on

Membedah Laptop Murah Lenovo S20-30

Laptop murah Lenovo S20-30 menjadi satu dari beberapa entry-level netbook yang masih bertahan di pasaran tahun ini. Pangsa pasar netbook sendiri sudah menyempit dalam tiga tahun terakhir karena posisinya terjepit antara hybrid laptop dengan laptop sendiri. Bersama Asus X200MA, netbook keluaran Lenovo ini dianggap sebagai dua pilihan terbaik di segmennya.

Walau menyempit namun pangsa pasar entry-level netbook tampaknya tak akan habis dalam waktu dekat. Pasalnya kebutuhan akan laptop ringan, murah yang sekedar mampu digunakan menjelajah dunia maya dan menjalankan aplikasi Office masih tetap ada. Betapapun nanggungnya spesifikasi sebuah netbook faktanya tidak semua konsumen sanggup menebus laptop dengan banderol mulai Rp 5 juta-an. Itu sebabnya Lenovo, Asus dan HP masih setia meladeni segmen ini.

Lenovo S20-30


Desain & Spesifikasi Laptop Murah Lenovo S20-30

Netbook juga masih merupakan pilihan ideal bagi mereka yang banyak melakukan olah dokumen dibanding Tablet dengan tambahan keyboard. Lenovo S20 sendiri masih merupakan turunan dari lini IdeaPad S210 dan S215, tentu saja S20 sudah mendapatkan beberapa penyempurnaan dibanding kedua pendahulunya itu.

Casing laptop murah Lenovo S20-30 sendiri dilapis oleh permukaan tipe matte yang menjadikannya sedikit lebih enak dilihat ketimbang plastik glossy. Walau diposisikan sebagai laptop kelas entry level namun Lenovo tampak tidak berkompromi dengan kualitas, setidaknya hal itu bisa dilihat dari build quality solid yang ditampilkan oleh Lenovo S20-30.
Dari sisi desain hanya satu kritikan untuk netbook Lenovo ini yaitu keputusan sang produsen untuk menghilangkan akses terhadap komponen di dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo S20-30

Pada bagian keyboard laptop Lenovo kelas di atasnya selama bertahun-tahun terkenal memiliki keyboard handal sekaligus nyaman. Hanya saja jangan berhadap kondisi serupa bakal diketemukan disini, pada bagian tengah kekuatannya tidak terasa cukup solid meski tidak pula meragukan. Cukup baik untuk ukuran laptop kisaran harga kurang dari Rp 5 juta-an namun tidak sesuai ekspektasi kebanyakan konsumen terhadap laptop bermerek Lenovo.

Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo S20-30

Layar berukuran 11.6 inch yang diusungnya menampilkan resolusi maksimal 1366 x 768 pixels yang kuaitasnya kurang lebih setara dengan netbook di kisaran harga sama. Keunggulannya pihak produsen sudah menggunakan layar dengan permukaan matte sehingga cukup bisa terbaca di luar ruangan meski viewing angles-nya sendiri terbatas.

Laptop Murah Lenovo S20-30

Di sektor performa Lenovo S20-30 menggunakan prosesor dual core Intel Celeron N2830 (Bay Trail) yang digunakan pula oleh semua netbook di kelasnya. Hasilnya seperti sudah diduga tidak ada yang istimewa dari sisi performa, namun untuk kebutuhan sehari-hari netbook ini terbukti cukup mulus menjalankan berbagai aplikasi tanpa timbul masalah.

GPU Intel HD Graphics juga bukan GPU yang istimewa jika Anda berencana menjalankan game di netbook ini. Tak satupun game 3D terbaru yang bisa dijalankan oleh Lenovo S20-30, namun jika sekedar pengisi waktu luang Anda bisa mengunduh game-game yang dijual di Windows Store dan hampir dipastikan sebagian besar berjalan dengan baik disini.

Kipas pendingin prosesor yang ada di laptop Lenovo ini sama sekali tidak pernah berhenti berputar sekalipun laptop dalam kondisi idle. Meski kipas serta hard drive-nya terus menghasilkan suara namun tidak mencapai pada level mengganggu atau berisik.

Laptop Lenovo S20-30 memiliki dua buah speaker yang terletak di bagian bawah, suara yang dihasilkan cukup lumayan menemani Anda bekerja di dalam ruangan meski lebih dari itu tidak terlalu bisa diandalkan.

Pada pengujian baterai dengan mensimulasikan pada kondisi normal baterai laptop Lenovo ini tercatat sanggup bertahan selama 5 jam dan 28 menit yang artinya tergolong cukup baik untuk laptop sekelas ini.

Opini Terhadap Laptop Murah Lenovo S20-30


Perbandingan Harga Laptop Lenovo S20-30 vs. Asus X200MA
Lenovo S20-30 Asus X200MA
Harga Lenovo S20-30 Harga Lenovo S20-30
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Tak banyak keistimewaan yang bisa diharapkan dari sebuah laptop di kisaran harga ini memang, bahkan antar satu merek dengan merek yang lainnya nyaris tak ada perbedaan signifikan. Namun demikian setidaknya ada beberapa hal yang membuat Lenovo S20-30 sedikit menonjol dibanding merek lain dikirasan harga sama yaitu stamina baterai, layar tipe matte, noise dari kipas angin dan hard drive yang tergolong minim serta suhu yang relatif stabil. Kompetitor kuat di kelas yang sama adalah Asus X200MA yang meski unggul dari sisi kualitas keyboard serta layar dengan akurasi warna lebih baik namun stamina baterainya cukup mengecewakan.