on

Impresi Awal dan Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Bersama dengan Galaxy J7, produsen asal Korea Samsung merilis pula smartphone Android kelas menengah dengan harga yang lebih murah dibanding J7 yaitu Samsung Galaxy J5. Sekilas penampakannya sangat identik dengan Galaxy J7, namun selisih banderol harga antara keduanya cukup signifikan.

Seperti biasa pabrikan asal Korea tersebut masih menggunakan pendekatan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu memborbardir pasar dengan banyak produk, harapannya tentu tak lain adalah mempertahankan dominasi pasar. Kondisi pasar tahun ini tentu sudah sangat berbeda dengan tahun lalu. Apa sebenarnya yang membedakan Samsung Galaxy J5 dengan Samsung Galaxy J7? Adakah keunggulan dari Samsung Galaxy J5 selain citra merek serta dukungan layanan purna jual yang sudah teruji?

Samsung Galaxy J5


Ulasan Singkat Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Sekilas yang membedakan Samsung Galaxy J5 dengan Galaxy J7 dari penampilan hanya tampak pada perbedaan ukuran layar. Jika Galaxy J7 memiliki layar berukuran 5.5 inch maka pada Galaxy J5 hanya 5 inch saja. Namun jika diperhatikan maka sebenarnya ada cukup banyak perbedaan diantara keduanya pada sektor desain.

Samsung Galaxy J5 Indonesia

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5

Casing Samsung Galaxy J5 juga menggunakan bahan plastik polycarbonate dengan bingkai metal seperti Galaxy J7, namun demikian kualitas material serta finishing keduanya sama sekali berbeda. Kentara sekali bahwa dari sisi kualitas Galaxy J5 masih di bawah Galaxy J7.


Beruntung meski dibanderol lebih murah Galaxy J5 tetap menggunakan layar dengan teknologi Super AMOLED seperti J7. Kapasitas RAM-nya juga 1.5 GB namun kali ini Samsung menggunakan chipset Snapdragon 410 dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.4 GHz yang terintegrasi sebagai jantung performanya. Selama pengujian singkat performa Samsung Galaxy J5 cukup menyakinkan untuk penggunaan sehari-hari meski untuk menjalankan game serta aplikasi kompleks perlu pengujian lebih lanjut.

Kapasitas memori internalnya sangat lega untuk ukuran ponsel Android di kisaran harga kurang dari Rp 3 juta masih ditambah lagi dukungan memori eksternal. Lagi-lagi konsumen akan diuntungkan dengan fakta bahwa Samsung Galaxy J5 dilengkapi kamera yang sama dengan Galaxy J7 yaitu 5 MP dengan dukungan LED flash di bagian depan serta 13 MP juga dengan LED flash di bagian belakang sebagai kamera utama.

Kamera Samsung Galaxy J5

Estimasi Harga Samsung Galaxy J5

Jika harga Samsung Galaxy J7 diprediksi akan berada di kisaran Rp 3,5 juta-an maka harga Samsung Galaxy J5 tak bakal lebih dari Rp 3 juta atau maksimal Rp 3,1 juta. Dengan selisih harga sekitar Rp 400 ribu keduanya hanya dibedakan pada kualitas casing serta chipset.

Baik Samsung Galaxy J5 maupun J7 masih perlu pengujian lebih lanjut sebelum bisa menentukan kualitas sebenarnya dari masing-masing smartphone tersebut. Kompetitor yang dihadapi duo ponsel Samsung Galaxy terbaru tersebut juga merupakan pemain-pemain kuat yaitu Asus Zenfone 2 serta Xiaomi Mi 4i yang sejauh ini hanya kalah pada jaringan layanan purna jual. Namun untuk benar-benar memenangi kompetisi Samsung rasanya perlu amunisi lebih dari sekedar keunggulan jaringan layanan purna jual tersebut.