on

Tablet Android Raksasa Samsung Galaxy View: Pesaing iPad Pro?

Sementara perhatian publik terarah pada gebrakan Apple merilis Tablet berukuran besar dengan nama iPad Pro, ternyata beberapa hari sebelum rumor iPad Pro mulai beredar justru sang rival asal Korea yaitu Samsung sudah melangkah terlebih dahulu dengan Samsung Galaxy View. Meski kedua pabrikan itu terkenal bersaing sengit dan saling meng-copy langkah lawan ternyata Samsung Galaxy View vs. iPad Pro tidak dimaksudkan saling berkompetisi.

Layar berukuran 18.4 inch jelas bukan ukuran yang lumrah untuk sebuah Tablet, setidaknya sampai hari ini. Walau demikian keputusan Samsung merilis Galaxy View tentu bukan tanpa riset terlebih dahulu, bukan tidak mungkin Tablet berukuran jumbo ini bakal menjadi perintis kategori baru sebagaimana dilakukan oleh Galaxy Note beberapa tahun lalu ketika memulai popularitas kategori phablet.

Samsung Galaxy View


Mengenal Tablet Android Samsung Galaxy View

Sulit untuk mengkategorikan Samsung Galaxy View berdasar kategori produk yang sudah ada saat ini. Beberapa orang nyaman menyebutnya sebagai Tablet-TV Hybrid, atau perpadua antara Tablet dengan televisi. Sama seperti Tablet pada umumnya, Galaxy View pun tersedia dalam dua opsi masing-masing dengan modul WiFi saja atau WiFi +selular.

Sebagai sebuah Tablet Samsung Galaxy View rasanya tak perlu diulas panjang lebar, sebab fungsinya kurang lebih sama. Justru hal menarik untuk disorot adalah kemampuannya diposisikan sebagai pengganti televisi. Dilengkapi layar beresolusi FHD serta dual speaker 4W rasanya menonton televisi atau video bakal terasa ideal bersamanya.

Tablet Android Samsung Galaxy View

Perbandingan antara ukuran layar dengan tingkat resolusi memang menjadikan Samsung Galaxy View tidak memiliki tingkat kerapatan warna setinggi Samsung Galaxy Tab S2 yang saat ini merupakan Tablet Android terbaik di pasaran. Walau demikian oleh karena posisinya dimaksudkan sebagai pengganti televisi maka tidak tampak ada kekurangan dari sisi layar.

Dengan bobot mencapai 2.8 kg serta dimensi 451.8 x 275.8 x 11.9 mm tingkat kepraktisan dalam mobilitas tentu tak sebaik Tablet pada umumnya. Namun sang produsen memberikan handle pada bagian belakang yang memungkinkan pemilik membawa dengan cukup nyaman dan praktis.

Spesifikasi Samsung Galaxy View

Tablet terbaru Samsung Galaxy ini menjalankan sistem operasi Android 5.1 dengan tampilan antar muka TouchWiz yang sama sekali tidak asing bagi mereka yang sudah pernah menggunakan smartphone atau tablet buatan Samsung. Ditenagai oleh prosesor octa-core berkecepatan 1.6 GHz yang terintegrasi dari chipset Exynos 7580 serta RAM berkapasitas 2 GB soal fluiditas dan responsivitas tidak perlu lagi diragukan. Gejala lag kala mengetik maupun menjalankan aplikasi kompleks nihil. Kapasitas memori internal yang ditawarkan adalah 32 GB dengan opsi memori eksternal hingga 128 GB.