on

Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Huawei Ascend P8 langsung menjadi topik pembicaraan hanya sesaat setelah pabrikan asal Cina tersebut resmi memperkenalkannya kepada publik. Dari beberpa artikel seputar Ascend P8 lalu rasanya sudah cukup jelas bagaimana Huawei melakukan penyempurnaan besar-besaran terhadap smartphone Android terbarunya ini. Namun bagaimana posisinya jika dihadapkan dengan Galaxy S6 Edge yang saat ini bisa disebut sebagai smartphone Android tercanggih yang ada di pasaran?

Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge hendak melihat sejauh mana Huawei sanggup mengimbangi kompetitor yang notabene lebih mapan di industri ponsel baik dari sisi pengalaman maupun citra merek. Baik Samsung maupun Huawei bisa dibilang sama-sama melakukan perubahan revolusioner lewat produk terbaru masing-masing di segmen high-end. Simak perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge berikut untuk melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perbandingan Harga Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge


Mengulas Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Baik Samsung maupun Huawei sama-sama membekali smartphone terbaru mereka dengan layar berukuran lebar. Pabrikan asal Korea mengandalkan layar berukuran 5.1 inch berteknologi Super AMOLED yang menawarkan kepadatan warna hingga 577 ppi. Di sisi lain Huawei pilih menggunakan layar berteknologi IPS Neo dengan ukuran tak jauh beda yaitu 5.2 inch dan tingkat kepadatan warna 424 ppi.

Dari sisi kualitas layar jelas Samsung Galaxy S6 Edge lebih unggul ketimbang rival barunya, bahkan sejauh ini memang belum ada yang mampu menyamai lebih-lebih mengungguli ketajaman layar Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge setidaknya sampai Sharp resmi merilis smartphone terbarunya yg akan mengusung layar dengan resolusi UHD 4K nantinya.

Galaxy S6 Edge lagi-lagi unggul berkat keberadaan sensor pemindai sidik jari yang meski bersifat gimmick namun keberadaannya dipersepsi penting untuk sebuah ponsel kelas high-end. Anehnya Huawei Ascend P8 meski merupakan flagship model justru belum mengusung fitur serupa. Padahal Huawei sebenarnya sudah cukup lama menguasai fitur ini dan bisa ditemukan keberadaannya pada Huawei Ascend Mate 7. Bahkan performa pemindai sidik jari milik Huawei sebenarnya adalah salah satu yang terbaik dibanding pabrikan lain.

Perbandingan Desain Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Sedangkan pada perbandingan desain keduanya kami anggap seimbang. Samsung Galaxy Edge S6 memang mengusung desain unik karena desain layar mengkurva di kedua sisi. Namun meski terkesan lebih konvensional, desain Ascend P8 pun wajib diapresiasi. Pasalnya dengan performa dan fitur yang “wah” pabrikan asal Cina ini sanggup menjaga dimensi casing-nya tetap ramping dan elegan. Selain itu yang membuat Huawei unggul atas Samsung maupun Apple di sektor ini adalah fakta bahwa kamera utama Ascend P8 bisa didesain rata dengan cover belakang, bukan menonjol keluar sebagaimana pada Galaxy S6/Edge maupun iPhone 6.

Perbandingan Kamera Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Pada perbandingan kamera selfie di bagian depan Galaxy S6 Edge menawarkan kamera 5 MP sementara Ascend P8 mengandalkan kamera 8 MP dengan lensa lebar. Dari sisi kualitas foto keduanya berimbang, hanya saja karena Huawei melengkapinya dengan fitur “Beauty Level” yang mampu mengoptimalkan foto selfie maka pada poin ini untuk pertama kalinya Huawei menempatkan diri unggul atas Samsung dalam perbandingan ini.

Untuk kamera utama lagi-lagi bukan rahasia bahwa Samsung melakukan penyempurnaan revolusioner dengan kamera 16 MP milik Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Auto focus-nya sampai saat ini adalah yang paling cepat sekaligus akurat di kelasnya, bahkan jika dibanding iPhone 6 sekalipun. Reproduksi warna yang dihasilkan oleh kamera ini tampak natural sekaligus hidup jika dibanding kompetitor lain.

Pada sisi lain kinerja auto focus pada kamera utama Ascend P8 memang masih belum bisa menyamai Galaxy S6 Edge. Namun segudang inovasi yang dilakukan oleh Huawei memastikan bahwa dari kualitas foto yang dihasilkan tidak kalah dari kompetitornya yang berasal dari Korea itu. Bahkan oleh karena sensor kamera utama Huawei Ascend P8 sudah mendukung empat warna maka reproduksi warnanya tampak lebih realistis dibanding reproduksi warna foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy S6 Edge.

Di sektor performa baik Samsung maupun Huawei sama-sama mengandalkan prosesor hasil besutannya sendiri. Dalam kasus Galaxy S6 Edge adalah Exynos 7420 sementara Ascend P8 menggunakan HiSilicon Kirin 930. Keduanya sama-sama berbasis Cortex-A53 dengan arsitektur 64 bit. Kondisi yang sama juga terjadi pada kapasitas RAM dimana masing-masing dibekali oleh RAM berkapasitas 3 GB meski dalam kasus Ascend P8 hingga tulisan ini dibuat belum jelas DDR3 RAM atau DDR4 RAM-kah yang digunakan.

Lazada Indonesia

Kesimpulan Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge

Melihat perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Samsung Galaxy S6 Edge di atas dalam banyak hal keduanya cukup berimbang. Samsung bagaimanapun memiliki keunggulan dalam kecepatan auto focus kamera, layar dengan desain unik dan resolusi tinggi ditambah tentu saja citra merek dan jaringan layanan purna jual yang lebih baik.

Namun untuk keunggulan tersebut calon konsumen harus menebus harga Samsung Galaxy S6 Edge yang sekitar 57% lebih mahal dibandingkan harga Huawei Ascend P8. Layak atau tidak silakan Anda mempertimbangkan dan membuat keputusannya sendiri.