on

Perbedaan HTC One M9 vs. HTC One M9+

Tahun ini pabrikan asal Taiwan HTC bukan mendapat banyak cercaan kala merilis HTC One M9. Pasalnya flagship model terbaru itu tak berbeda jauh dibanding pendahulunua HTC One M8. Namun ternyata berselang beberapa waktu kemudian pabrikan tersebut mengumumkan smartphone Android canggih lainnya yaitu HTC One M9+.

Membedakan HTC One M9 vs. HTC One M9+ mungkin bukan hal yang mudah, bahkan kebanyakan calon konsumen tak menyadari bahwa ada dua varian baru yang dirilis HTC dalam waktu hampir bersamaan. Untuk membantu memetakan perbedaan antara keduanya kami mengangkat perbedaan HTC One M9 vs. HTC One M9+ dalam artikel berikut.

Perbedaan HTC One M9 vs. HTC One M9+


Menelusuri Perbedaan HTC One M9 vs. HTC One M9+

HTC One M9+ saat ini baru terbatas dirilis di Cina, dan kepastian bakal hadir tidaknya di negara lain hingga saat ini masih menyisakan tanda tanya. Walau demikian bukan berarti perbandingan ini tidak relevan, sebab meski tidak dijual secara resmi di Indonesia namun Anda masih bisa mendapatkannya di bebera situs jual beli online.

Dari sisi desain perbedaan antara One M9 dan One M9+ hanya dibedakan dari keberadaan physical home button. Di luar itu keduanya sangat identik baik dari segi desain, dimensi, material casing dan bahkan pilihan wana yang tersedia.

Meski dimensinya identik namun ukuran layar keduanya tidaklah sama, HTC One M9+ mengusung layar dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan One M9. Jika One M9 menggunakan layar 5 inch maka One M9+ dilengkapi layar berukuran 5.2 inch. Tak cukup sampai disitu resolusinya pun bukan lagi Full HD seperti halnya One M9 melainkan Quad HD sehingga tingkat kepadatan warnanya pun melonjak pesat dari 441 ppi menjadi 534 ppi.

Di sektor perfoma meski sama-sama mengandalkan prosesor octa-core dengan arsitektur 64 bit namun chipset yang digunakan tidaklah sama. HTC One M9 yang sejak awal dimaksudkan untuk pasar internasional mengandalkan chispet Qualcomm Snapdragon 810 sebagaimana halnya smartphone Android kelas high-end keluaran tahun 2015 lainnya. Sementara One M9+ mengandalkan chipset MediaTek Hello X10.

Di sektor dukungan konektivitas serta jaringan keduanya menawarkan dukungan setara berupa 11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.1, NFC, GPS dan IR blaster. Namun jika One M9+ sudah dilengkapi fitur pemindai sidik jari maka fitur tersebut tak ditemukan pada One M9.

Kedua smartphone sama-sama dibekali dengan speaker di bagian depan didukung teknologi BoomSound yang sudah terbukti kualitasnya. Namun di sektor kamera meski sama-sama mengandalkan kamera 20 MP namun One M9 sudah meninggalkan teknologi UltraPixel yang dianggap gagal pada generasi pendahulunya. Entah atas pertimbangan apa JJTC One M9+ justru masih mempertahankan teknologi tersebut.

Kesimpulan Perbedaan HTC One M9 vs. HTC One M9+

Dari beberapa poin yang dijabarkan di atas diketahui bahwa perbedaan HTC One M9 vs. HTC One M9+ tidaklah signifikan. Perbedaan itu hanya terletak pada ukuran dan resolusi layar, teknologi kamera yang digunakan serta fitur pemindai sidik jari.