on

Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. Sony Xperia Z5 Compact

Lewat perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. Sony Xperia Z5 Compact kali ini hendak dipelajari apakah Sony mampu mempertahankan reputasi positif yang dicapai tahun lalu. Hingga Xperia Z5 Compact dirilis, Xperia Z3 Compact masih dianggap sebagai smartphone Android terbaik yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Jepang itu. Bahkan di segmen smartphone kompak kelas high-end ponsel tersebut masih belum ada tandingannya sampai saat ini.

Seperti disinggung dalam review Sony Xperia Z5 Compact lalu bahwa Sony memperkenalkannya bersamaan dengan Xperia Z5 dan Xperia Z5 Premium pada gelaran IFA 2015 di Berlin. Meski versi Compact ini tak mengusung layar resolusi 4K namun dimensi masih menjadi key selling point yang diyakini bakal menarik mayoritas konsumen pria seperti tahun lalu. Di segmen ini Xperia Compact masih tanpa lawan sebab Galaxy S5 Mini, LG G4c, Huawei P8 Lite dan sebagainya memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah. Namun benarkah Sony Xperia Z5 Compact layak dipertimbangkan mengganti Sony Xperia Z3 Compact?

Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. Sony Xperia Z5 Compact


Mengulas Perbedaan Sony Xperia Z3 Compact vs. Sony Xperia Z5 Compact

Dari sisi desain tampak ada beberapa perbedaan minor antara Sony Xperia Z3 Compact dengan Xperia Z5 Compact. Paling kentara adalah berubahnya finishing warna hijau menjadi kuning. Namun ubahan sesungguhnya terletak pada desain tombol daya dimana pada Xperia Z5 Compact bukan saja bentuknya sedikit berubah namun sekaligus juga dimaksudkan mengakomodasi sensor pemindai sidik jari yang kini menjadi salah satu fitur unggulan dari Xperia Z5 Compact.

Dalam rangka memberi ruang bagi sensor tersebut maka tombol pengatur volume berikut tombol kamera digeser sedikit menjauh dari tombol daya. Bagian tepi pada Xperia Z5 Compact terasa lebih rata dibanding pendulunya, demikian pula flap yang melindungi port kini sudah disingkirkan atas nama kepraktisan.

Perbedaan dimensi antara Sony Xperia Z3 Compact vs. Sony Xperia Z5 Compact sendiri hanya sedikit berbeda. Jika tahun lalu Xperia Z3 Compact tercatat memiliki dimensi 127 x 64.9 x 8.6 mm maka kini penerusnya hanya bertambah beberapa mili menjadi 127 x 65 x 8.9 mm. Bobotnya pun hanya bertambah sekitat 9 gram dibanding Xperia Z3 Compact. Sama seperti sebelumnya, casing smartphone terbaru keluaran Sony ini sudah mengantongi sertifikasi IPS65/IP68.

Di sektor layar, sementara Apple terbukti menelan ludah sendiri dengan memperlebar ukuran layar iPhone 6 tidak demikian halnya dengan Sony untuk seri Compact. Sony Xperia Z5 Compact masih mempertahankan layar berukuran 4.6 inch dengan resolusi serta kepadatan warna yang juga tidak berubah.

Sony sama sekali tak melakukan ubahan pula pada sisi teknologi, TRILUMINOS dan Z Reality masih menjadi teknologi yang diandalkan pada layar Xperia Z5 Compact seperti halnya Xperia Z3 Compact tahun lalu. Jika membandingkan keduanya secara bersamaan memang kentara tak ada beda sama sekali.

Jika Anda mencari penyempurnaan signifikan Sony Xperia Z5 Compact dibanding Xperia Z3 Compact selain keberadaan sensor pemindai sidik jari silakan menengok pada fitur kamera. Bersama Xperia Z5 dan Xperia Z5 Premium, untuk pertama kalinya produsen elektronik asal Jepang itu memperbarui modul kamera Sony Xperia seri Z setelah bertahan selama beberapa tahun. Kali ini sensor 23 MP dengan laser autofocus menjadi andalannya. Sementara pada bagian depan terdapat kamera sekunder 5 MP yang juga merupakan lompatan besar mengingat tahun lalu Xperia Z3 Compact hanya menggunakan kamera sekunder 2.2 MP.

Mode-mode yang menyertainya sendiri tidak banyak berubah, karena itu pengguna Xperia Z3 Compact takkan merasa asing dengan perangkat lunak yang menjalankan kamera Xperia Z5 Compact ini.

Ubahan lain yang tak kalah penting adalah penggunaan chipset Snapdragon 810 serta baterai yang kapasitasnya membengkak 100 mAh dibanding Xperia Z3 Compact.

Pada sektor perangkat lunak meski sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop namun pengalaman yang diberikan secara umum masih serupa dengan Xperia Z3 Compact.

Kesimpulan Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact vs. Sony Xperia Z5 Compact

Perbedaan antara Sony Xperia Z3 Compact vs. Sony Xperia Z5 Compact mungkin tampak tidak seberapa, namun cukup masuk akal jika sang produsen tidak melakukan langkah terlalu drastis pasalnya hingga saat ini pun Xperia Z3 Compact masih tanpa lawan dan melakukan ubahan revolusioner justru beresiko tinggi.

Bagaimanapun penyempurnaan di sektor performa kecepatan, modul kamera serta penambahan sensor pemindai sidik jari merupakan langkah penting, Sony tidak tinggal diam meski di segmen yang minim kompetitor sekalipun.