on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2 – Flagship vs. Flagship Killer

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2 menjadi duel antara flagship smartphone vs. sang “flagship killer” yang diulas selanjutnya setelah pada artikel lalu OnePlus 2 diperbandingkan dengan iPhone 6 Plus. Keduanya lebih mudah diperbandingkan karena sama-sama berbasis sistem operasi yang sama yaitu Android.

Harga OnePlus 2 dibanderol lebih mahal dibanding pendahulunya, namun jika dibanding harga Galaxy S6 maka masih tergolong sangat murah. Bahkan setelah harga Samsung Galaxy S6 didiskon sekalipun selisih keduanya masih hampir mencapai Rp 2 juta-an. Namun pantas tidaknya OnePlus 2 diposisikan sebagai alternatif pengganti Samsung Galaxy S6 masih harus dilihat lewat perbandingan berikut.

Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2


Membandingkan Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2

Samsung Galaxy S6 sampai saat ini adalah smartphone tertipis dan teringan di kelasnya. Dengan tebal 6.8 mm serta bobot 138 gram memang OnePlus 2 menjadi tampak lebih tebal, berat sekaligus tinggi dengan ketebalan 9.9 mm dan bobot 175 gram.

Galaxy S6 juga lagi-lagi adalah salah satu smartphone terbaik ketika bicara soal build quality, kombinasi antara bahan logam dan serat kaca makin memperkuat kesan positif serta solid penampilannya.
Soal kesan elegan, OnePlus 2 harus diakui tak mampu bersaing dengan Galaxy S6. Pada sisi lain OnePlus memberikan pilihan cover belakang yang unik sekaligus stylish jauh dari kesan konvensional.

Sayangnya baik Samsung maupun OnePlus sama-sama tidak memberikan casing yang mampu menahan air meresapi ke dalam komponennya.

Pada perbandingan layar, OnePlus 2 unggul dari sisi ukuran karena menggunakan layar 5.5 inch dimana Galaxy S6 hanya 5.1 inch. Di lain sisi ketajaman layar Galaxy S6 jauh lebih baik ketimbang layar OnePlus 2 karena memiliki resolusi setingkat Quad HD sedangkan OnePlus masih bertahan seperti tahun lalu yaitu menampilkan resolusi FHD pada OnePlus 2.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2

Perbandingan Layar Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2

Kedua smartphone kelas high-end dalam perbandingan ini sama-sama menggunakan prosesor octa-core 64 bit meski berasal dari chipset berbeda. Oleh karena gejala overheat selama pengujian maka Samsung pada akhirnya pilih menggunakan chipset buatannya sendiri yaitu Exynos 7420. Sedangkan OnePlus bertahan dengan Snapdragon 810 dan mengklaim mampu mengatasi gejala overheat berkat penggunaan ekstra thermal.

Samsung Galaxy S6 dan OnePlus 2 sampai saat ini juga tercatat sebagai dua dari tiga smartphone yang sudah mengadopsi LDDR-4 RAM, namun OnePlus melangkah sedikit lebih maju dengan menawarkan kapasitas 4 GB pada OnePlus 2 versi 64 GB sementara Samsung masih bertahan pada kapasitas 3 GB.
Baik OnePlus 2 maupun Galaxy S6 tak satupun dari keduanya yang mendukung penggunaan memori eksternal.

Pada poin dukungan konektivitas dan jaringan baik Samsung Galaxy S6 maupun OnePlus 2 sama-sama menyediakan dukungan terhadap 4G LTE, 11ac Wi-Fi dan Bluetooth 4.1. Sekilas tampak tak ada perbedaan antara keduanya pada poin ini, namun jika dilihat lebih seksama maka sebenanya ada beberapa kunci yang membedakan dua smartphone Android kelas high-end tersebut.

Samsung Galaxy S6 menyediakan IR blaster, modul NFC serta jaringan 4G kategori 6 yang secara teoritis lebih cepat dibanding 4G kategori 4 yang didukung pada OnePlus 2. Di sisi lain OnePlus 2 menjadi smartphone pertama dan satu-satunya untuk saat ini yang sudah mengadopsi USB tipe C.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2


Masuk ke perbandingan kamera Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2 keunggulan Galaxy S6 bukan semata-mata berlaku secara teoritis karena nilai MP yang lebih tinggi ketimbang OnePlus 2. Dari sisi perangkat keras dan teknologi Galaxy S6 memang merupakan salah satu yang terbaik, bahkan iPhone 6 pun tak mampu menyamai. Kamera 13 MP pada OnePlus 2 pun sebenarnya masuk dalam kategori istimewa namun belum mampu disejajarkan dengan Galaxy S6.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus 2

Dalam banyak hal sejak awal siapapun sudah bisa menduga bahwa Samsung Galaxy S6 jauh lebih unggul dibanding OnePlus 2 dari berbagai aspek. Namun seperti maksud dari perbandingan lalu, bahwa tujuannya adalah menilai kelayakan OnePlus 2 sebagai alternatif hemat dari flagship smartphone maka dengan mempertimbangkan selisih harga yang sangat mencolok kami menilai OnePlus 2 layak beroleh predikat tersebut.