya katakan Anda memiliki kamera DSLR Canon EOS 700D maka sesuai urutannya akan lebih pas jika Anda beralih ke Canon EOS 70D atau Canon EOS 7D Mark II. Namun lagi-lagi pegangan ini masih belum menjawab jika ada kesamaan antara dua seri seperti halnya Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II.

Perbedaan Kamera DSLR Canon EOS 70D dengan Canon EOS 7D Mark II


Perbedaan Kamera DSLR Canon EOS 70D dengan Canon EOS 7D Mark II

Perbedaan Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II

Baik Canon EOS 70D maupun Canon EOS 7D Mark II sama-sama menawarkan resolusi 20 MP dengan sensor APS-C atau crop sensor, artinya keduanya bukan sensor 35 mm atau full frame sensor sebagaimana dimiliki oleh seri Canon EOS 1D, Canon EOS 5D atau Canon EOS 6D.

Namun ini bukan sebuah masalah, pasalnya sebagian besar lensa DSLR keluaran Canon seperti seri EF-S memang dirancang untuk bekerja dengan berbagai jenis sensor, termasuk sensor APS-C. Karena itu semua lensa Canon EF-S bisa bekerja sama dengan baik bersama Canon EOS 70D maupun Canon EOS 7D Mark II. Tak hanya itu, membeli lensa kamera DSLR Canon EF-S juga bisa dikatakan sebagai investasi yang baik mengingat nantinya lensa-lensa tersebut masih bisa digunakan setelah Anda melakukan upgrade ke kamera dengan sensor penuh (full frame sensor).

Perbedaan Kamera DSLR Canon EOS 70D dengan Canon EOS 7D Mark II

Kembali ke perbedaan antara Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II, hal utama yang membedakan kedua kamera DLSR buatan Canon ini terletak pada kecepatan dimana Canon EOS 7D dirancang untuk mengambil foto atau video bergerak dengan kecepatan relatif tinggi. Karena itu EOS 7D menawarkan kecepatan merekam video hingga 10 fps yang artinya atau tiga frames lebih cepat dibanding Canon EOS 70D. Tak hanya itu, Canon EOS 7D Mark II dengan 65 autofocus juga menawarkan tingkat akurasi yang lebih baik dibanding Canon EOS 70D yang hanya memiliki 19 autofocus.

Canon EOS 7D Mark II sendiri menggunakan dua prosesor Digic 6 yang bertanggung jawab atas performa fokus dan memproses gambar yang ditangkapnya. Gambar tersebut selanjutnya disimpan baik pada CompactFlash maupun SD Card, namun pada Canon EOS 7D generasi pertama belum mendukung penyimpnanan ke dalam SD Card. Sementara itu Canon EOS 70D hanya menggunakan satu prosesor Digic 5+ dan gambar yang ditangkap hanya bisa disimpan di keping SD Card.

Secara fisik juga terlihat perbedaan antara Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II dimana EOS 70D memiliki dimensi yang lebih kecil disertai dengan layar LCD 3 inch yang bisa diatur posisinya sehingga memudahkan proses mengambil foto dari berbagai sudut. Sementara itu selain dimensi Canon EOS 7D Mark II lebih besar juga layarnya merupakan fixed screen yang membatasi kala harus mengambil foto dari berbagai sudut berbeda.

Perbedaan Kamera DSLR Canon EOS 70D dengan Canon EOS 7D Mark II

Penempatan atau layout tombol-tombol pada kedua kamera DLSR Canon ini juga cukup berbeda satu sama lain. Penempatan tombol pada Canon EOS 70D terasa lebih user friendly dan nyaman karena menu navigasinya dibuat terpisah. Sedangkan pada Canon EOS 7D menu navigasi-nya tersembunyi sehingga terasa kurang praktis.

Perbedaan Harga Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II

Cek Harga Kamera DSLR Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D
Canon EOS 70D Canon EOS 7D
Harga Canon EOS 70D Harga Canon EOS 7D
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Perbedaan antara Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II tentu saja berlanjut ke soal harga dimana Canon EOS 7D sekitar Rp 1 hingga 2 juta lebih mahal dibanding Canon EOS 70D.
Jadi mana yang lebih baik antara Canon EOS 70D dan Canon EOS 7D Mark II? Jika Anda sering mengambil gambar untuk obyek yang bergerak cepat maka sudah pasti Canon EOS 7D Mark II adalah pilihan yang mampu memfasilitasi kebutuhan tersebut. Selain itu dengan ISO hingga 16000 kamera DSLR ini bekerja dengan lebih baik dalam kondisi pencahayaan minimal dibandingkan Canon EOS 70D.

Canon EOS 70D sendiri meski tak secepat Canon EOS 7D Mark II namun juga tidak termasuk lamban, dan dengan dukungan layar yang posisinya bisa diatur serta menu navigasi terpisah cukup adil menyebut Canon EOS 70D lebih praktis dibandingkan Canon EOS 7D Mark II. Selain itu dengan harga yang lebih murah Anda bisa menggunakan kelebihan anggaran untuk membeli lensa.