on

Spesifikasi Huawei Ascend Y550 Smartphone 4G Harga Terjangkau

Huawei Ascend Y550 mengusung filosofi perusahaan asal Cina itu yang dikenal mampu menghadirkan HP Android berteknologi terkini dengan harga terjangkau. Jika selama ini HP Android 4G selalu identik dengan harga selangit maka persepsi tersebut seketika berubah ketika awalnya Motorola memperkenalkan Moto G 4G dan kini diikuti oleh Huawei Ascend Y550 tak lama kemudian. Menariknya, berbeda dengan Motorola Moto G yang minim fitur, Huawei mampu menghemat biaya produksi tanpa banyak menghilangkan fitur pada Huawei Ascend Y550.

Huawei Ascend Y550 bagaimanapun menunjukkan jati dirinya sebagai ponsel murah, salah satunya dalam hal desain dimana jelas unsur estetika bukanlah bagian yang layak diapresiasi dari smartphone Huawei terbaru ini. Casing-nya terbuat dari plastik glossy yang mudah sekali tampak kotor karena bekas jari. Namun dari sisi ergonomis setidaknya desainer Huawei tak melupakan ketika merancang Huawei Ascend Y550.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Ascend Y550


Spesifikasi Huawei Ascend Y550

  • 4.5-inches
  • WVGA (854x480)
  • 153 grams
  • Android 4.4 KitKat
  • 5-megapixel
  • 2-megapixel
  • 1.2GHz quad-core Qualcomm Snapdragon 410
  • 1GB RAM
  • 4GB (1.4GB user accessible). Expandable via microSD up to 32GB
  • Yes
Meski desainnya tidak menarik dari sisi estetika namun finishing-nya sangat solid. Casing removable di bagian belakang dimana merupakan akses menuju baterai dan micro SIM card terasa kokoh meski Anda takkan menemukan kontur atau tekstur apapun yang menjaga agar ponsel tidak mudah tergelincir dari tangan.

Layar Huawei Ascend Y550 memang hanya berukuran 4.5 inch, bukan ukuran yang dianggap istimewa bagi kebanyakan konsumen saat ini. Namun pada sisi lain jika diperhatikan akurasi warnanya sangat baik dan bahkan dilihat dari berbagai sudut gejala distorsi-nya sangat minim. Bagaimanapun dengan resolusi yang hanya 854 x 480 pixels kehalusan gambarnya tak banyak diharapkan. Selain itu tingkat brightness yang relatif rendah juga cukup menyulitkan saat digunakan di luar ruangan.

Huawei Ascend Y550 mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Snapdragon 410 bersama RAM 1 GB untuk performanya. Sistem operasi dan aplikasi berjalan dengan mulus meski tentu saja lagi-lagi tidak tergolong istimewa. Cukup wajar setidaknya untuk sebuah HP Android di rentang harga ini.

Kelemahan Huawei Ascend Y550 yang paling besar justru terletak pada media penyimpanan internal, dimana meski di atas kertas internal memori-nya memiliki kapasitas 4 GB namun setelah dikurangi dengan sistem operasi, sistem dan aplikasi bawaan hanya sekitar 1,4 GB yang tersedia. Setidaknya HP Android Huawei ini masih mendukung memori eksternal hingga kapasitas 32 GB.

Huawei Ascend Y550 dilengkapi dengan kamera 5 MP dan 2 MP yang lagi-lagi juga menghasilkan kualitas foto biasa saja seperti umumnya kamera smartphone dikisaran harga sama. Meski tidak istimewa namun setidaknya kualitas foto yang dihasilkan masih layak untuk diunggah ke media sosial. Keunggulannya justru terletak pada autofocus yang bekerja dengan cukup cepat dan akurat saat digunakan untuk mengambil foto maupun merekam video, kelebihan Huawei Ascend Y550 di sektor ini tak dimiliki oleh kompetitor sekelasnya.

Harga Huawei Ascend Y550

Harga Huawei Ascend Y550

Harga Huawei Ascend Y550 di Indonesia untuk saat ini belum bisa disebutkan karena HP Android buatan Huawei ini belum dipastikan masuk di sini. Namun di UK ponsel ini dijanjikan oleh pabrikan bakal dibanderol tak lebih dari £100. Meski orang sulit jatuh hati pada pandangan pertama namun sebenarnya ada banyak kelebihan Huawei Ascend Y550 sekali lagi dengan mempertimbangkan harganya. Desainnya memang tampak murahan dibandingkan Motorola Moto G 4 G, hanya saja dari sisi fitur Huawei Ascend Y550 jauh lebih baik dibandingkan Motorola Moto G.