on

Apa Perbedaan Sony Xperia M5 vs. Sony Xperia M4 Aqua?

Perbedaan atau perbandingan antara Sony Xperia M5 vs. Sony Xperia M4 Aqua senantiasa muncul di benak calon konsumen kala mempertimbangkan untuk membeli smartphone kelas mid-end dari produsen handphone asal Jepang tersebut. Usia Sony Xperia M4 Aqua sendiri sebenanrnya masih terbilang belia namun Sony memutuskan untuk merilis penerusnya yaitu Xperia M5. Kenyataan ini membuat pemilik Xperia M4 Aqua pun bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan antara kedua smartphone kelas menengah buatan Sony tersebut?

Sony Xperia M5 sendiri merupakan kandidat kuat smartphone kelas menengah terbaik tahun ini. Maka cukup wajar jika pemilik Xperia M4 Aqua merasa penasaran dan mempertimbangkan perlu tidaknya bagi mereka untuk meng-upgrade smartphone-nya dengan Xperia M5. Artikel kali ini akan mengupas perbedaan Sony Xperia M5 vs. Sony Xperia M4 Aqua dengan harapan memberi gambaran bagi pembaca yang sedang mempertimbangkan baik upgrade Xperia M4 Aqua ke Xperia M5 maupun memilih salah satu dari keduanya.

Perbedaan Sony Xperia M5 vs. Sony Xperia M4 Aqua


Menelusur Perbedaan Sony Xperia M5 vs. Sony Xperia M4 Aqua


Spesifikasi Sony Xperia M4 Aqua Dual


Spesifikasi Sony Xperia M5 Dual

5-inch HD IPS display, 294ppi 5-inch IPS 1080p LCD display, 441ppi
7.3mm thick, 135g 7.6 mm thickness, 142.6g weight
Water & dust proof up 1.5m and 30min, metal frame, all glass scratch-resistant glass
Snapdragon 615 1-1.5GHz octacore chipset MediaTek MT6795 Helio X10
2GB RAM 3GB of RAM
8/16GB internal, microSD card up to 128GB 16GB internal storage, microSD up to 200GB
13MP camera, 1080p video, HDR, LED flash 21.2MP 5312 x 3984 pixels, phase detection autofocus
5MP selfie camera, 720p video 13MP, 1080p@30fps video
4G LTE Dual SIM, WiFi n Bt 4.1, FM Radio, GPS 4G LTE Dual SIM, WiFi n, Bt 4.1, FM Radio, GPS, GLONASS
Android 5.0 Lollipop Android 5.0 Lollipop
2400mAh battery 2600mAh battery
Black, White, Silver, Coral/Pink Black, White, Gold

Hal mula-mula yang kentara membedakan Sony Xperia M5 dengan Xperia M4 Aqua adalah layarnya. Meski sama-sama menggunakan layar IPS LCD berukuran 5 inch namun pada Xperia M5 resolusinya sudah meningkat menjadi FHD. Memang sebenarnya kualitas layar Xperia M4 Aqua yang memiliki resolusi HD pun masih terbilang baik untuk ukuran saat ini, namun kala membandingkan keduanya secara bersamaan seketika tampak bagaimana layar Xperia M4 Aqua menjadi inferior.

Perbandingan Spesifikasi Sony Xperia M5 vs. Sony Xperia M4 Aqua

Fitur kamera pun turut dijamah, karenanya perbedaan antara Xperia M5 vs. Xperia M4 Aqua pada poin ini menjadi demikian mencolok. Sekedar pengingat saja bahwa kamera Xperia M4 Aqua sebelumnya merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya, bagaimanapun performa serta kualitas foto yang dihasilkan tak mampu bersaing dengan modul kamera 21.5 MP milik Xperia M5. Tak hanya kamera primer yang membuat jarak keduanya mencolok, sebab sementara Xperia M4 Aqua masih menggunakan kamera sekunder 5 MP penerusnya sudah menggunakan modul kamera sekunder 13 MP yang notabene setara dengan kamera primer Xperia M4 Aqua.

Bukan saja kamera Xperia M5 mampu menghasilkan kualitas foto lebih detil dengan reproduksi warna lebih baik, namun kamera ini juga sudah mampu merekam video dalam resolusi 4K yang artinya sama seperti kamera iPhone 6s. Padahal harga Xperia M5 jelas jauh lebih murah dibanding smartphone kelas high-end manapun.

Pilih Sony Xperia M5 atau. Sony Xperia M4 Aqua?

Namun bukan berarti perubahan yang ditawarkan oleh Sony Xperia M5 menuju ke arah positif, setidaknya dalam kacamata konsumen. Satu hal yang sering mengganjal hati berdasar persepsi konsumen adalah perubahan dari chipset Snapdragon 615 yang sebelumnya menjadi andalan Xperia M4 Aqua menjadi MediaTek MT6795. Bagi sebagian besar konsumen chipset MediaTek masih dipersepsi levelnya satu kelas di bawah Qualcomm.

Pada sisi lain kapasitas RAM Xperia M5 membengkak dari 2 GB menjadi 3 GB demikian pula kapasitas baterainya bertambah dari 2400 mAh menjadi 2600 mAh.

Kesimpulan Perbedaan Sony Xperia M5 vs. Sony Xperia M4 Aqua

Dari penelusuran perbedaan antara Sony Xperia M5 vs. Sony Xperia M4 Aqua di atas jelas sekali bahwa Xperia seri M berubah dari smartphone kelas menengah menjadi sebuah flagship killer. Kualitas, fitur serta spesifikasinya meningkat pesat, namun demikian pula dengan harganya.

Sementara itu meski sudah muncul penggantinya, Sony Xperia M4 Aqua tetap sebuah smartphone kelas menengah yang terbilang up to date hingga hari ini. Alasan Sony merilis penggantinya bukan karena Xperia M4 Aqua sudah dinilai ketinggalan jaman namun lebih karena strategi pemasaran Sony yang ingin mengubah positioning dan segmentasi lini Xperia seri M.