on

Asus Zenfone Selfie: Kamera Smartphone Selfie Terbaik?

Asus Zenfone Selfie tercatat sebagai the most anticipated selfie phone semenjak pertama kali resmi diperkenalkan oleh produsen handphone asal Taiwan tersebut. Sama halnya seperti pabrikan lain, Asus pun melihat fenomena berfoto selfie, groufie serta wefie sebagai ceruk pasar baru yang memiliki potensi besar.

Asus Zenfone Selfie bukan satu-satunya dan bukan pula menjadi yang pertama mencoba meladeni kecenderungan yang sudah menjadi ceruk pasar tersebut. Sony, Lenovo, Samsung dan bahkan beberapa produsen kurang ternama pun sudah lebih dahulu mencoba menggarapnya. Lantas apa yang menjadi keunggulan Asus Zenfone Selfie sehingga sang produsen merasa produknya masih memiliki peluang?

Spesifikasi dan harga Asus Zenfone Selfie


Membedah Spesifikasi Asus Zenfone Selfie



Zenfone Selfie specs

5.5-inch IPS 1080p FHD display, 403ppi
10.8mm thickness, 170g weight
Cornings Gorilla Glass 4, oleophobic coating
Qualcomm Snapdragon 615
2 GB of RAM for the 16GB variant, 3GB of RAM for the 32GB variant
16/32GB internal storage, microSD up to 64GB
13MP rear shooter, 4128 x 3096 pixels, laser autofocus, dual-LED flash (dual-tone
13MP selfie shooter, 1080p video, dual-LED flash
Dual-SIM, Wifi ac, BT 4.0, GPS, GLONASS, NFC
Android 5.0 Lollipop
3000mAh battery

Seperti halnya semua lini produk Asus Zenfone yang dirilis tahun ini, dari sisi tampilan tak tampak ada perbedaan antara Asus Zenfone Selfie dengan Asus Zenfone 2 maupun seri Zenfone lainnya. Sisi positifnya, konsumen setia Zenfone tak bakal perlu beradaptasi terhadap desain maupun tata letak tombol-tombolnya.

Asus Zenfone Selfie mengusung layar IPS LCD berukuran 5.5 inch yang dibingkai oleh bezel berbahan logam serta cover belakang dengan material polycarbonate. Perbedaan Asus Zenfone Selfie dibandingan seri Zenfone lainnya terlihat pada kamera depan dengan lensa yang lebih lebar karena memang handphone terbaru Asus ini dimaksudkan untuk aktivitas selfie.

Bukan hanya lensa lebar yang membuatnya unggul sebagai handphone selfie, namun peletakkan lensa yang tepat berada di tengah memberikan kelebihan tersendiri dalam mendukung aktivitas (selfie) tersebut.

Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone Selfie

Cover belakang yang tersedia dalam beberapa opsi dengan warna mencolok meski tak memberi kesan premium namun sangat pas dengan target market yang dibidik yaitu kelompok usia muda. Tebal yang mencapai 10,8 mm serta bobot 170 gram memang menjadikan Asus Zenfone Selfie terasa tebal dan berbobot namun desain mengkurva pada cover belakang membuatnya tetap nyaman mendukung aktivitas serta mobilitas.

Layar 5.5 inch-nya sendiri menampilkan resolusi FHD sebagaimana layar pada varian termahal Zenfone 2. Akurasi serta ketajaman warnanya tidak perlu diragukan, namun kelemahan layar Zenfone 2 otomatis juga diturunkan yaitu viewing angles yang di bawah ekspektasi untuk ukuran layar IPS serta tingkat kecerahan yang tak cukup mengkompensasi kala digunakan di luar ruangan. Layar ini sudah dilapis oleh Corning Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir goresan yang mungkin terjadi selama penggunaan.

Asus Zenfone Selfie Indonesia

Di sektor fitur kamera, Asus Zenfone Selfie tercatat sebagai smarphone pertama yang kamera utama serta kamera sekundernya mengandalkan sensor setara, yaitu 13 MP. Karenanya secara teoritis, performa serta kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera primer serta kamera sekunder Asus Zenfone Selfie bisa dikatakan setara.

Contoh foto kamera Asus Zenfone Selfie

Hasil Kamera Asus Zenfone Selfie

Kala diuji secara langsung ternyata keduanya tidak benar-benar sama, sebab kamera primer Asus Zenfone Selfie sudah dilengkapi dengan fitur beautification yang terbukti secara signifikan meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan. Namun dari sisi performa, auto-focus kamera primernya bekerja lebih lambat dibanding fitur serupa pada kamera primer.

Android 5.0 Lollipop yang dijalankan oleh Asus Zenfone Selfie terasa fluid dengan waktu loading yang wajar untuk smartphone sekelasnya. Asus menempatkan beberapa aplikasi bawaan, beberapa diantaranya sangat bermanfaat sementara sisanya nyaris tak diperlukan oleh mayoritas pengguna.

Untuk kesekian kalinya Asus berpisah dengan Intel, kali ini Snapdragon 615-lah yang dipilih untuk menjadi jantung performa Zenfone Selfie bersama dengan RAM berkapasitas 3 GB. Sang produsen sendiri menegaskan bahwa mereka tidak pernah mem-favoritkan chipset tertentu sehingga selalu terbuka kemungkinan menggunakan chipset dari produsen berbeda di setiap produk demi mengoptimalkan performa produk itu sendiri.

Asus Zenfone Selfie masih menggunakan speaker tunggal, namun kualitas suara yang dihasilkan relatif jernih dan keras meski tidak istimewa. Setidaknya kualitas audio Asus Zenfone Selfie masih lebih baik dibanding Lenovo Vibe Shot yang notabene dibanderol lebih mahal.

Smartphone Selfie Terbaik

Stamina baterai Zenfone Selfie juga termasuk istimewa, kala digunakan merekam video non-stop baterainya sanggup bertahan selama 2 jam. Catatan waktu ini menunjukkan bahwa performa baterainya lebih baik dibanding Zenfone 2.

Opini untuk Asus Zenfone Selfie


Harga Asus Zenfone Selfie
Harga Asus Zenfone 2 Selfie
Jual Asus Zenfone 2 ZE551ML

Asus Zenfone Selfie bukan smartphone sempurna, kualitas kamera utamanya masih di bawah Lenovo Vibe Shot. Namun demikian dengan banderol harga Asus Zenfone Selfie yang relatif lebih terjangkau, kualitas foto kamera primer yang istimewa untuk ukuran smartphone kelas mid-end serta performa fluid menjadikannya sebagai salah satu yang layak dipertimbangkan saat ini.