on

Spesifikasi dan Harga Asus X200MA Disertai Review

Laptop murah merek Asus selama beberapa tahun terakhir tampak begitu mendominasi bursa laptop untuk kisaran harga kurang dari Rp 3 juta-an. Tampak menyadari besarnya potensi segmen tersebut maka perusahaan asal Taiwan kembali meluncurkan produk laptop baru mereka yang dinamai Asus X200MA. Laptop Asus X200MA sendiri sekaligus mengukuhkan citra Asus sebagai rajanya laptop murah.

Laptop Asus X200MA dibanderol dengan harga resmi kurang dari Rp 3 juta. Namun karena tingginya permintaan maka beberapa retailer berani membanderolnya sedikit lebih mahal meski tak sampai Rp 3,1 juta. Di kisaran harga tersebut memang pasarnya sangat luas. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, pegawai dan bahkan pebisnis yang tak memerlukan laptop powerful pun mengincar laptop Asus X200MA ini.

Asus X200MA


Build Quality dan Spesifikasi Laptop Asus X200MA

Oleh karena menyasar kalangan yang berasal dari berbagai latar belakang itu pulalah maka selain hadir dengan warna-warni ceria seperti merah, biru serta putih yang digemari konsumen kelompok usia muda, Asus X200MA juga tersedia dalam warna konvensional yaitu hitam yang cenderung menjadi preferensi pebisnis dan profesional.

Seperti laptop murah Asus yang sudah-sudah, material plastik sudah pasti masih menjadi andalan. Hanya saja finishing-nya sudah tampak meningkat jika dibanding laptop murah keluaran perusahaan tersebut di tahun-tahun sebelumnya. Selain itu desainnya juga dibuat lebih ergonomis kala digunakan untuk mengetik. Jika dibandingkan dengan Asus seri EeeBook jelas Asus X200MA terasa jauh lebih solid dan kokoh.

Laptop Murah Asus X200MA

Sayangnya untuk membuat build quality-nya lebih kokoh dari EeeBook maka ada konsekuensi yang menyertai yaitu dimensinya menjadi lebih lebar, lebih tebal dan lebih berat. Namun dengan dimensi serta bobotnya itu secara keseluruhan masih tergolong baik dalam mendukung mobilitas penggunanya.

Kelebihan lain dari laptop Asus X200MA dibanding seri EeeBook adalah konektivitas yang lebih luas. Dimensi yang lebih tebal memungkinkan produsen menempatkan port HDMI berukuran penuh berikut 3 port USB di sisi kanan serta 2 lagi di sebelah kiri bersebelahan dengan slot SD card. X200MA juga menyediakan port Ethernet meski hanya mendukung standar 10/100 saja.

Spesifikasi dan harga Laptop Asus X200MA

Reproduksi warna layar berukuran 11.6 inch-nya relatif baik, warna hitam yang ditampilkan lebih pekat jika dibanding Asus EeeBook maupun laptop murah buatan produsen lain seperti Acer atau HP. Tingkat kontrasnya juga lebih tinggi dibanding laptop lain di kisaran harga ini yaitu mencapai 492:1. Namun pada sisi lain tingkat kecerahan warna (brightness)-nya tidak terasa optimal. Kala digunakan di dalam ruangan tentu tak menjadi soal, namun ketika digunakan di luar ruangan maka bakal terasa sedikit sulit untuk menikmati tampilan layar tersebut.

Kelebihan Asus X200MA lain bisa dirasakan di sektor audio dimana pabrikan tersebut memberi dukungan SonicMaster yang menghasilkan kualitas suara jernih dan mantap, sampai sekarang belum ada pabrikan lain yang memproduksi laptop murah di kisaran harga ini dengan menawarkan kualitas audio sebaik X200MA.

Daya tahan baterai 3 cell berkapasitas 3300 mAh yang menyertainya juga merupakan keunggulan tersendiri sebab sanggup bertahan hingga enam jam. Namun sayangnya Asus menggunakan baterai tipe non-removable yang bakal membuat calon konsumen berpikir dua kali sebelum meminangnya.

Perbedaan laptop Asus X200MA dengan Asus Eeebook kembali bisa dilihat dari prosesor yang digunakan. Jika seri EeeBook terbaru selalu mengandalkan prosesor Bay Trail-T Atom maka X200MA menggunakan Intel Celeron 2840 dengan laju maksimal 2.58 GHz berikut dukungan DDR3 RAM berkapasitas 2 GB.

Kesimpulan dan Harga Laptop Murah Asus X200MA


Cek Harga Asus X200MA
Laptop Asus X200MA
Harga Laptop Asus X200MA
Laptop Asus X200MA


Sesuai ekspektasi yang diharapkan dari sebuah laptop murah yang harganya kurang dari Rp 3 juta, X200MA mampu menawarkan performa yang optimal, reliabilitas tinggi, build quality solid plus bonus berupa daya tahan baterai serta speaker berteknologi SonicMaster. Sisi negatif atau kekurangan laptop Asus X200MA ini terletak pada tingkat brigthness layarnya dan penggunaan baterai non-removable. Harga laptop Asus X200MA sendiri saat ini dibanderol mulai Rp 2,9 hingga Rp 3,1 juta-an.