on

Pilih Samsung Galaxy S6 atau Samsung Galaxy Note 4?

Samsung Galaxy S6 meneruskan tradisi flagship model keluaran Samsung, sementara itu Samsung Galaxy Note meski tak pernah diposisikan sebagai flagship model namun selalu mengusung kecanggihan yang setara dengan Galaxy seri S. Karenanya wajar jika calon pembeli yang mempertimbangkan ponsel kelas high-end keluaran produsen asal Korea itu selalu membandingkan keduanya.

Perbandingan antara Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy Note 4 pada tahap ini merupakan babak baru perbandingan Galaxy seri S dan seri Note. Meski mungkin akan lebih adil membandingkan Galaxy S6 dengan Galaxy Note 5 nantinya namun sementara ini perbandingan dengan Samsung Galaxy Note secara praktis tetap sangat relevan.

Pilih Samsung Galaxy S6 atau Samsung Galaxy Note 4?


Pilih Samsung Galaxy S6 atau Samsung Galaxy Note 4?

Seperti sudah dibahas pada pembahasan-pembahasan terkait Samsung Galaxy S6 sebelumnya bahwa desain adalah hal utama yang paling membedakan Galaxy S6 dengan semua seri Samsung Galaxy lainnya. Bahkan desain pulalah yang membedakan flagship model keluaran Samsung ini dengan flagship model merek lain. Pembeda tersebut terletak pada perpaduan antara serat kaca dan logam pada casingnya, sementara pada bagian belakang terlindung oleh Corning Gorilla Glass 4.

Samsung Galaxy Note 4 di pihak lain adalah salah satu ponsel pertama keluaran Samsung yang menggunakan bingkai logam, hanya saja pada saat ini pabrikan asal Korea tersebut masih pilih menggunakan cover belakang berupa faux-leather seperti pada Galaxy S5. Bukan tanpa alasan sebenarnya jika Samsung mengedepankan kenyamanan ketimbang estetika pada cover belakang. Sebab dengan dimensi yang terbilang besar jelas menggenggam Samsung Galaxy Note 4 sudah merupakan tantangan tersendiri, dan mengedepankan estetika atas kenyamanan jelas bukan langkah bijaksana.

Bicara soal kenyamanan, bukan hanya semata-mata faktor desain saja yang memengaruhi namun juga bobot dan dimensi. Dalam hal ini Samsung Galaxy S6 dengan bobot 138 gram dan tebal maksimal 6,8 mm jelas lebih nyaman dibandingkan Galaxy Note 4 yang bobotnya mencapai 176 gram dan ketebalannya 8,8 mm. Meski kalah dari sisi kenyamanan, namun kondisi tersebut masih bisa diterima mengingat bahwa Galaxy Note 4 bukan dikategorikan sebagai ponsel layaknya Galaxy S6 melainkan sebagai phabet. Dan siapapun yang memang sudah bermaksud membeli phablet tentulah akan memaklumi fakta tersebut.

Di sektor perangkat lunak perbedaan keduanya baru terasa signifikan, sebab meski sama-sama menjalankan sistem operasi Android namun Galaxy S6 yang hadir belakangan sudah secara standar mengusung Android Lollipop. Sedangkan Galaxy Note 4 resminya masih menjalankan Android KitKat meski Samsung sendiri menjanjikan update resmi Android Lollipop untuk Samsung Galaxy Note 4.

Pada perbandingan layar Samsung Galaxy S6 vs. Samsung Galaxy Note 4 pada dasarnya kedua ponsel tersebut serupa karena sama-sama menggunakan teknologi Super AMOLED. Perbedaan kecil hanya terletak pada ukuran layar dimana Galaxy S6 adalah 5.1 inch sedangkan Galaxy Note 4 yang karena memang dirancang sebagai phablet maka mengusung layar berukuran lebih besar yaitu 5.7 inch. Dari sisi resolusi keduanya sama-sama menawarkan resolusi Quad HD dan sama-sama dilapis Corning Gorilla Glass 4.


Lazada Indonesia

Penyempurnaan lain dari Samsung Galaxy S6 yang membuatnya unggul atas Samsung Galaxy Note 4 bisa dilihat pada fitur kamera. Meski sekilias masih mengandalkan kamera utama 16 MP seperti pendahulunya namun kualitas dan performanya sudah meningkat pesat dibanding pendahulunya maupun Galaxy Note 4.

Rekomendasi: Pilih Samsung Galaxy S6 atau Samsung Galaxy Note 4?

Dari berbagai sisi jelaslah Samsung Galaxy S6 adalah pilihan lebih baik dibanding Galaxy Note 4. Selama Anda tak membutuhkan fitur S-Pen yang identik dengan seri Galaxy Note sejak generasi pertama maka tak ada alasan untuk memilih Galaxy Note 4 dibanding Galaxy S6.