on

Komparasi Samsung Galaxy J7 vs. Samsung Galaxy E7

Smartphone Samsung Galaxy terbaru yang hadir dalam wujud Galaxy J7 selain menambah panjang daftar portofolio produk Samsung Mobile juga memberi opsi yang lebih luas bagi konsumen. Resmi dirilis pekan lalu banderol harga Galaxy J7 juga tak beda jauh jika dibanding harga Galaxy E7 yang sudah lebih dahulu beredar di pasar.

Persamaan antara Samsung Galaxy J7 dan Galaxy E7 tampak bukan saja dari desain namun juga fakta bahwa keduanya sama-sama mendukung dual SIM card. Pihak pabrikan pun menyebut bahwa sama seperti Galaxy E7, Galaxy J7 pun dimaksudkan sebagai smartphone Android kelas menengah. Lantas apa saja yang membedakan antara keduanya? Berikut kami sajikan komparasi Samsung Galaxy J7 vs. Samsung Galaxy E7 yang mungkin bisa membantu mengidentifikasi perbedaan keduanya.

Perbandingan Samsung Galaxy J7 vs. Samsung Galaxy E7


Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy J7 vs. Samsung Galaxy E7

Di atas kertas performa Samsung Galaxy J7 lebih menjanjikan ketimbang Galaxy E7. Pasalnya chipset Snapdragon 615 berikut GPU Adreno 405 dan prosesor octa-core yang terintegrasi memang dirancang lebih efektif ketimbang Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core dan GPU Adreno 306 yang menjadi andalan Samsung Galaxy E7. Di beberapa pasar tertentu Galaxy J7 juga hadir dengan chipset Exynos 7580 yang memiliki prosesor octa-core serta GPU Mali-T720MP2 terintegrasi. Terlepas mana yang masuk di Indonesia namun pastinya keduanya sama-sama lebih menjanjikan ketimbang Samsung Galaxy E7.

Meski unggul di sektor performa kecepatan namun ketika memperbandingkan layar Samsung Galaxy J7 vs. Samsung Galaxy E7 ternyata tak banyak perbedaan. Keduanya sama-sama mengusung layar berukuran 5.5 inch dengan teknologi yang sama (Super AMOLED) serta resolusi yang sama pula. Malahan Galaxy E7 sudah dilapis oleh Corning Gorilla Glass 4.

Galaxy E7 lagi-lagi unggul pada poin performa multitasking sebab smartphone kelas menengah ini memiliki kapasitas RAM 2 GB dimana Galaxy J7 minus 500 MB terhadapnya. Pada perbandingan media penyimpanan Samsung Galaxy J7 unggul tipis karena memori eksternalnya mendukung hingga kapasitas 128 GB sedangkan Galaxy E7 secara teoritis hanya sanggup membaca hingga 64 GB.

Kesamaan keduanya kembali berlanjut pada fitur kamera karena sama-sama menggunakan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP, bedanya jika pada Galaxy J7 kamera sekundernya sudah dilengkapi dengan LED flash hal yang sama belum ditemukan pada Galaxy E7.

Meski kapasitas baterai keduanya hanya berselisih tipis yaitu 3000 mAh pada Galaxy J7 dan 2950 pada Galaxy E7 namun beberapa konsumen kemungkinan cenderung menjatuhkan pilihan pada Galaxy J7 karena menggunakan baterai tipe removable.

Perbedaan tipis pada dukungan konektivitas menjadikan Galaxy J7 sedikit unggul karena Bluetooth-nya sudah mengadopsi versi 4.1 sedangkan Galaxy E7 masih versi 4.0.
Samsung Galaxy J7 yang dirilis belakangan diuntungkan karena sudah menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop sedangkan hingga saat ini Galaxy E7 masih menjalankan Android 4.4.4 KitKat.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Samsung Galaxy J7 vs. Samsung Galaxy E7

Meski pada point tertentu Samsung Galaxy E7 unggul atas Galaxy J7 dan pada sebaliknya pada point lain Galaxy J7 lebih unggul namun bisa disimpulkan bahwa secara umum Galaxy J7 lebih layak diunggulkan dalam perbandingan ini dan sebagian besar diantaranya disebabkan karena memang Galaxy J7 hadir belakangan