on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6: Siapa Pemenangnya Kali Ini?

Dirilisnya Samsung Galaxy S6 bukan saja menandai babak baru persaingan sengit di antara sesama ponsel Android, namun lebih dari itu membuka babak baru juga dengan seterunya yang berasal dari Cupertino. Tahun lalu penjualan Samsung di segmen high-end babak belur oleh iPhone, lebih-lebih setelah Apple merilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Pertanyaannya akankah Samsung Galaxy S6 mampu mengubah situasi tersebut?

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6 kali ini membantu memprediksi peluang dua ponsel penguasa segmen high-end tersebut. Pada perkenalannya di Barcelona beberapa waktu lalu para reviewer dari berbagai media langsung memberikan pujian tinggi kepada Galaxy S6, kondisi itu jelas berbeda sama sekali dibanding reaksi ketika perusahaan yang sama memperkenalkan Galaxy S4 atau Galaxy S5. Namun cukupkah pujian tinggi yang diberikan tersebut menempatkan produk perusahaan asal Korea itu sebagai unggulan dalam perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6?

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6


Perbandingan Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6

Seperti sudah diulas pada dua artikel sebelumnya mengenai Samsung Galaxy S6, kali ini desain serta material yang diusung oleh Galaxy S6 sanggup mementahkan berbagai kritikan yang ditujukan untuk para pendahulunya di tahun-tahun sebelumnya. Kesan kokoh, solid sekaligus elegan kali ini akhirnya mampu melekat pada flagship model milik Samsung tersebut.

Sebegitu percaya diri dengan produk terbarunya hingga pada saat peluncuran resmi pun pabrikan asal Korea tersebut secara eksplisit mengolok-olok iPhone 6 dengan menggunakan tagline: “tough and does not bend” seolah hendak mentertawakan Apple yang sempat mengalami skandal “bendgate” dengan iPhone 6 beberapa waktu lalu.

Meski terkesan ketus namun bukan berarti sindiran tersebut bakal dijamin efektif meredam penjualan iPhone 6. Sebab faktanya selama ini meski dirudung oleh skandal “bendgate” iPhone 6 tetap mencatatkan penjualan yang fantastis sejak pertama kali dirilis hingga saat ini.

Dari sisi desain keduanya sama-sama elegan dan juga tipis. iPhone 6 mengusung dimensi 138.1 x 67 x 6.9 mm dengan bobot 129 gram, sedangkan Galaxy S6 memiliki dimensi 143.4 x 70.5 x 6.8 mm dan bobot sedikit lebih berisi yaitu 138 gram.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6

Mana yang lebih baik antara Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6 pada poin perbandingan ini sepenuhnya bergantung pada selera masing-masing konsumen. Jika casing berlapis serta kaca merupakan preferensi Anda maka pilih saja iPhone 6, namun jika casing metal dirasa lebih meyakinkan jelas Galaxy S6-lah yang mampu memenuhi ekspektasi.

Untuk poin desain rasa-rasanya adil menyebutkan bahwa keduanya berimbang.

Poin berikutnya adalah layar, yang tak lain adalah satu dari dua fitur yang dipersepsi penting oleh mayoritas konsumen ponsel disamping kamera. Lewat generasi terbarunya Apple seolah menelan ludah sendiri yang di masa lalu selalu mengkampanyekan bahwa layar 4.5 inch adalah ukuran paling ideal untuk sebuah ponsel. Kali ini iPhone terbaru mengusung layar berukuran 4.7 inch tipe IPS dengan resolusi 750 x 1334 pixels yang menghasilkan kepadatan warna 326 ppi.

Samsung Galaxy S6 seperti biasa masih tetap setia dengan layar Super AMOLED. Dengan layar berukuran 5.1 inch dan resolusi 1440 x 2560 pixels kepadatan warna yang dihasilkan mencapai 577 ppi.

Perbandingan Layar Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6

Beberapa orang bakal menilai bahwa Samsung unggul atas Apple pada poin kepadatan layar, namun selama bertahun-tahun Apple sudah membuktikan bahwa nilai kepadatan warna yang lebih rendah dibanding kompetitor tak membuatnya kalah dari sisi kualitas. Sebab kemampuan mata manusia membedakan tingkat kepadatan warna sebenarnya sangat terbatas.

