on

Tilik Spesifikasi Smartphone Android HTC One ME Dual SIM Card

Smartphone Android HTC One ME hadir dalam desain serta penampilan elegan khas smartphone buatan HTC. Sekilas ponsel Android keluaran pabrikan berbasis di Taiwan ini tak tampak berbeda dari flagship model terbaru mereka yaitu HTC One M9. Dengan banderol di bawah One M9 apa saja sebenarnya yang ditawarkan oleh One ME Dual SIM card ini?

Walau bukan smartphone kelas flagship namun HTC sama sekali tak mengurangi standar dari sisi desain serta kualitas material casing yang digunakan. Penampilannya benar-benar layak disebut masterpiece, sama sekali tak kalah jika dibandingkan dengan smartphone flagship. Hal-hal detil seperti LED yang berfungsi sebagai notifikasi, juga pemindai sidik jari tak luput disematkan pada HTC One ME. Apa saja kelebihan dari HTC One ME?

HTC One ME


Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Android HTC One ME

Material matte plastic yang digunakan pada sisi cover belakang serta samping bukan saja berkualitas tinggi namun terasa nyaman saat digenggam. Desain yang mengkurva pada cover belakang menjadikan tingkat ergonomisnya semakin terasa optimal. Pabrikan asal Taiwan ini juga sangat memperhatikan pilihan warna, karena itu dari sisi desain dan build quality tak ada kritikan atau kekurangan pada HTC One ME.

Pada bagian depan, layar berukuran 5.2 inch mendominasi. Lensa kamera sekunder tampak terletak pada bagian atas layar. Sedangkan di bawah layar terdapat home screen button serta sensor pemindai sidik jari.

HTC One ME

HTC One ME Indonesia

Seperti biasa HTC mengandalkan layar dengan teknologi Super LCD3, kali ini dengan resolusi 1440 x 2560 pixels. Ketajaman layar serta kualitas reproduksi warnanya di atas rata-rata dan sudah pasti bakal sangat diapresiasi oleh para penggemar film. Baik tingkat kecerahan (brightness) maupun viewing angles-nya juga di atas standar. Di bawah paparan sinar matahari layar ini masih bisa terbaca dengan baik.

Berbeda dengan HTC One M9 yang mengandalkan chipset Snapdragon, HTC One ME menggunakan chipset MediaTek Helio X10 dengan prosesor octa-core berkecepatan 2.2 GHz. Kemampuan multitasking-nya merupakan tanggung jawab dari RAM dengan kapasitas 3 GB. Kapasitas memori internalnya sangat lega yaitu 32 GB dan bahkan masih mendukung lagi memori eksternal hingga kapasitas maksimal 2 TB.

Performanya sangat mengaggumkan untuk menjalankan aplikasi harian, hanya saja HTC One ME tidak dirancang memuaskan para penggemar game Android. Game-game terbaru seperti “Asphalt 8” dan “WWE Superstars” bukan saja membutuhkan waktu loading lama namun juga banyak mengalami gejala lag. Aplikasi berat pengolah gambar seperti “Photoshop Express” juga mengalami kondisi yang sama kala dijalankan ke smartphone Android terbaru buatan perusahaan Taiwan ini. Bahkan menyimpan file hasil edit membutuhkan waktu sekitar 10 detik.

Pada sisi lain kualitas audio HTC One ME bakal memukau para penggemar musik maupun film. Teknologi “BoomSound” dengan dukungan Dolby Audio membawa dual speaker yang terpasang pada smartphone Android ini menghasilkan suara bass yang mantap. Pada volume tinggi tak muncul gejala suara pecah, dan pada volume rendah suara bass-nya masih terasa meyakinkan.

Spesifikasi dan Harga HTC One ME

Sayangnya kondisi yang sama tidak berlaku kala dihubungkan dengan earphonebawaan HTC One ME. Pertama-tama suara yang dihasilkan sering terputus-putus, di samping itu kualitas suara yang dihasilkan menurun drastis kala menggunakan earphone berbahan plastik dan berkesan murahan ini.

Kelebihan lain dari smartphone Android HTC One ME terletak pada kualitas kamera 20 MP dengan sensor BSI dan lensa ber-aperture f/2.2. Kualitas foto yang dihasilkan sangat memuaskan, demikian pula auto focusnya bekerja dengan sangat cepat. Memang masih kalah jika dibandingkan kamera Samsung Galaxy S6, namun tetap terbilang memuaskan.

Kualitas Kamera HTC One ME

Kamera Selfie HTC One ME

Sedangkan pada bagian depan HTC menggunakan kamera UltraPixel yang tahun lalu menjadi andalan mereka untuk ditempatkan sebagai kamera utama. Meski gagal sebagai kamera utama namun untuk ukuran kamera sekunder kualitas lensa serta foto yang dihasilkan sangat baik. Kemampuannya menangkap objek di dalam ruangan juga di atas rata-rata kamera selfie.

Kesimpulan Review Smartphone Android HTC One ME

Banyak hal yang pantas diapresiasi dari HTC One ME, mulai dari build quality, kemampuan kamera, kualitas layar serta kualitas audio.
Kelemahan utama HTC One ME terletak pada performa dalam menjalankan aplikasi berat serta baterai berkapasitas 2840 mAh yang kala diuji menjalankan aplikasi berat secara intensif hanya bertahan kurang dari 5 jam saja.