on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 – Mana yang Lebih Unggul?

Rilis resmi Samsung Galaxy S6 dan HTC One M9 membawa dua produsen ponsel Android mapan tersebut memasuki babak baru persaingan antar dua model flagship. Dalam waktu yang hampir bersamaan HTC dan Samsung sama-sama memperkenalkan model terbaru dan sekaligus tertingginya untuk tahun ini. Dengan catatan penjualan yang sama-sama terpuruk di tahun lalu tentu masing-masing berharap keadaan akan berubah di tahun 2015.

Persaingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 tahun ini bahkan lebih menarik lagi untuk disimak. Jika pada tahun sebelumnya kompetisi keduanya semata-mata mewakili nama HTC dan Samsung maka kali ini situasinya bahkan lebih panas. Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 tahun ini juga dipersepsi sebagai persaingan antara prosesor Exynos vs. Snapdragon.

Perbandingan Exynos vs. Snapdragon


Perbandingan Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9

Di masa lalu ketika membandingkan model flagship Samsung vs. HTC maka dengan mudah mayoritas responden akan menjawab bahwa desain ponsel HTC jauh lebih berkelas dibandingkan Samsung. Namun tahun ini kondisi tersebut berubah sama sekali. Sebab Samsung melakukan revisi signifikan terhadap Galaxy S6 yang membuatnya sejajar atau mungkin bahkan lebih baik dibanding One M9.

Seperti sudah disebutkan pada ulasan awal Samsung Galaxy S6 lalu bahwa bingkai berbahan metal, desain unibody dan lapisan Corning Gorilla Glass 4 kini menjadi tiga hal vital yang sanggup mengubah kesan terharap smartphone Samsung Galaxy terbaru ini secara signifikan dibanding para pendahulunya. Kesan murahan yang banyak dikritik kini hilang sudah, sebaliknya Galaxy S6 kini tampil begitu elegan dan berkelas. Dengan dimensi 143.4 x 70.5 x 6.8 mm dan bobot 138 gram HP Android terbaru keluaran Samsung ini juga tipis dan ringan.

Sebaliknya. HTC One M9 sendiri meski sebenarnya dari sisi kualitas maupun estetika desain sama sekali tak kalah dari Galaxy S6 namun keputusan perusahaan asal Taiwan tersebut untuk tidak banyak melakukan ubahan terhadap desain membuat banyak calon konsumen kecewa. Pasalnya jauh-jauh hari sebelumnya publik berharap bahwa ponsel Android terbaru HTC tersebut bakal membawa ubahan desain yang revolusioner. Ubahan yang dilakukan lebih kepada penyempurnaan terhadap kritikan HTC One M8 yang dianggap licin kala digenggam.

Di sektor layar HTC juga masih mempertahankan layar 5 inch Super LCD 3 dengan resolusi 1080 x 1920 pixels yang menghasilkan kepadatan warna 441 ppi. Sementara Samsung Galaxy S6 seperti biasa mengandalkan layar Super AMOLED yang kali ini memiliki ukuran 5.1 inch dengan resolusi 1440 x 2560 pixels sehingga kepadatan warnanya mencapai 577 ppi. Baik HTC maupun Samsung sama-sama mempercayakan Corning Gorilla Glass 4 sebagai pelindungnya.

Samsung Galaxy S6HTC One M9
Display5.1-inch 1440 x 2560 Super AMOLED Display5.0 inch 1080 x 1920 Super LCD 3 Display
GlassGorilla Glass 4Gorilla Glass 4
CPU64-bit octa-core Exynos 742064-bit octa-core Snapdragon 810 MSM8994
GPUMali-T760Adreno 430
RAM3GB RAM3GB RAM
Internal Storage32GB, 64GB and 128GB32GB
External StorageNon-expandableExpandable via micro SD card slot
Rear Camera16 megapixel, optical image stabilization20 megapixel, dual LED flash
Front Camera5 megapixel4 megapixel UltraPixel
SoftwareTouchWiz, Android LollipopSense Seven, Android Lollipop
Battery2,550 mAh battery, Qi Wireless Charging2,850 mAh battery
Thickness6.8 mm9.6 mm
Other FeaturesFingerprint scanner, heart-rate monitorBoomSound speakers
ConstructionMetal, glassUnibody metal

Sedangkan di sektor performa ketidaksesuaian antara Samsung Galaxy S6 dengan Snapragon 810 membawa perusahaan asal Korea itu untuk mengoptimalkan potensi Exynos 7420, momen ini sekaligus dimanfaatkan oleh Samsung untuk menunjukkan penguasaan terhadap teknologi semikonduktor yang dimilikinya. Dengan prosesor octa-core yang terdiri atas Cortex-A53 berkecepatan 1.5 GHz dan Cortex- A57 dengan laju maksimal 2.1 GHz Samsung cukup percaya diri bahwa chipset Exynos-nya mampu mengugguli Qualcomm.

Samsung Galaxy S6 sendiri ditawarkan dengan pilihan kapasitas memori internal 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Sayangnya demi menjaga keindahan desain maka produsen memutuskan meniadakan dukungan memori eksternal yang cukup mengecewakan pula bagi sebagian calon konsumen.

