on

Impresi Awal & Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Duos

Pekan lalu Samsung Galaxy J7 resmi tersedia di retailer-retailer lokal beberapa negara di kawasan Asia bersama dengan Galaxy J5. Sama seperti J5, ditilik dari spesifikasi serta harga Samsung Galaxy J7 smartphone Android keluaran Samsung ini ditujukan untuk segmen menengah. Meski persaingan di segmen ini makin ketat dengan kehadiran pabrikan asal Cina seperti Lenovo, Xiaomi dan Huawei namun nama besar dan jaringan purna jual Samsung di atas kertas memberi keunggulan tersendiri bagi pabrikan asal Korea tersebut.

Walau demikian tentu ada calon konsumen kritis yang akan mempertanyakan apakah selain jaringan purna jual yang lebih terjamin serta nama besar ada kelebihan Samsung Galaxy J7 dibanding smartphone Android kelas menengah besutan produsen lain? Sima impresi awal berikut spesifikasi Samsung Galaxy J7 pada artikel kali ini.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7


Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy J7

Sebagai ponsel kelas menengah tentu sangat wajar jika Samsung Galaxy J7 masih menggunakan casing berbahan plastik bukannya aluminium. Namun keberadaan bingkai metal di sekelilingnya memberikan nuansa premium berbeda dibanding ponsel ber-casing plastik pada umumnya.
Port micro-USB dan audio jack-nya sendiri diposisikan pada bagian bawah.

Sedangkan layar berukuran 5.5 inch mendominasi cover bagian depan bersama dengan lensa kamera yang didukung oleh LED flash. Cover bagian belakang tipe removable terbuat dari plastik berkualitas tinggi sehingga sama sekali tak berkesan murahan.

Kualitas layar Super AMOLED dengan resolusi HD kurang lebih sama dengan layar Super AMOLED yang ada pada smartphone Samsung seri lain. Tingkat kecerahannya sangat baik meski warna yang ditampilkan cenderung oversaturated yang bukan selera setiap orang. Performa kecepatannya merupakan tanggung jawab dari chipset Snapdragon 615 dan RAM berkapasitas 1,5 GB.

Samsung Galaxy J7 Indonesia

Key selling point dari Samsung Galaxy J7 tentu saja terletak pada kamera sebagaimana umumnya ponsel kelas mid-end dan high-end keluaran tiga tahun belakangan ini. Sebagai awalan kamera dengan lensa 5 MP pada bagian depan yang mengadopsi lensa lebar kentara sekali dimaksudkan untuk menarik perhatian para penggemar foto selfie. Tak hanya itu pabrikan asal Korea ini bahkan juga melengkapi kamera sekunder tersebut dengan LED flash.

Sedangkan di bagian belakang, lensa 13 MP berperan sebagai lensa kamera primer yang juga didukung oleh LED flash. Di atas kertas kombinasi keduanya terdengar menjanjikan, meski untuk mengetahui kualitasnya perlu menunggu hasil pengujian terlebih dahulu.

Kesimpulan Impresi Awal Samsung Galaxy J7

Selain mendukung jaringan 4G dan dual SIM smartphone Samsung Galaxy terbaru ini juga menawarkan baterai tipe removable serta dukungan microSD sebagai memori eksternal. Dua yang terakhir tidak dimiliki oleh kompetitor utamanya yaitu Xiaomi Mi 4i. Meski demikian seperti sudah disinggung bahwa nilai jual utama dari Galaxy J7 terletak pada kamera dan bagaimana kualitasnya belum bisa terjawab untuk saat ini.

Kamera Samsung Galaxy J7

Harga Samsung Galaxy J7 ada di rentang Rp 3,2 juta-an yang artinya bakal menempatkan produk terbaru ini berhadapan langsung dengan Xiaomi Mi 4i dan Asus Zenfone 2 ZE551ML. Samsung unggul dari sisi layanan purna jual, namun cukupkah itu memenangkan hati konsumen?