on

Menelusur Perbedaan Motorola Nexus 6 vs. Huawei Nexus 6P

Perbedaan antara Nexus 6 vs. Nexus 6P menjadi pembahasan kali ini karena cukup banyak pengguna Motorola Nexus 6 yang saat ini tengah mempertimbangkan melakukan upgrade handheld semenjak kehadiran Nexus 6P yang diproduksi oleh Huawei.

Setelah melihat berbagai review positif terhadap Huawei Nexus 6P tidaklah mengherankan jika tak sedikit pemilik Motorola Nexus 6 yang tengah menanti kehadiran Nexus 6P tersebut di Indonesia untuk menggantikan ponsel lama mereka. Namun perlukah sebenarnya melakukan upgrade tersebut mengingat performa Motorola Nexus 6 untuk ukuran saat ini pun masih terbilang sangat baik?

Perbedaan Motorola Nexus 6 vs. Huawei Nexus 6P


Membandingkan Motorola Nexus 6 vs. Huawei Nexus 6P

Pada poin desain atau penampilan begitu kentara perbedaan antara Motorola Nexus 6 vs. Huawei 6P. Mungkin ini alasannya tak sedikit calon konsumen yang memiliki persepsi bahwa perbedaan antara kedua flagship seri Nexus tersebut cukup besar.

Nexus 6 yang diproduksi oleh Motorola tahun lalu memiliki kesamaan desain dengan Motorola Moto X namun dimensinya tampak sangat bulky. Konon salah satu alasan Nexus 6 tidak diterima dengan baik oleh pasar tahun lalu dilatarbelakangi oleh dimensi gambot tersebut. Tahun ini Huawei yang dipercaya oleh Google mendesain dan memproduksi flagship Nexus terbaru tampak sukses membawa kembali smartphone Nexus ke jalurnya. Maka memang dari sisi desain dan penampilan perbedaan antara Nexus 6 vs. Nexus 6P demikian menonjol dengan Nexus 6P tentu saja sebagai pilihan lebih baik dari sisi tersebut.

Sama halnya dengan Motorola yang mengambil banyak insiprasi dari Moto X dalam merancang Nexus 6, demikian pula halnya Huawei dalam membesut Nexus 6P. Jika Anda pernah menjajal dan menggenggam langsung smartphone Huawei seri Mate maka Anda akan langsung mengenali kesamaan antara keduanya. Namun Huawei juga memberikan sentuhan unik pada kamera serta speaker agar kesamaan antara Huawei Mate dengan Nexus 6P sedikit tersamarkan.

Di luar desain perbedaan antara Motorola Nexus 6 vs. Huawei Nexus 6P yang mencolok terdapat pada perubahan port microUSB yang pada Nexus 6P posisinya digantikan oleh USB tipe C. Implementasi USB tipe C membawa dua dampak positif mulai dari proses pengisian daya baterai yang lebih cepat serta posisinya yang berlaku bolak-balik berdampak positif dari sisi kepraktisan. Namun pada sisi lain kabel USB tipe C masih jarang ditemukan di pasar. Karenanya jika Anda lupa membawa serta kabel bawaan dari Huawei maka akan sulit menemukan penggantinya di toko-toko sekitar.

Selain itu setidaknya untuk saat ini jumlah aksesoris yang sudah mendukung port USB tipe C juga masih sangat terbatas.

Sementara itu dari sisi layar beberapa orang menilai bahwa ada penurunan dari Nexus 6 ke Nexus 6P. Alasannya meski mengusung nama “6” namun ukuran layar Nexus 6P sebenarnya hanya 5.7 inch saja. Bagi sebagian orang lainnya justru hal ini dipandang sebagai penyempurnaan, pasalnya dengan ukuran layar yang sedikit dikurangi mengoperasikan Nexus 6P terasa lebih praktis.

Huawei seperti sudah disinggung di atas berusaha mengurangi dimensi dan bobot Nexus 6P setelah belajar dari kritikan terhadap Nexus 6 tahun lalu. Karenanya bobot turut menjadi perhatian, alhasil bobot Huawei Nexus 6P hanya tercatat 178 gram yang meski di atas kertas tampak sepele namun perbedaan bobot itu cukup bisa dirasakan di lapangan jika dibanding Motorola Nexus 6 yang mencapai 184 gram.

Tahun lalu Motorola dianggap melakukan penyempurnaan penting pada fitur kamera Nexus, maklum di tahun-tahun sebelumnya kamera Nexus tidak pernah dipandang sejajar dengan flagship lain. Walau demikian peningkatan tersebut belum membuatnya layak disandingkan dengan iPhone, Samsung dan LG yang kala itu dianggap sebagai benchmark. Belajar dari itu pulalah Huawei lebih serius menggarap kamera Huawei Nexus 6P. Alhasil peningkatan yang dicapai benar-benar luar biasa. Kini kamera Nexus 6P layak disandingkan dengan LG G4, Galaxy S6 atau iPhone 6s. Detil, ketajaman serta akurasi warnanya jauh lebih baik jika dibandingkan kamera Nexus 6 buatan Motorola tahun sebelumnya.

Perbandingan Motorola Nexus 6 vs. Huawei Nexus 6P

Huawei juga menempatkan salah satu fitur andalan Huawei Mate pada Nexus 6P yaitu sensor pemindai sidik jari. Bagaimana akurasinya dibanding fitur serupa pada Samsung Galaxy S6 atau iPhone 6s dinilai berbeda oleh masing-masing orang. Namun pastinya sensor ini terbukti bekerja cukup cepat dan akurat selama permukaan sensor tersebut tidak dalam kondisi kotor.

Opini Terhadap Perbedaan Motorola Nexus 6 vs. Huawei Nexus 6P

Signifikan atau tidaknya ubahan yang dilakukan oleh Huawei terhadap Nexus 6P tentu tak bakal dijawab sama oleh setiap orang. Bagi mereka yang mengharapkan peningkatan signifikan di sektor performa baik untuk penggunaan sehari-hari maupun menjalankan aplikasi kompleks seperti game akan menemukan nyaris tak ada perbedaan antara Motorola Nexus 6 vs. Huawei Nexus 6P.

Sebaliknya bagi mereka yang menilai sebuah handsheld dari sisi penampilan, build quality serta kecanggihan fitur akan menemukan bahwa perbaikan desain, modul kamera serta keberadaan sensor pemindai sidik jari pada Huawei Nexus 6P merupakan penyempurnaan yang layak ditebus.