on

Perbandingan Laptop High-end: Apple Macbook 13 vs. Dell XPS 13

Apple MacBook 13 dan Dell XPS 13 saat ini dianggap sebagai dua laptop terbaik di segmen high-end. Perpaduan antara desain elegan, build quality solid serta performa mumpuni terbukti membuat konsumen mempersepsi keduanya sebagai pilihan terbaik diantara opsi yang tersedia tahun ini. Tak pelak kompetisi antara Apple MacBook 13 vs. Dell XPS 13 di pasaran pun memanas.

Dell melakukan revisi terhadap seri XPS 13 pada awal tahun 2015 lalu, meski dari sisi desain maupun performa banyak yang memberi apresiasi namun persepsi sebagian konsumen terhadap merek Apple acapkali membuat laptop buatan Dell tersebut dipandang memiliki kasta satu tingkat di bawah Apple MacBook 13. Karenanya perbandingan antara Apple MacBook 13 vs. Dell XPS 13 kali ini secara khusus hendak melihat benar tidaknya persepsi yang terbentuk tersebut.

Apple Macbook 13 vs. Dell XPS 13


Perbandingan Desain & Spesifikasi Laptop Apple MacBook 13 vs. Dell XPS 13

Dari sisi desain kedua laptop dari dua pabrikan berbeda ini terkesan flawless alias sempurna. Penampilan keduanya elegan, premium tentu saja diimbangi dengan build quality solid. Baik Apple maupun Dell tampaknya berupaya keras membuat konsumen merasa bahwa sejumlah uang yang digunakan untuk menebus produk tersebut benar-benar layak.

Build qualit yang solid tersebut bukan saja terlihat dari casing dan input devices semata namun bahkan hingga ke hal-hal detil seperti setiap port yang ada di dalamnya. Dari sisi dimensi serta bobot keduanya sama-sama ideal menunjang tingkat mobilitas tinggi, namun bobot yang lebih ringan sekitar 200 gram membuat Dell XPS 13 unggul atas Apple MacBook 13 pada poin ini.

Sejujurnya desain Dell XPS 13 berkesan jauh lebih modern dibanding Apple MacBook 13 jika kita mau melihat secara objektif. Bahkan jika dibandingkan secara langsung seketika penampilan MacBook 13 cenderung berkesan ketinggalan zaman.

Poin perbandingan Apple MacBook 13 vs. Dell XPS 13 berikutnya adalah input devices yang meliputi keyboard serta touchpad. Lagi-lagi sulit menentukan secara langsung mana yang memiliki keyboard lebih baik karena keduanya menampilkan kualitas solid, dilengkapi backlit serta nyaman digunakan mengetik dalam jangka waktu panjang.

Bagus Apple Macbook 13 atau Dell XPS 13?

Pilih Apple Macbook 13 atau Dell XPS 13?

Perbedaan sedikit muncul untuk touchpad dimana MacBook 13 yang sudah mengintegrasikan teknologi Force Touch terasa lebih responsif dibandingkan touchpad milik Dell XPS 13. Selain itu bidang touchpad laptop buatan Apple itu juga lebih luas dibanding milik kompetitornya.
Memang ketiadaan teknologi Force Touch tidak berarti touchpad Dell XPS 13 tidak akurat serta responsif, namun perbedaannya tetap kentara dibanding MacBook. Karena itu Apple muncul sebagai pemenang pada poin kali ini.

Oleh karena kebanyakan laptop saat ini tidak sekedar digunakan untuk menjalankan aplikasi Office atau browsing melainkan juga untuk mengolah foto, memutar film bahkan memainkan game maka fitur layar turut menjadi poin yang penting dipertimbangkan.

Secara teoritis layar Dell XPS 13 unggul dibanding Apple MacBook 13 karena tingkat kerapatan warna yang sedikit lebih tinggi. Pada faktanya apakah perbedaan tersebut bisa dibedakan oleh mata awam hingga kini masih terus menimbulkan perdebatan.