Apple mengandalkan lapisan oleophobic sebagai pelindung layar, sementara Samsung memilih Gorilla Glass 4.

Lagi-lagi pada poin perbandingan kualitas layar Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6 keduanya berada dalam posisi imbang.

Kondisi yang tak jauh beda lagi-lagi terjadi pada perbandingan performa. Samsung untuk pertama kalinya hanya merilis model flagship mereka dalam satu versi chipset yaitu Exynos 7420 besutan mereka sendiri. Dengan menjalankan sistem operasi Android Lollipop, sejauh ini dalam beberapa pengujian Galaxy S6 mencatatkan point tertinggi dibanding sesama ponsel Android lainnya yang menggunakan chipset Snapdragon 810 dan sistem operasi yang sama.

Namun ceritanya bakal sedikit berbeda ketika diperhadapkan dengan iPhone 6 yang mengusung sistem operasi berbeda dan chipset A8 yang kombinasinya tak ditemukan pada ponsel merek lain. Memang tidak bisa selalu membandingkan keduanya lewat uji benchmark oleh karena perbedaan sistem operasi tersebut. Namun sejauh ini iPhone 6 sudah membuktikan diri sebagai salah satu ponsel dengan performa terbaik sekalipun kapasitas RAM-nya deifisit 2 GB jika dibandingkan Galaxy S6.

Dan oleh karena kali ini keduanya juga sama-sama tak menyediakan opsi memori eksternal maka nilai imbang adalah pilihan paling adil dalam poin perbandingan ketiga ini.

Perbandingan kamera Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6 tentu merupakan bagian yang palig ditunggu. Selama ini Apple selalu menghempaskan Samsung dalam poin perbandingan kuaitas kamera, sekalipun kualitas kamera Samsung seri Galaxy S generasi-generasi lalu sebenarnya juga masih dalam kategori superior untuk ukuran kamera ponsel.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6

iPhone 6 sebagaimana sudah diketahui mengandalkan kamera utama 8 MP didukung oleh fitur phase detection, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, smile detection, HDR juga kemampuan merekam klip dalam resolusi 1080 pixels pada 60 fps atau 720 pixels pada 240 fps. Dual LED flash juga turut melengkapi kamera utama iPhone terbaru itu.

Oleh karena target market iPhone adalah kelompok usia mapan yang tak terlalu menggemari foto selfie maka Apple pun hanya menempatkan kamera 1.2 MP sebagai kamera sekunder. Meski demikian kamera ini sudah dilengkapi dengan HDR, face detection serta kemampuan merekam video.

Sementara itu Samsung tampak serius membenahi performa kamera Samsung Galaxy S6 bukan semata-mata untuk menjadi lebih baik ketimbang iPhone 6 namun juga karena Galaxy S6 menjadi pertaruhan mereka di kelas high-end yang penjualnnya merosot drastis tahun lalu. Upaya tersebut tampak membuahkan hasil. Kamera 16 MP Samsung Galaxy S6 bukan saja unggul karena fitur fast tracking yang menjadikannya sanggup memfokuskan pada objek bergerak cepat saja namun kualitas foto yang dihasilkannya mampu melebihi kamera iPhone 6. Sampai detik ini hanya kamera LG G4 yang mampu mengungguli kamera Galaxy S6.

Dan karena Samsung selalu memosisikan Galaxy seri S sebagai ponsel kelompok usia muda maka kamera 5 MP pun ditempatkan sebagai kamera sekundernya untuk mengokomodir para penggemar aktivitas foto selfie.

Pada poin ini pabrikan asal Korea itu berhasil menempatkan dirinya unggul atas Apple.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6

Kesimpulan Hasil Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6


Perbandingan Harga Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6
Samsung Galaxy S6 iPhone 6
Harga Samsung Galaxy S6 Harga Samsung Galaxy S6 Edge
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Pada perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. iPhone 6 poin per poin di atas keduanya relatif berimbang dalam banyak hal. Hanya saja keunggulan Samsung Galaxy S6 pada fitur kamera baik kamera primer maupun sekunder menempatkannya tampil sebagai pemenang dalam perbandingan ini.

Akankah keunggulan tersebut bicara banyak dalam upaya Samsung merebut pangsa pasar Apple di segmen high-end tentu waktulah yang bisa menjawab dan membuktikannya.