on

Menelusur Perbedaan Asus Zenfone Laser ZE550KL vs. Zenfone Laser ZE601KL

Penghujung akhir tahun lalu Asus merilis beberapa produk dalam lini Asus Zenfone, salah satunya adalah Asus Zenfone Laser dengan kode ZE550KL. Ternyata di awal tahun ini produsen yang sama memperkenalkan pula seri Zenfone Laser lainnya yang diberi kode ZE601KL. Penamaan serupa seolah menjadi kebiasaan perusahaan asal Taiwan ini meski konsumen sering dibuat bingung olehnya.

Perbedaan Asus Zenfone Laser 5.5 inch (ZE550KL) vs. Asus Zenfone Laser 6 inch (ZE601KL) bakal dibahas singkat dalam artikel kali ini sekedar memberi panduan bagi Anda yang bertanya apa saja perbedaan antara kedua smartphone keluaran Asus tersebut. Tanpa berpanjang lebar silakan simak perbandingan keduanya berikut ini:

Perbedaan Asus Zenfone Laser ZE550KL vs. Zenfone Laser ZE601KL


Perbandingan Singkat Asus Zenfone Laser ZE550KL vs. Zenfone Laser ZE601KL

Secara fisik perbedaan antara Asus Zenfone Laser 5.5 inch vs. Asus Zenfone Laser 6 inch tentu saja terletak pada ukuran layar yang berselisih 0.5 inch. Tentu saja oleh karena perbedaan ukuran layar tersebut maka dimensi serta bobot ZE601KL di atas ZE550KL yang mungkin sudah lebih akrab bagi sebagian besar konsumen di Indonesia saat ini.

Meningkatkan ukuran layar biasanya berdampak pada penurunan tingkat kepadatan warna, karena itu bersamaan dengan penambahan ukuran Asus pun meningkatkan resolusi layar ZE601KL menjadi 1080 pixels atau setara FHD, bukan lagi 720 pixels (HD) sebagaimana diadopsi oleh ZE550KL.

Perbandingan Asus Zenfone Laser ZE550KL vs. Zenfone Laser ZE601KL

Jika disimak lebih dalam ternyata Asus tidak asal dalam menghadirkan generasi terbaru dari Asus Zenfone Laser, selain layar snag produsen pun meningkatkan performa Zenfone Laser ZE601KL yang sudah tidak lagi menggunakan chipset Snapdragon 410 melainkan Snapdragon 616 yang merupakan chipset kelas menengah terbaru buatan Qualcomm. Performa multitasking pun turut menjadi perhatian dengan menambahkan RAM sebesar 1 GB dibanding pendahulunya.

Sebelumnya performa Asus Zenfone Laser ZE550KL sudah terasa cukup fluid, kini dengan chipset anyar serta tambahan RAM sebesar 1 GB pengalaman menggunakan smartphone low-end buatan Asus ini terasa lebih menyenangkan.

Bagian terakhir yang menjadi fokus pembenahan sekaligus menjadi pembeda antara Asus Zenfone Laser ZE501KL dari Asus Zenfone Laser ZE550KL adalah kualitas speaker. Dari segi ukurannya saja tampak bahwa speaker Zenfone Laser keluaran tahun 2016 ini meningkat sekitar 50% dibanding pendahulunya.

Perbedaan Asus Zenfone Laser ZE550KL vs. Zenfone Laser ZE601KL

Opini Awal Hasil Perbandingan Asus Zenfone Laser ZE550KL vs. Asus Zenfone Laser ZE601KL

Penyempurnaan yang didapat dari Asus Zenfone Laser keluaran terbaru ini tampaknya cukup pantas untuk peningkatan harga yang harus diterima oleh konsumen. Layar berukuran lebih besar, resolusi layar lebih tinggi, performa lebih baik serta kualitas speaker yang juga lebih baik rasanya cukup mengkompensasi kenaikan harga tersebut.