on

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S4: Masih Layak Dibeli?

Spesifikasi Samsung Galaxy S4 meski tidak setara jika dibandingkan HP Android flagship model masa kini namun masih layak dikategorikan mumpuni. Di samping itu harga Samsung Galaxy S4 juga jelas lebih ekonomis jika dibandingkan Samsung Galaxy S5 yang menjadi penerusnya. Dari sisi desain sendiri tak banyak perbedaan antara Samsung Galaxy S4 dengan Samsung Galaxy S3 dan Samsung Galaxy S5.

Harga Samsung Galaxy S4 di pasaran berselisih sekitar Rp 1 juta lebih murah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S5. Bagi sebagian besar selisih ini dianggap berarti. Lebih-lebih mengingat bahwa beberapa fitur baru yang diusung oleh Samsung Galaxy S5 sebenarnya tidak terlalu fungsional. Sayangnya kelemahan Samsung Galaxy S4 yang juga dimiliki oleh semua generasi Samsung Galaxy S yaitu casing plastik tak jarang membuat orang berpikir dua kali sebelum membelanjakan uangnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy S4


Spesifikasi Samsung Galaxy S4


  • Layar 5.0″ Super AMOLED Capacitive Touchscreen
  • Resolusi 1080 x 1920 pixels, 16juta Warna
  • Corning Gorilla Glass 3

  • Kamera 13 MP, Autofocus, LED Flash
  • Video Full HD 1080p @30Fps
  • Kamera Depan: ada 2MP

  • Jaringan GPRS,EDGE
  • 3G, HSDPA, LTE ( 4G )

  • Memori Internal: 16/32/64GB
  • Memori Eksternal: Micro SD upto 32GB

  • OS Android 4.2 Jellybean
  • RAM 2 GB

  • WIFI, GPS, Bluetooth 4.0
  • Radio FM, Micro USB, USB OTG

  • CPU Exynos 5 Octa 5410
  • GPU PowerVR SGX 544MP

  • Baterai 2600mAh
  • Talktime: 17 Jam

Samsung Galaxy S4 menggunakan layar berukuran 5 inch Super AMOLED dengan kerapatan warna mencapai 441 ppi. Seperti biasa, keunggulan layar Super AMOLED ini meliputi viewing angles yang luas sehingga tidak mudah muncul gejala distorsi meski dilihat pada sudut yang tidak sempurna serta warna hitam yang sangat pekat sehingga nyaman digunakan kala membaca teks seperti e-book misalnya. Namun pada sisi lain kelemahan layar AMOLED terletak pada kemampuan reproduksi warna natural yang cenderung over-saturated.

Harga Samsung Galaxy S4

Jika ada keunggulan Samsung Galaxy S4 di mata pengguna lini produk HP Android Samsung Galaxy maka itu adalah tampilan antar muka TouchWiz. Bagi yang baru saja menggunakan smartphone Android Samsung Galaxy biasanya akan merasa bahwa tampilan antar muka ini sangat ribet, namun bagi yang sudah terbiasa justru dinilai sebagai keunggulan karena bisa diatur dan dikustomisasi sesuai keinginannya.

Semenjak Samsung Galaxy S4 pabrikan asal Korea itu tampak sekali menjiplak Nokia Lumia model flagship dalam hal kelengkapan fitur, dan itu kentara sekali lewat kehadiran S Memo, S Health, S Voice dan S Translator berikut aplikasi multimedia-nya yang terus dipertahankan pada Samsung Galaxy S5 dan Samsung Galaxy Alpha.

Di sektor kamera meski sama halnya dengan Sony Xperia Z, Samsung Galaxy S4 juga menggunakan sensor 13 MP namun hasil foto dari kedua kamera tersebut sangatlah berbeda satu dengan yang lain. Pada kondisi dengan pencahayaan memadai foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy S4 mendekati sempurna, untuk ukuran sebuah smartphone Android tentu saja. Sedangkan pada mala hari atau kondisi pencahayaan minim kualitasnya menurun secara signifikan pada mode Auto. Namun kelemahan ini segera teratasi hanya dengan memindah ke mode Night.

Kamera Samsung Galaxy S4

Soal performa kecepatan, dengan mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 600 dengan laju maksimal 1.9 GHz dalam sebagian besar situasi kecepatannya bisa diandalkan. Namun sama halnya dengan Samsung Galaxy S5 muncul gejala-gejala lag saat menjalankan aplikasi yang lebih kompleks.
Keunggulan Samsung Galaxy S4 justru terletak pada performa baterai yang setara yang iPhone 5 dan HTC One yang menjadi pesaing utama pada masanya.

Harga Samsung Galaxy S4

Harga Samsung Galaxy S
HITAM PUTIH
harga samsung galaxy s4 hitam harga samsung galaxy s4 putih
Rp 6.499.000
Rp 5.499.000
Rp 6.499.000
Rp 5.499.000
beli sekarang beli sekarang
Free Ongkos Kirim untuk Wilayah Tertentu

Harga Samsung Galaxy S4 saat ini ada di kisaran Rp 6 juta-an, atau sekitar Rp 1 juta lebih murah dibanding Samsung Galaxy S5. Samsung Mobile dalam sejarahnya melakukan revolusi kala merilis Samsung Galaxy S, Samsung Galaxy S2 dan Samsung Galaxy S3. Sayangnya semenjak Samsung Galaxy S3 nyaris tak ada perubahan berarti hingga Samsung Galaxy S5. Ada beberapa perubahan namun sifatnya tak lebih dari gimmickketimbang fungsional, bahkan termasuk desainnya.

Pengalaman Samsung Galaxy S4

Karena itu jika Anda adalah pengguna Samsung Galaxy S2 atau merek lain sekelas dan seusianya maka Samsung Galaxy S4 masih layak untuk dipertimbangkan. Bahkan ketimbang membeli Samsung Galaxy S5 rasa-rasanya Samsung Galaxy S4 lebih masuk akal dari sisi pertimbangan ekonomis. Namun bagi pengguna Samsung Galaxy S3 beralih ke Samsung Galaxy S4 atau Samsung Galaxy S5 rasa-rasanya bukan langkah bijaksana. Lebih baik Anda menanti Samsung Galaxy S6 atau jika sudah tidak sabar pilih saja Samsung Galaxy Alpha yang meski layarnya sedikit lebih kecil dari Samsung Galaxy S5 dan S4 namun sudah menggunakan casing metal.