on

Kupas Tuntas Spesifikasi & Harga ZTE Nubia Z9 Mini

ZTE tahun lalu cukup mendulang sukses kala menghadirkan seri Nubia. Melanjutkan sukses tersebut pabrikan yang sama baru-baru ini merilis ZTE Nubia Z9 Mini. Pendekatan yang ditempuh masih sama seperti sebelumnya yaitu menghadirkan smartphone Android berkualitas dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitor sekelasnya.

ZTE Nubia Z9 Mini diposisikan sebagai smartphone Android kelas mid-end. Untuk menjadikannya kompetitif di pasaran maka pabrikan asal Cina tersebut memercayakan performanya pada chipset buatan Qualcomm, padahal mayoritas kompetitor senegaranya cenderung memilih MediaTek demi menghemat biaya produksi. Seperti apakah kelebihan dan kekurangan ZTE Nubia Z9 Mini?

Spesifikasi & Harga ZTE Nubia Z9 Mini


Kupas Kelebihan, Kekurangan dan Spesifikasi ZTE Nubia Z9 Mini


Display 5″ 1080p resolution (Full-HD)
Processor Qualcomm Snapdragon 615, 64bit, 1.5GHz Cortex A53 quad core + 1.0GHz Cortex A53 quad core; GPU: Adreno 405
RAM 2GB
Camera 8MP Front/16MP Back, f/2.0 aperture
Connectivity Bluetooth, 3G, 4G LTE, GPS, WIFI, GSM,EDGE, GPRS, UMTS, HSPA, HSPA+, Dual SIM standby (nano SIM slots)
Battery 2.900 mAh Li-polimer (non-removable)
Dimensions 141.3 x 69.8 x 8.2 mm (5.56 x 2.75 x 0.32 in), 147 g (5.19 oz)
OS Android 5.0.2 Lolipop
Storage 16GB (can be expanded up to 128GB via Micro SD)

Dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 615 smartphone terbaru keluaran ZTE ini di atas kertas bisa dianggap setara dengan ponsel Android kelas menengah buatan pabrikan mapan seperti Samsung Galaxy, LG atau Motorola. Sejauh ini Snapdragon 615 memang merupakan chipset terbaik di kelas mid-end.
Terintegrasi sebagai bagian dari Snapdragon 615 ini adalah prosesor octa-core dengan arsitektur 64 bit yang terdiri atas 1.5GHz Cortex A53 quad core + 1.0GHz Cortex A53 quad core berikut GPU Adreno 405.

Dari sisi desain ZTE pilih menggunakan pendekatan yang desain minimalis dengan tetap menjaga kesan elegan pada produk terbarunya ini. Kombinasi antara desain minimalis dengan layar berukuran kompak yaitu 5 inch terbukti memberi kesan positif bagi smartphone Android yang build quality-nya terasa begitu solid dalam genggaman ini.


Pada cover atas bagian depan ZTE meletakkan proximity sensor, earpiece dan kamera sekunder dengan sensor 8 MP. Sementara pada bagian bawah layar terdapat tombol capacitive dengan desain khas ZTE Nubia yang sudah cukup akrab di kalangan sebagian besar konsumen.
Selain khas, salah satu keunggulan lain dari tombol tersebut adalah pengguna diberikan kebebasan untuk menentukan tingkat brigtness sesuai selera dan kebutuhan.

Sebenarnya pabrikan asal Cina ini menggunakan bingkai aluminium untuk casing ZTE Nubia Z9 Mini, namun entah untuk alasan apa mereka memberi lapisan plastik di atas aluminium tersebut sehingga bagi konsumen yang kurang terinformasi akan menyangka bahwa Nubia Z9 Mini menggunakan casing plastik. Terlepas dari fakta tersebut seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kualitasnya sangat rapi sekaligus solid.

Slot SIM card tidak diletakkan di balik cover belakang, sebaliknya slot dual nano SIM card diposisikan pada tepi kiri serta mendukung jaringan 2G, 3G dan 4G LTE. Sementara pada bagian bawah terletak prot micro USB, microphone serta speaker.

ZTE melakukan invovasi estetika yang cerdik pada cover belakang. Sekalipun terbuat dari plastik namun finishingnya dibuat menyerupai serat kaca sehingga kesannya setara dengan ponsel kelas high-end. Sayangnya meski layak diapresiasi dari sisi estetika tidak demikian halnya dengan sisi kepraktisan. Cover bagian belakang ini cenderung mudah kotor oleh noda jari setelah digenggam.


Pada bagian belakang ini jugalah ZTE menempatkan kamera utama 16 MP berikut LED flash untuk melengkapi fitur Nubia Z9 Mini.
Di balik cover bagian belakang ini terletak slot untuk menempatkan keping micro SD yang mendukung hingga kapasitas maksimal 128 GB. Sayang sekali baterainya sendiri merupakan tipe non removable.

Layar 5 inch pada ZTE Nubia Z9 Mini tampak mampu mereproduksi warna dengan tajam dan natural. Satu-satunya kelemahan di sektor ini adalaha sifatnya yang cenderung reflektif terhadap cahaya, tampaknya hal ini disebabkan oleh lapisan pelindung layar yang sudah dipasang oleh produsen.

Spesifikasi & Harga ZTE Nubia Z9 Mini

Kesimpulan Awal Terhadap ZTE Nubia Z9 Mini

Dari pengamatan awal dan sekilas terhadap ZTE Nubia Z9 Mini sejauh ini impresi yang diberikan cukup positif untuk sebuah ponsel Android kelas menengah. Selain layar yang sedikit reflektif tak ada kelemahan lain yang perlu disoroti. Tampaknya lewat Nubia Z9 Mini dan Nubia Z9 Max produsen handphone asal Cina tersebut bisa mengulang sukses Nubia di tahun sebelumnya.