on

Pilih Lenovo Vibe Shot atau Asus Zenfone 2 Selfie?

Kompetisi Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie diprediksi cukup panas tahun ini mengingat keduanya bermain di segmen yang sama dengan positioning yang sama pula. Target market keduanya sudah cukup jelas, yaitu konsumen segmen menengah yang mengedepankan fitur kamera di atas fitur-fitur lain dari sebuah smartphone.

Harga Lenovo Vibe Shot dan Asus Zenfone 2 Selfie yang relatif terjangkau turut berperan dalam meningkatkan popularitas kedua smartphone tersebut. Harga Lenovo Vibe Shot saat ini ada di kisaran Rp 5 juta, sementara Asus membanderol produknya lebih murah yaitu sekitar Rp 3.7 juta-an. Mana diantara keduanya yang merupakan pilihan lebih baik? Benarkah harga bisa menjadi tolok ukur kualitas kala membandingkan Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie?

Perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie



Head-to-head Perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie


SPECS

Asus Zenfone Selfie specs

Lenovo Vibe Shot specs
Display 5.5-inch 1080p IPS display, 401ppi 5-inch IPS 1080p FHD IPS LCD, 441ppi (720HD Z90-3)
Size 10.8mm thin, 170g weight 7.3mm thick, 145g weight
Design Gorilla Glass 4, removable plastic back Gorilla Glass 3, all-glass and metal frame
Colors Chic blue, pink, white Red, grey, white
Chipset Snapdragon 615 octacore chip Snapdragon 615 octa chipset
Processor 4×1.7Ghz Cortex A53, 4x1GHz Cortex A53 CPU 4×1.7Ghz Cortex A53, 4x1GHz Cortex A53
Graphics Adreno 405 GPU Adreno 405 GPU
Memory 3GB RAM, 16/32GB internal, microSD card up to 64GB 3GB RAM, 16/32GB internal, microSD card up to 128GB
Main Camera 13MP AF, laser focus, dual tone LED flash 16MP camera, Optical Image Stabilization, Tricolor LED flash, laser focus, dedicated shutter
Multimedia 1080p video, HDR 1080p video, HDR
Front camera 13MP AF, dual tone LED flash, 1080p video 8MP AF, 1080p video
Connectivity WiFi ac, Bt 4.0, GPS, NFC, dual SIM 4G LTE WiFi n, Bt 4.1, GPS, NFC, dual SIM 4G LTE
OS Android 5.0 Lollipop Android 5.1 Lollipop
Software Features ZenUI Lenovo Vibe UI
Battery capacity 3000mAh, user-replaceable 3000mAh, built-in
Ports & Charging Features microUSB 2.0, MHL, 2A Fast Charging, USB OTG microUSB 2.0, MHL, USB OTG

Bahwa harga seringkali dianggap sebagai tolok ukur dalam menentukan kualitas sebuah produk mungkin bisa dikatakan relevan pada poin perbandingan desain Vibe Shot vs. Zenfone 2 Selfie. Sebab dari jenis material yang digunakan keduanya saja sudah sangat kentara. Lenovo menggunakan aluminium sebagai bahan dasar bingkai Vibe Shot yang mengelilingi casing berbahan serat kaca. Sementara Asus hanya menggunakan polycarbonate sebagai material casing Zenfone 2 Selfie.

Dari sisi estetika pun kombinasi warna yang ditampilkan oleh Vibe Shot kentara sekali lebih menarik dibanding kompetitornya yang berasal dari Taiwan tersebut. Karenanya pada poin desain sudah sangat jelas Lenovo Vibe Shot mengungguli Asus Zenfone Selfie.

Pilih Lenovo Vibe Shot atau Asus Zenfone 2 Selfie

Pada perbandingan layar Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie kebanyakan orang akan menilai keduanya imbang sebelum melakukan perbandingan secara langsung. Cukup beralasan mengingat bahwa baik Lenovo maupun Asus sama-sama mengandalkan layar dengan teknologi IPS. Namun kala dibandingkan langsung ternyata reproduksi warna pada layar Lenovo Vibe Shot jauh lebih hidup dibanding layar Zenfone 2 Selfie. Bahkan sekilas lalu, reproduksi warna layar Vibe Shot nyaris menyerupai layar Super AMOLED pada Samsung Galaxy J5.

Lagi-lagi Lenovo Vibe Shot menunjukkan diri bahwa banderol yang lebih mahal terbayar impas oleh keunggulan yang dimilikinya pada poin ini.

Namun penentu sesungguhnya tentu terletak pada fitur kamera mengingat bahwa kedua smartphone ini sama-sama mengedepankan kamera sebagai key selling point.

Di atas kertas, perbandingan kamera Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie menunjukkan keunggulan Lenovo berkat modul 16 MP dimana Asus hanya menempatkan modul 13 MP.
Pada pengujian di lapangan kedua kamera smartphone tersebut sama-sama menunjukkan hasil serta performa baik kala digunakan di luar ruangan dengan pencahayaan optimal. Sebenarnya tak satupun dari keduanya yang menampilkan white balance ideal namun Lenovo Vibe Shot sedikit lebih baik ketimbang Asus Zenfone 2 Selfie.

Perbandingan Kamera Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie

Sebaliknya, kala digunakan di malam hari justru kamera Asus Zenfone 2 Selfie menunjukkan hasil reproduksi warna serta kontras yang lebih baik dibanding kamera Lenovo Vibe Shot sekalipun gejala noisy tetap terjadi.

Perbandingan Spesifikasi Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie

Asus Zenfone 2 Selfie juga membuktikan diri bahwa pemilihan namanya bukan sekedar gimmick. Berkat dual LED flash yang mendukung kamera sekundernya maka pencahayaan yang dihasilkan terkesan lebih natural ketimbang LED flash biasa, bukan hanya itu sudut (angles)-nya pun juga relatif lebar.

Membandingkan performa komputasi Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone Selfie 2 di atas kertas ditemukan kondisi yang cukup mengejutkan. Meski dibanderol lebih mahal namun ternyata Lenovo memercayakan performa komputasi pada Snapdragon 615 berikut RAM 3 GB persis seperti yang digunakan pula oleh Zenfone 2 Selfie.

Namun dalam pengujian benchmark ternyata Vibe Shot mencatat skor lebih baik, demikian pula kondisi sebenarnya meski tipis namun secara menyeluruh Vibe Shot menawarkan waktu loading lebih cepat berikut fluiditas lebih baik dibanding Asus Zenfone 2 Selfie.

Cukup mengecewakan bahwa kualitas audio Lenovo Vibe Shot jauh dari ekspektasi, padahal Lenovo A6000 dan A7000 yang banderolnya jauh lebih murah saja menghasilkan kualitas audio yang fantastis untuk kelasnya. Justru kualitas audio Asus Zenfone Selfie lebih jelas serta imbang dibanding Vibe Shot.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Lenovo Vibe Shot vs. Asus Zenfone 2 Selfie


Asus ZenFone 2 Selfie Lenovo Vibe Shot
Asus ZenFone 2 ZE551ML Lenovo Vibe Shot
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Dalam banyak hal jelas sekali bahwa Lenovo Vibe Shot mampu mengguli Asus Zenfone 2 Selfie. Namun selisih harga yang cukup besar justru membuat Zenfone 2 Selfie tampak memberikan overall value for money yang lebih baik dibanding kompetitornya itu.