on

Kandidat Smartphone Android Kelas Menengah Terbaik Tahun Ini: Sony Xperia M5

Kandidat smartphone kelas Android kelas menengah terbaik tahun ini sebenarnya cukup banyak. Sebab di segmen mid-end ini ada cukup banyak pemain kuat yang layak dimasukkan ke daftar. Sebut saja OnePlus 2, Motorola Moto X Pure, Asus Zenfone Selfie, Lenovo Vibe Shot, Meizu Pro 5 serta Samsung Galaxy A8. Namun sampai saat ini Sony Xperia M5-lah yang tampak merupakan kandidat terbaik di antara nama-nama yang ada.

Meski hadir belakangan namun Sony mempersenjatai Xperia M5 dengan spesifikasi serta fitur yang membuatnya layak dinominasikan sebagai smartphone kelas mid-end terbaik tahun ini. Meski tidak secara terus terang menyebut dirinya sebagai “flagship killer”namun kentara sekali bahwa Sony Xperia M5 dimaksudkan oleh sang produsen bukan saja untuk mendominasi segmen menengah namun pula “menjegal” smartphone model flagship.



Mengupas Desain dan Spesifikasi Smartphone Kelas Menengah Terbaik Sony Xperia M5

Sony Xperia M5 Dual specs

5-inch IPS 1080p LCD display, 441ppi
7.6 mm thickness, 142.6g weight
scratch-resistant glass
MediaTek MT6795 Helio X10
3GB of RAM
16GB internal storage, microSD up to 200GB
21.2MP 5312 x 3984 pixels, phase detection autofocus
13MP, 1080p@30fps video
4G LTE Dual SIM, WiFi n, Bt 4.1, FM Radio, GPS, GLONASS
Android 5.0 Lollipop
2600mAh battery
Black, White, Gold


Penampilan Sony Xperia M5 tampak banyak mengambil insipirasi dari Xperia Z3 termasuk casing-nya yang dirancang anti air. Dalam beberapa hal tampak pula kesamaannya dengan Xperia M4 Aqua, kecuali beberapa ubahan detil seperti penempatan mouthpiece serta earpiece pada bagian depan. Slot SIM card dan microSD card kini diletakkan pada sisi kiri, sementara port USB bersama mono speaker diposisikan di bawah.

Peningkatan yang signifikan dibandingkan Xperia M4 Aqua bisa dilihat dari modul kamera sekunder yang tidak lagi mengandalkan sensor 5 MP namun ditingkatkan menjadi 13 MP untuk menarik minat kelompok usia muda yang gemar berfoto selfie dan wefie. Sementara itu di bawah layarnya kini tampak kosong karena Sony pilih mengadopsi on-screen keys pada smartphone kelas menengah terbarunya ketimbang physical buttons.


Sony Xperia M5

Sama halnya seperti Xperia Z3+, Xperia M5 pun mengadopsi permukaan tipe glossy. Namun karena selisih harga keduanya memang signifikan maka Xperia M5 masih menggunakan material plastik untuk casing depan serta belakang. Walau demikian berbeda dengan Xperia M4 Aqua yang casing-nya mudah kusam oleh tangan, casing Xperia M5 lebih mampu menahan kotoran dan kalaupun pada akhirnya menjadi kotor maka proses pembersihannya relatif lebih mudah ketimbang pendahulunya itu.

Secara keseluruhan desain serta build quality Sony Xperia M5 layak diapresiasi, dan sulit menemukan cacat dari poin ini untuk menjadi bahan kritikan.

Walau demikian, keunggulan utama dari Sony Xperia M5 bukan terletak pada desain serta build quality. Setidaknya dalam sudut pandang kami, justru layar 5 inch dengan resolusi FHD-lah yang pantas menjadi key selling point smartphone kelas menengah terbaru andalan Sony ini. Pasalnya dengan tingkat kepadatan warna mencapai 441 ppi, tercatat sampai saat ini tidak ada handphone sekelas yang sanggup menyamainya apalagi mengungguli.

