on

Menimbang Pilihan antara OnePlus 2 vs. iPhone 6 Plus

OnePlus 2 vs. iPhone Plus 6 memang bukan perbandingan apple to apple jika menilik dari spesifikasi serta harga keduanya. Namun demikian oleh karena OnePlus 2 sering mendapat julukan flagship killer atau yang secara bebas diartikan sebagai alternatif pengganti smartphone flagship model maka membandingkan opsi antara keduanya terasa sangat masuk akal dan hampir pasti akan dilakukan oleh calon pembeli manapun pada kenyataannya.

Kehadiran OnePlus 2 beberapa pekan lalu sudah sekian lama dinanti oleh calon konsumen maupun pengamat setelah kesuksesan OnePlus One lebih dari setahun lalu. Produsen smartphone asal Cina yang masih mengandalkan penjualan secara eksklusif melalui invitasi ini melakukan penyempurnaan pada smartphone Android terbaru buatannya termasuk dari sisi desain. Sebagai “flagship killer” mau tak mau pada akhirnya OnePlus 2 berhadapan dengan smartphone kelas high-end termasuk di antaranya adalah iPhone 6 Plus.

Menimbang Pilihan antara OnePlus 2 vs. iPhone 6 Plus


Sekilas Perbandingan OnePlus 2 vs. iPhone 6 Plus

Perbandingan OnePlus 2 vs. iPhone 6 Plus di sini tak hendak melihat mana yang lebih unggul diantara keduanya. Sebab secara kasat mata saja dari berbagai segi sudah jelas iPhone 6 Plus unggul dibanding OnePlus generasi kedua tersebut. Perbandingan ini lebih dimaksudkan untuk melihat apakah memang OnePlus 2 layak diposisikan sebagai alternatif pengganti dari iPhone 6 Plus.

Dari sisi desain di masa lalu OnePlus memang terkenal dengan kelemahannya di sektor ini, namun kondisi tersebut sudah sama sekali berubah lewat generasi kedua smartphone buatan mereka. Material plastik yang mendominasi casing-nya tahun lalu kini sudah digusur oleh aluminium alloy, bahkan tombol-tombol-nya pun sudah dilapis ala steel yang membuat penampilannya menjadi premium. Tak sampai di situ pihak produsen bahkan memberikan opsi desain cover belakang yang beragam sekaligus unik, termasuk dianataranya adalah bamboo dan kevlar.

Desain dan tampilan iPhone 6 Plus sendiri tak perlu dibahas dan dipertanyakan sebab dari tahun ke tahun soal desain selalu menjadi kekuatan utama iPhone disamping fitur kamera yang diusungnya.
Meski demikian, pada poin desain ini adil rasanya menyebut bahwa OnePlus 2 sangat layak dipilih sebagai alternatif iPhone 6 Plus karena nilai estetika desain, ergonomis serta build quality yang nyaris setara.

Untuk fiturnya sendiri OnePlus 2 juga tak kalah dari iPhone 6 Plus karena sudah mengusung sensor pemindai sidik jari. Bahkan smartphone Android buatan pabrikan Cina ini sudah mengadopsi port USB tipe C dimana untuk saat ini rivalnya yang berasal dari Cupertino baru mengadopsi pada satu produknya saja yaitu MacBook keluaran terbaru.

Poin layar merupakan sisi inferior paling mencolok pada perbandingan antara OnePlus 2 vs. iPhone 6 Plus karena pada satu sisi OnePlus masih mengandalkan layar dengan resolusi FHD. Sedangkan iPhone 6 Plus sendiri meski setara dengan OnePlus di atas kertas namun teknologi Retina menjadikan tampilannya jauh lebih memukau.

Masuk ke poin performa kecepatan, OnePlus dengan penuh percaya diri menggunakan chipset Snapdragon 810 alih-alih memilih Snapdragon 808 seperti dilakukan oleh LG G4 atau setidaknya menunggu kelahiran Snapdragon 820 yang konon saat ini sudah di depan mata.
Snapdragon 810 sendiri sejak awal terkenal memiliki gejala overheating yang menjadi alasan utama Samsung enggan menggunakannya pada Galaxy S6. Sampai saat ini baru Sony Xperia Z3+ -lah flagship model smartphone dari pabrikan ternama yang mengandalkan chipset tersebut dan terbukti mengalami masalah dengan panas berlebih.