Perbandingan Performa Apple Macbook 13 vs. Dell XPS 13

Justru jika ingin melakukan perbandingan nyata layar Dell XPS 13 vs. Apple MacBook 13 terletak pada perbedaan ratio antara keduanya dimana Dell mengimplementasi aspect ratio 16:9 sementara Apple memilih 3:2. Perbedaan itu menjadikan layar Dell XPS 13 lebih ideal kala digunakan menyaksikan film atau memainkan game namun pada sisi lain layar MacBook 13 lebih ideal digunakan untuk bekerja.

Dari tingkat kecerahan layar sendiri keduanya juga berimbang. Namun ada satu poin dimana layar Dell XPS 13 menjadi sedikit inferior adalah dynamic contrast yang membuat akurasi warnanya tak sebaik layar milik Apple MacBook 13. Namun di sisi lain Dell sudah menerapkan layar sentuh sekaligus lapisan Corning Gorilla Glass dalam rangka meminimalisir terjadinya goresan.

Karena posisi keduanya berkesan trade-off maka pada poin ini kedua laptop berada dalam posisi imbang.

Dukungan konektivitas menjadi poin yang juga tak bisa disepelekan, lebih-lebih umumnya semakin tipis sebuah laptop makin makin minim pula konektivitas yang disediakan. Beruntung baik Apple maupun Dell sama-sama tidak melakukan pendekatan demikian untuk laptop kelas high-end masing-masing. MacBook Pro 13 menyediakan 2x USB 3.0, Thunderbolt 2, slot SD, slot HDMI dan audio 3.5 mm.
Sementara untuk XPS 13 Dell menyediakan 2x USB 3.0, Thunderbolt 3, SD slot dan audio 3.5 mm.

Untuk konektivitas nirkabel Dell menempatkan 2x2 MIMO buatannya sendiri sementara Apple sudah mengadopsi 3x3 MIMO milik Broadcam yang secara teoritis menawarkan koneksi lebih cepat serta stabil.

Bisa dilihat bahwa MacBook menyediakan opsi port lebih kaya namun XPS 13 pada sisi lain menawarkan teknologi yang lebih maju.

Apple bagaimanapun tampaknya lebih pantas dipilih sebagai pemenang untuk poin perbandingan ini.

Masuk ke poin perbandingan performa dan stamina baterai, secara teoritis semestinya baterai Dell XPS 13 sanggup bertahan lebih lama dibanding baterai MacBook Pro 13. Pasalnya Dell sudah mengadopsi prosesor terkini dari generasi Skylake sedangkan Apple masih menggunakan prosesor generasi Broadwell.

Antara prosesor Intel generasi Broadwell dan Skylake sendiri tidak ada perbedaan signifikan dari sisi performa, dan hal itu bisa dilihat para prakteknya dimana baik Windows 10 yang dijalankan oleh Dell XPS 13 maupun OS X pada Apple MacBook 13 sama-sama berjalan mulus.
Namun yang mengejutkan adalah hasil pengujian yang membuktikan bahwa stamina baterai Apple MacBook 13 sanggup bertahan selama 21 jam dan 58 menit sementara Dell XPS 13 yang sudah menggunakan prosesor generasi terbaru hanya sanggup bertahan selama 11 jam dan 31 menit.

Apple MacBook 13 lagi-lagi tampil sebagai pemenang pada poin perbandingan stamina baterai dan performa.

Perbandingan Apple Macbook 13 vs. Dell XPS 13

Opini Terhadap Hasil Perbandingan Apple MacBook 13 vs. Dell XPS 13

Dari hasil perbandingan Apple MacBook 13 vs. Dell XPS 13 berdasar beberapa poin di atas kentara bahwa kedua laptop kelas high-end tersebut sama-sama menawarkan value optimal dari setiap Rupiah yang konsumen belanjakan.

Apple MacBook Pro 13 unggul dalam lebih banyak poin, sedangkan Dell XPS unggul dari sisi bobot yang lebih ringan serta desain lebih modern.
Manapun yang Anda pilih dari keduanya bisa dipastikan tidak akan membuat kecewa dikemudian hari.