Layar Sony Xperia M5

Dengan mengandalkan teknologi Bravia yang tersohor itu baik kualitas gambar, reproduksi warna, viewing angles serta kemampuannya mengkopensasi cahaya kala digunakan di luar ruangan sangat sempurna sekaligus memukau. Di atas kertas hampir semua smartphone sekelasnya menawarkan tingkat resolusi yang sama, namun kala dibandingkan secara langsung maka kualitas layar Sony Xperia M5 tampak begitu superior dibanding rival-rivalnya termasuk Galaxy A8 sekalipun.

Jika itu masih belum dirasa cukup maka Sony masih punya senjata andalan lainnya berupa modul kamera utama 21.2 MP serta kamera sekunder 13 MP.

Kamera utamanya terbukti mampu menghasilkan kualitas foto yang tajam, detil dengan reproduksi warna akurat. Bahkan sekali lagi tanpa ragu kami berani menyebut bahwa Sony Xperia M5 adalah smartphone kelas menengah dengan kamera terbaik saat ini. Pihak pabrikan mengklaim fitur auto focus pada kamera Xperia M5 hanya membutuhkan waktu 0.02 detik yang mengunci objek, dan kala diuji terbukti klaim tersebut bukan omong kosong belaka.

Ketika diperbandingkan dengan kamera Asus Zenfone Selfie, Lenovo Vibe Shot serta OnePlus 2 kentara sekali bahwa kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Xperia M5 jauh melampaui ketiga kompetitornya itu. Tingkat ketajaman detil, kecepatan fokus serta dynamic range merupakan tiga hal utama yang membedakan dengan kamera smartphone sekelasnya. Bahkan secara subjektif kami menilai kualitasnya sedikit lebih baik dibanding Samsung Galaxy Note 5, namun biarlah Anda sendiri yang menilai dan membuktikannya.

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia M5

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia M5

Hasil Foto Sony Xperia M5

Oleh karena Sony Xperia M5 juga menjadi satu-satunya kandidat smartphone kelas mid-end terbaik tahun ini yang sudah menggunakan chipset MediaTek Helio X10 maka ia sekaligus menjadi salah satu smartphone kelas menengah yang kameranya sanggup merekam video dalam resolusi 4K atau UHD yang selama ini baru dimiliki oleh smartphone kelas high-end.

Perpaduan antara chipset Helio X10 dan RAM berkapasitas 3 GB memang tak lantas membuat performa kecepatan Sony Xperia M5 layak diperbandingkan dengan smartphone kelas high-end yang harganya rata-rata hampir dua kali lipat lebih mahal. Namun dalam keseharian termasuk menjalankan game, aplikasi kompleks serta memutar video dalam format UHD tidak muncul gejala lag.

Smartphone Android Kelas Menengah Terbaik

Satu hal yang mungkin membuat calon konsumen merasa ragu menjatuhkan pilihan pada Sony Xperia M5 dibanding kompetitor sekelasnya adalah fakta bahwa pabrikan asal Jepang itu hanya memberikan mono speaker yang posisinya pun tidak dibuat menghadap ke depan. Namun pada prakteknya speaker tunggal ini sanggup menghasilkan kualitas audio yang keras dan jernih.

Sayang sekali baterai Sony Xperia M5 belum dilengkapi fitur fast-charging, namun beruntung staminya baterai berkapasitas 2600 mAh ini tergolong sangat baik. Dalam penggunaan normal sanggup bertahan dua hari, sedangkan untuk penggunaan agresif termasuk bermain game, internet sepanjang hari, browsing, bertelepon dan memutar film baterainya dengan mudah bertahan selama sehari.

Layakkah Sony Xperia M5 Menjadi Smartphone Android Terbaik Tahun Ini?

Harga Sony Xperia M5 yang dibanderol di kisaran Rp 7.5 juta-an mungkin merupakan satu-satunya alasan calon konsumen mengurungkan niat membeli smartphone kelas menengah buatan Sony dibanding merek lain. Namun bagi kami, selama budget yang Anda miliki memenuhi syarat maka harga tersebut sangat masuk akal. Build quality yang solid, layar serta kamera yang terbaik di kelasnya lebih dari cukup sebagai alasan.

Layakkah Sony Xperia M5 menjadi smartphone kelas menengah terbaik tahun ini? Sebelum kehadirannya kami selalu menjagokan Motorola Moto X Style sebagai smartphone terbaik di kelas ini, namun kini tanpa ragu kami memberikan suara untuk Sony Xperia M5.