on

Dell XPS 13 Terbaru (2016): Masihkah Menjadi Ultrabook Terbaik?

Meski Asus dan Acer sering dipersepsi sebagai dua merek dominan di kategori ultrabook namun ketika membayangkan sebuah ultrabook ideal maka hasil akhirnya tertuju pada sosok Dell XPS 13 semenjak pertama kali perusahaan asal Amrik tersebut merilisnya beberapa tahun silam. Dell secara sukses menerjemahkan definisi ultrabook sebagaimana dimaksudkan oleh Intel kala melahirkan konsep tersebut.

Tahun demi tahun berlalu dan Dell terus menyempurnakan XPS 13 kebanggaannya tersebut. Tahun ini kondisinya bisa jadi beda bersamaan dengan kehadiran sistem operasi Windows 10 yang mengusung beberapa fitur andalan termasuk Windows Hello. Akankah Dell XPS 13 terbaru mampu mempertahankan reputasi para pendahulunya sebagai ultrabook terbaik?

Ultrabook Terbaik Dell XPS 13


Desain dan Spesifikasi Kandidat Ultrabook Terbaik Dell XPS 13

Dari sisi desain memang hampir semua ultrabook di kisaran harga ini sudah menggunakan aluminium sebagai bahan pembuat casing-nya, walau demikian Dell XPS 13 memiliki keunggulan tersendiri. Sang produsen menerapkan satu blok aluminium yang menghasilkan kekuatan lebih baik dibanding kompetitor. Casing ultrabook terbaru keluaran Dell ini terkesan kokoh, solid sekaligus tahan goresan.

Perhatian Dell terhadap hal detil pun demikian kentara, salah satunya bisa dilihat di bagian bawah dimana pabrikan berusaha menyamarkan informasi baik serial number, barcode dan sebagainya demi menjaga estetika secara keseluruhan.

Hal lain bisa dilihat palm rest yang dibuat dari serat karbon berkualitas tinggi. Keputusan ini bukan saja membuat penampilannya tampak istimewa namun sekaligus juga lebih kokoh dan nyaman karena tidak menghantar panas. Kala digunakan mengetik dalam jangka waktu panjang pengguna tidak bakal terganggu oleh suhu yang meningkat dimana umumnya sangat terasa kala menggunakan laptop lain.

Sisi menonjol ultrabook Dell XPS 13 terbaru masih berlanjut di sektor layar dimana begitu membuka casing memang bagian ini tampak memancing perhatian. Ukurannya tampak mencolok, Dell pada laman resminya menyebutkan bahwa para desainer berusaha membenamkan layar berukuran 13.3 inch ke dalam laptop yang dimensinya setara dengan laptop berlayar 11 inch.

Spesifikasi dan Harga Dell XPS 13

Layar ini sendiri menampilkan resolusi maksimal 3200 x 1800 pixels yang menghasilkan kerapatan warna 267 ppi atau setara dengan 5,7 juta pixels. Dengan teknologi IGZO IPS viewing angles-nya pun mencapai 170 Derajat. Dalam segala situasi layar ini memberikan kenyamanan optimal baik kala digunakan menjalankan aplikasi Excel hingga menonton film.

Sebagai perangkat multimedia ia juga didukung oleh speaker yang menghasilkan kualitas suara di atas rata-rata ultrabook sekelasnya.

Keyboard tipe chiclet yang diusungnya sudah dilengkapi backlit sehingga memungkinkan digunakan di ruangan gelap. Tata letak, jarak antar tombol serta ukurannya juga mendukung kerja dalam waktu lama tanpa mudah lelah.

Kelebihan dan Kekurangan Dell XPS 13

Sebagai laptop berukuran kurang dari 14 inch, Dell XPS 13 menyediakan opsi konektivitas yang sangat luas mulai dari dual-band Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.1, USB 3.0 port, thunderbolt port dan SD card reader.

Dari sisi spesifikasi Dell XPS 13 2016 ini tersedia dalam beberapa opsi konfigurasi. Tipe paling murah mengandalkan prosesor Intel Core i5 generasi ke-6, RAM 4 GB, SSD 128 GB serta layar beresolusi FHD non-touch.

Sedangkan tipe yang yang diulas di sini sendiri menggunakan Intel Core i7, GPU Intel HD 520, DDR 3 RAM berkapasitas 8 GB serta media penyimpanan berupa SSD berkapasitas 256 GB berikut layar tipe touch.
Tentu saja dengan konfigurasi tersebut Dell XPS 13 terbukti handal menjalankan berbagai aplikasi termasuk olah gambar dan olah video jika memang diharapkan oleh pemiliknya. Pada uji ‘Blender 3D’ ia mencatatkan angka yang lebih baik dibanding Microsoft Surface Pro 4 maupun Microsoft Surface Book sekalipun. Walau kecepatan transfer SSD-nya masih sedikit di bawah kedua laptop buatan Microsoft tersebut maupun MacBook Air.

Review Dell XPS 13 Indonesia

Stamina baterainya sendiri cukup memuaskan, kala diuji dengan menonaktifkan mode power saving, tingkat kecerahan layar dimaksimalkan, WiFi dalam kondisi menyala lalu menjalankan film beresolusi FHD ia sanggup bertahan selama 6 jam 42 menit atau hanya kalah 10 menit dibanding Surface Book.

Opini Terhadap Kandidat Ultrabook Terbaik Dell XPS 13


Cek Harga Dell XPS 13
Laptop Dell XPS 13
Harga Laptop Dell XPS 13
Laptop Dell XPS 13


Dell XPS 13 versi terbaru masih membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya, sang produsen bahkan masih sangat percaya diri dengan potensi ultrabook andalannya di tengah keputusan banyak kompetitor untuk beralih ke hybrid laptop. Dari sisi fungsionalitas mungkin memang tidak sevariatif hybrid laptop namun pada saat bersamaan keputusan tersebut menjadikan Dell XPS 13 lebih solid dari sisi konstruksi.

Meski bukan produk inovatif namun XPS 13 juga masih membuktikan diri mampu setara dengan Surface 4 Pro maupun Surface Book. Satu-satunya hal yang mungkin bakal dianggap sebagai kekurangan Dell XPS 13 2016 adalah ketiadaan fitur biometric yang artinya ia tidak mendukung Windows Hello.