OnePlus sendiri mengklaim bahwa kondisi serupa takkan terjadi dengan OnePlus 2, karena mereka sudah berhasil mengatasinya dengan menambahkan graphite dan thermal gel. Jika klaim tersebut benar dan terbukti maka secara teoritis OnePlus 2 bakal menjadi smartphone Android tercepat yang ada saat ini dan mungkin setara dengan Galaxy S6 yang menggunakan chipset Exynos.

Namun apakah itu cukup untuk berhadapan dengan chipset A8 yang digunakan oleh iPhone 6 Plus? Sulit untuk dijawab mengingat bahwa kedua smartphone ini mengunakan basis sistem operasi yang berbeda. Terlepas dari sistem operasi itu sendiri, di atas kertas chipset A8 adalah prosesor tercepat untuk performa single-core sebaliknya Snapdragon 810 adalah yang tercepat pada performa multi-core.

Lagi-lagi secara teoritis sejauh ini performa smartphone lebih banyak mengandalkan proses single-core ketimbang multi-core. Karena itu mestinya A8 lebih efisien menggunakan sumber daya ketimbang Snapdragon 810.

Untuk performa multitasking-nya sendiri OnePlus 2 sudah menggunakan LPDDR-4 RAM yang sejauh ini baru ditemukan pada Samsung Galaxy S6 dan ZTE Axon. Sedangkan iPhone 6 Plus masih menggunakan LPDDR-3 RAM. Bukan hanya teknologi RAM yang digunakan OnePlus 2 lebih canggih dan efisien dibanding iPhone 6 Plus namun juga perbandingan kapasitas 4 GB pada versi internal memori 64 GB atau 3 GB pada versi internal memori 16 GB sudah barang tentu melampaui LPDDR4- RAM 1 GB pada iPhone 6 Plus.

Pada poin perbandingan kamera OnePlus 2 vs. iPhone 6 Plus sedikit mengecewakan bahwa OnePlus tak jadi mengusung kamera super canggih sebagaimana dirumorkan sebelum rilis resminya. Alih-alih pabrikan tersebut masih menggunakan kamera ber-sensor 13 MP yang meski nilainya lebih tinggi dari kamera 8 MP pada iPhone 6 Plus namun kemampuannya memproduksi foto masih kalah.

Hanya saja OnePlus mencoba mengkompensasi kekurangan tersebut dengan menempatkan nilai aperture lebih luas yaitu f/2.0, laser auto focus dan OIS.
Kamera iPhone 6 Plus sendiri sejauh ini hanya mampu ditaklukan oleh kamera LG G4 dan Samsung Galaxy S6. Bukan kualitas foto saja yang menjadi keunggulan kamera iPhone 6 Plus namun juga kemampuannya mengoptimalkan penangkapan cahaya yang menjadi kamera smartphone ini cukup handal kala digunakan di dalam ruangan atau kondisi pencahayaan kurang ideal. Kemudahan dalam mengoperasikan adalah sisi positif lain dari kamera iPhone.

Singkatnya OnePlus 2 masih belum bisa mengungguli atau bahkan menyetarakan diri dengan iPhone 6 Plus pada point ini. Namun mengingat perbedaannya tidaklah terlalu besar dan banderol harga OnePlus 2 juga jauh lebih murah maka tetap layak memosisikannya sebagai opsi pengganti iPhone 6 Plus.

Kesimpulan Perbandingan OnePlus 2 vs. iPhone 6 Plus

Harga iPhone 6 Plus vs. OnePlus 2
iPhone 6 Plus OnePlus 2
Harga iPhone 6 Plus Harga OnePlus 2
Sony Xperia Z2 beli sekarang


“Different Device with Different Price”, itulah slogan yang diperkenalkan OnePlus kala merilis OnePlus 2 secara resmi. Faktanya itulah memang yang terjadi saat ini, harga OnePlus 2 hanya setengah dari harga iPhone Plus.

Menilik perbandingan di atas yang dijabarkan dalam beberapa point mudah sekali mengambil kesimpulan bahwa OnePlus 2 lebih dari layak disebut sebagai “flagship killer” termasuk menjadi opsi hemat dari iPhone 6 Plus selama Anda tidak bermasalah dengan sistem operasi Android. Toh faktanya dalam dua tahun terakhir sistem operasi Android mencatat prestasi yang tak kalah baik dari iOS pada sisi user-friendly. Bahkan dalam sebuah penelitian yang belum lama ini dipublikasikan terbukti sistem operasi Android 5 lebih stabil ketimbang iOS 7 kecuali kala digunakan di Tablet.