on

OnePlus 2 Resmi Dirilis: Apa Saja yang Baru?

Mengambil tempat di San Fransisco, salah satu produsen smartphone asal Cina OnePlus merilis flagship model terbaru mereka yang sudah sekian lama menjadi buah bibir yaitu OnePlus 2 pada akhir bulan Juli 2015. Rumor seputar spesifikasi dan fitur OnePlus 2 dalam beberapa bulan terakhir mendominasi dunia maya dan tak kalah hebohnya dengan rumor kala Samsung atau Apple hendak memperkenalkan produk terbaru mereka.

Akhirnya tepat 460 hari setelah rilis flagship model pertama mereka yaitu OnePlus One, resmi sudah diperkenalkan sang penerus yang disebut-sebut bakal sanggup menggoyang penjualan flagship model smartphone dari merek-merek ternama termasuk Apple, Samsung, LG serta Sony. Meski waktu penantian ini cukup panjang karena sudah lewat dari setahun, namun menurut para reviewer semua penantian tersebut sangatlah layak. Seperti apa sebenarnya OnePlus 2? Berikut adalah impresi awal terhadap smartphone Android yang semenjak generasi pertamanya akrab dengan sebutan ”Flagship Killer” tersebut.

Pengalaman OnePlus 2


Impresi Awal Terhadap OnePlus 2

Tersingkir sudah bingkai plastik yang tahun lalu menjadi ciri khas sekaligus sedikit kekurangan pada OnePlus One pada sisi estetika. Kali ini penerusnya, OnePlus 2 menggunakan bingkai dengan material magnesium yang mendongkrak kesan premium secara signifikan. Kali ini sang produsen bahkan melengkapinya dengan “StyleSwap” yang memungkinkan pemilik OnePlus 2 menggonta-ganti cover casing untuk memberi nuansa baru tanpa memerlukan peralatan bantu.

Selain Sandstone Black yang tahun lalu menjadi andalan OnePlus One kini tersedia pula motif cover Black Apricot, Kevlar, Bamboo dan Rosewood.

Jual OnePlus 2

Sayangnya masuk di fitur layar OnePlus masih enggan memberikan resolusi QHD yang sudah diterapkan oleh hampir semua smartphone flagship model keluaran tahun ini. OnePlus berkilah bahwa mayoritas pengguna bahkan tak menyadari perbedaan antara resolusi QHD dengan FHD. Walau demikian ketajaman warna, tingkat kontras serta brightness-nya tetaplah mengaggumkan. Layar OnePlus 2 bisa terbaca dengan jelas di bawah paparan sinar matahari sekalipun.

Review OnePlus 2

Beberapa ubahan baru yang ditawarkan oleh OnePlus 2 adalah dukungan USB tipe C yang tak lain adalah versi terkini dari port USB yang berfungsi melakukan transfer data maupun pengisian ulang daya baterai. Kamera 13 MP pada bagian belakang selain didampingi oleh OIS juga didampingi oleh dual LED laser flash yang konon meningkatkan kemampuan kamera kala mengabadikan objek di dalam ruangan atau pada malam hari. Sedangkan di bagian depan terdapat pula kamera sekunder dengan sensor 5 MP.

Kamera OnePlus 2


Untuk meningkatkan kemampuan kamera utama dalam menghasilkan kualitas foto lebih baik sekaligus meminimalisir distorsi maka OnePlus menggunakan enam lensa. Kala digunakan untuk merekam klip selain mendukung video dengan resolusi 4K kamera ini juga mendukung mode gerak lambat dalam resolusi 720 pixels pada 120 fps.

Peningkatan spesifikasi tentu membawa dampak samping bagi performa baterai, karena itu kali ini OnePlus 2 mengusung baterai dengan kapasitas 3.300 mAh yang secara teoritis mestinya sanggup bertahan selama sehari dalam pemakaian normal meski kami sendiri belum bisa berkomentar karena belum melakukan pengujian stamina baterai secara langsung.

Sensor sidik jari masih menjadi fitur andalan lain pada OnePlus 2, OnePlus mengklaim bahwa kinerjanya sekitar 0.5 detik lebih cepat dibanding sensor serupa pada iPhone 6. Meski kami tak terlalu yakin dengan klaim tersebut namun satu hal yang pasti adalah bahwa kinerja, kemudahan dalam melakukan setup maupun mengoperasikan sama sekali tak berbeda dari fitur serupa milik iPhone 6.

Spesifikasi dan Harga OnePlus 2

OnePlus 2 juga adalah smartphone Android pertama di dunia yang menjalankan sistem operasi buatan OnePlus sendiri yaitu Oxygen OS yang berbasis Android 5.1. Meski statusnya adalah sistem operasi buatan OnePlus namun tak perlu khawatir, sebab fitur-fitur mendasar yang dimiliki oleh Android tetap tersedia di sini.

Oxygen OS memang belum mencapai potensi puncaknya karena usianya masih sangat belia, namun jika dibandingkan dengan FireOS yang dikembangkan oleh Amazon maka meski pada tahap ini pun sudah terlihat bahwa level Oxygen OS beberapa tingkat berada di atasnya.

OnePlus 2 Indonesia

Kesimpulan Impresi Awal OnePlus 2

Cek Harga dan Ketersediaan OnePlus 2
Smartphone OnePlus 2
Harga Smartphone OnePlus 2 Indonesia
OnePlus 2


Saat ini harga OnePlus 2 dibanderol mulai dari $329 dan akan mulai tersedia pada pekan kedua bulan Agustus 2015 ini. Harga tersebut terbilang sangat murah jika melihat berbagai kebaruan yang dimiliki dibanding OnePlus One, belum lagi kualitas serta fitur yang sanggup mengancam smartphone merek mapan yang notabene banderolnya jauh lebih mahal.