on

Review Kamera Digital Panasonic Lumix GX8

Kamera digital Panasonic Lumix GX8 diposisikan sebagai pengganti GX7 yang pada tahun sebelumnya menjadi mirror-less camera andalan produsen asal Jepang tersebut. GX7 mencatatkan angka penjualan menarik tahun lalu dan membawa Panasonic sebagai pemain dominan di kategori mirror-less digital camera.

Lumix GX8 tentu saja membawa beban berat meneruskan sukses sang pendahulu. Untuk memuluskan mandat tersebut maka pihak pabrikan melakukan beberapa penyempurnaan pada mirror-less camera generasi terbaru buatannya ini. Simak review singkat Panasonic Lumix GX8 berikut:

Kelemahan Kamera Digital Panasonic Lumix GX8


Mengenal Kamera Digital Panasonic Lumix GX8

Beberapa fitur ditambahkan pada Panasonic Lumix GX8 dalam rangka memudahkan proses operasional. Beberapa fungsi seperti Auto, Program, Aperture, Shutter serta Panorama kini bisa diatur lewat tombol dial di bagian atas.

Review Kamera Digital Panasonic Lumix GX8

Pada bagian kanan tombol dial terdapat switch on/off serta pengatur beberapa parameter termasuk ISO. Secara umum penempatan tombol dan fungsi terasa praktis serta ergonomis kecuali ketiadaan tombol mode 4K yang terpisah untuk mempercepat akses.

Pada bagian belakang Panasonic menempatkan layar OLED berukuran 3 inch free angle. Gambar dan font yang ditampilkan tampak jernih dengan refresh rate yang cepat pula. Namun yang layak disoroti justru adalah keberadaan OLED viewfinder yang bisa diatur hingga 90 Derajat dari posisi semula.

Beberapa orang bakal merasa skeptis dengan keberadaan EVF tersebut dan menganggapnya sebagai gimmick. Kenyataannya tidak demikian, fitur tersebut terasa sangat membantu dalam sesi fotografi. Sungguh disayangkan sang produsen belum menempatkan built-in flash pada Panasonic Lumix GX8 dan pemilik harus membelinya sebagai aksesoris opsional.


Panasonic Lumix GX8 sendiri menggunakan sensor 20 MP LiveMOS yang mampu meng-handle ISO dari 100 hingga 25600. Lagi-lagi muncul kelemahan Lumix GX8 dimana sang pembuat tidak memberi akses untuk memilih frame melalui komputer, satu-satunya cara adalah lewat monitor kamera yang jelas tidak terasa praktis serta mengkonsumsi waktu cukup lama.

Penyempurnaan lain terdapat pada dual-image stabilization yang membantu mengatasi goncangan baik pada sesi foto maupun perekaman video. Fitur ini mengkombinasikan kerja lens image stabilization dengan body image stabilization sacara bersamaan.

Contoh Hasil Foto dari Kamera Digital Panasonic Lumix GX8


Contoh Foto Kamera Digital Panasonic Lumix GX8

Hasil Foto Kamera Digital Panasonic Lumix GX8

Spesifikasi dan Harga Kamera Digital Panasonic Lumix GX8

Desain yang solid, weather-proof berikut penyempurnaan yang dilakukan pabrikan membuat Panasonic Lumix GX8 memiliki potensi untuk menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya sekali lagi. Meski masih ada beberapa kekurangan namun kesemuanya terasa bisa ditolerir terlebih dengan mempertimbangkan kelebihan yang dimiliki olehnya.