HTC One M9 di sisi lain masih setia dengan chipset besutan Qualcomm, kali tentu saja Snapragon 810 yang menjadi pilihannya. Dengan prosesor terintegrasi yang sama seperti Exynos 7420 secara teoritis keduanya cukup berimbang dalam hal performa. Sama halnya dengan Galaxy S6, One M9 pun mengusung RAM berkapasitas 3 GB. Dan meski hanya tersedia dalam versi kapasitas memori internal 32 GB, namun ponsel HTC ini mendukung memori eksternal hingga kapasitas maksimal 128 GB.

Di atas kertas lewat uji AnTuTu Exynos 7420 yang menjadi andalan Samsung Galaxy S6 mencatat point lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 810 pada HTC One M9. Demikian pula pada uji GeekBench 3, Exynos 7420 ini tercatat sebagai yang tercepat diantara semua chipset yang ada saat ini. Namun demikian uji tersebut tidak selalu mencerminkan fakta sesungguhnya di lapangan, karenanya untuk menilai mana yang lebih unggul antara Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 di poin performa perlu membandingkan dan merasakan keduanya secara langsung.

Performa baterai turut menjadi poin yang dipertimbangkan konsumen saat ini mengingat semakin tinggi spesifikasi sebuah ponsel maka wajarnya bakal membawa konsekuensi negatif terhadap daya tahan baterainya. Seberapa besar dampak konfigurasi hardware pada daya tahan baterai Samsung Galaxy S6 dan HTC One M9 sayangnya belum bisa dibandingkan.

HTC One M9 saat ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2850 mAh yang oleh produsennya diklaim sanggup bertahan selama 402 jam standby dan 21 jam, 50 menit talktime, keduanya kala berada di jaringan 3G. Sedangkan meski Samsung Galaxy S6 sudah jelas mengusung baterai dengan kapasitas 2550 mAh namun pihak produsen hingga tulisan ini dibuat tidak menyebutkan klaim terhadap daya tahannya baik saat standby maupun talktime.

Pada perbandingan kamera Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 tampaknya situasi juga akan berbalik. Jika sebelumya model tertinggi HTC selalu mampu menyamai atau dalam beberapa hal menungguli kamera seri tertinggi Samsung sayangnya hal yang sama tak berlaku di tahun ini.

HTC memang sudah kembali menggunakan kamera dengan teknologi konvensional, kali ini dengan sensor 20 MP. Meski kala diuji coba secara singkat fitur pendukungnya seperti auto focus bekerja dengan baik namun sayangnya kualitas foto yang dihasilkan cenderung kaya akan gejala noise. Tak hanya itu, ketiadaan fitur OIS untuk ponsel sekelas ini jelas merupakan sebuah hal yang tak bisa ditolerir.

Padahal pada sisi lain Samsung melakukan penyempurnaan yang tidak remeh pada sektor kamera Samsung Galaxy S6. Bukan saja kecepatan auto focus-nya meningkat secara pesat namun bahkan kamera utama 16 MP yang didukung dengan OIS mampu menghasilkan kualitas foto yang lebih baik dibandingkan iPhone 6 yang selama ini dianggap sebagai benchmark untuk kualitas sebuah kamera smartphone.

Sementara untuk perbandingan kamera selfie (sekunder) pada kedua ponsel tersebut masih relatif imbang. HTC menempatkan kamera 4 MP berteknologi UltraPixel yang sebelumnya digunakan sebagai kamera utama pada HTC One M8 sebagai kamera sekunder.

Sedangkan Samsung meski baru saja memperkenalkan teknologi kamera depan 8 MP ISOCELL namun untuk Samsung Galaxy S6 kali ini produsen asal Korea itu pilih menggunakan kamera 5 MP sebagai kamera sekunder. Kamera depan 8 MP dengan sensor ISOCELL itu sendiri konon paling cepat baru akan digunakan pada Samsung Galaxy Note 5 nantinya.

Untuk poin perbandingan konektivitas Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 keduanya juga berimbang. Samsung Galaxy S6 menawarkan dukungan LTE, WiFi Direct Hotspot, Bluetooth 4.1, GPS, NFC, MHL 3.0 out, dan IR blaster. Sedangkan pada HTC One M9 tersedia dukungan 4G, WiFi, WiFi direct, WiFi hotspot, DLNA, Bluetooth 4.1, GPS, NFC, MHL 3.0 out, radio, dan IR blaster.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9

Terlepas dari kekecewaan publik terhadap fakta bahwa HTC One M9 tak menawarkan perubahan desain yang revolusioner namun harus pula diakui bahwa sebagai produsen ponsel
Android pertama yang mengadopsi bahan metal untuk casing-nya, HTC masih menunjukkan diri sebagai ahli di bidangnya. Walau tanpa ubahan revolusioner namun desain HTC One M9 tetaplah tanpa cela berarti.
Sedangkan di sisi lain sebagai late adopters Samsung juga menunjukkan dirinya tidak ketinggalan dan sebaliknya mampu menghadirkan desain serta build quality yang sanggup membungkam para kritikusnya selama ini lewat kehadiran Samsung Galaxy S6.

Sedangkan untuk poin lain dalam perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. HTC One M9 sejauh ini menunjukkan bahwa Galaxy S6 unggul cukup telak dibanding One M9, kecuali soal performa dimana masih harus dibuktikan pada saat keduanya resmi dijual beberapa minggu kedepan.