on

Tablet Windows 10 Terjangkau: Xiaomi Mi Pad 2

Tablet murah Windows 10 tidak banyak diketemukan saat ini, berkebalikan kondisinya dengan Tablet berbasis Android yang tersedia dari berbagai range harga. Namun pabrikan asal Cina Xiaomi cerdik memberi solusi dengan melahirkan Xiaomi Mi Pad 2 versi Windows yang dirilis berbarengan dengan versi Android-nya.

Seri Mi Pad dari Xiaomi tahun lalu cukup populer, namun adalah versi Android-nya yang populer kala itu. Kini Mi Pad generasi kedua dirilis dalam dua versi sistem operasi yaitu Android dan Windows 10. Versi kedua-lah yang akan dibahas kali ini dan tampak memiliki keistimewaan tersendiri.

Kelebihan Kekurangan Xiaomi Mi Pad 2 Windows Edition


Mengenal Desain & Spesifikasi Tablet Windows 10 Xiaomi Mi Pad 2

  • Intel Atom X5-Z8500, 2.24GHz quad-core processor
  • 2GB of RAM
  • 7.9-inch QXGA display, 1536 x 2048 resolution
  • 64GB of storage
  • 8-megapixel rear camera
  • 5-megapixel front
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C
  • Windows 10
  • 6190mAh battery

Penampilan Xiaomi Mi Pad 2 dengan sistem operasi Windows 10 sama sekali tidak berbeda dari Xiaomi Mi Pad 2 berbasis Android. Untuk kisaran harga yang terbilang terjangkau penampilannya cukup elegan lebih-lebih didukung dengan casing berbahan logam (aluminium).

Tablet Windows 10 Murah Xiaomi Mi Pad 2

Bintang dari Tablet murah ini sendiri tentu saja adalah sistem operasi Windows 10 yang oleh beberapa pengamat dinilai sebagai sistem operasi terbaik yang pernah diciptakan hingga saat ini. Kehadiran Windows 10 meningkatkan value bagi banyak device, jika sebelumnya kehadiran sistem operasi terbaru besutan Microsoft itu mampu mendongkrak kembali produktivitas dan popularitas netbook kini giliran Tablet kelas low-end yang beroleh manfaatnya.

Tablet berbasis Windows memang masih terbilang mahal jika membandingkan dengan Tablet Android, namun sebaik apapun sistem operasi Android saat ini dari sisi produktivitas tetap masih jauh di bawah sistem operasi Windows.

Dahulu Tablet Windows juga tidak semuanya produktif, sebab Microsoft masih menganaktirikan Tablet low-end yang menjalankan Windows RT. Kondisi itu sudah berubah sama sekali tahun ini, tiada lagi pembagian kasta pada Windows 10 yang berdampak pada produktivitas.

Untuk Xiaomi Mi Pad 2 sendiri, satu-satunya kekurangan dari sisi produktivitas adalah ketiadaan keyboard. Tentu saja dengan mudah kekurangan ini bisa diatasi dengan after market keyboard.

Dari sisi spesifikasi, di atas kertas Xiaomi Mi Pad 2 versi Windows persis sama dengan Xiaomi Mi Pad 2 versi Android. Keduanya sama-sama mengandalkan prosesor Quad-core Intel Atom X5-Z8500 2.24 GHz didukung oleh RAM sebesar 2 GB. Perbedaannya terletak pada media penyimpanan dimana kapasitas memori internal Mi Pad 2 berbasis Windows 10 membengkak menjadi 64 GB dari 16 GB pada versi Android. Namun pada sisi lain versi Windows ini tidak mendukung penggunaan memori eksternal.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Pad 2 Windows 10 Tablet

Meski secara teoritis keduanya berimbang namun Xiaomi Mi Pad 2 berbasis Windows mencatat nilai yang lebih tinggi dalam uji AnTuTu dibanding versi Android. Untuk mendukung produktivitas harian performa yang ditunjukkan terasa ideal, demikian pula menjalankan game-game casual. Penurunan performa baru kentara kala dipaksa menjalankan aplikasi kompleks. Namun tak peduli dipaksa menjalankan aplikasi/game kompleks sekalipun tak terjadi peningkatan suhu yang signifikan.

Xiaomi Mi Pad 2 dilengkapi dengan kamera utama 8 MP yang dalam kondisi pencahayaan ideal menghasilkan kualitas foto cukup baik, namun siapa yang bakal bertingkah kurang kerjaan dengan mengambil foto lewat kamera Tablet? Setidaknya dalam kondisi terpaksa ia masih layak dimanfaatkan.

Sementara pada pengujian stamina baterai menggunakan PC Mark baterai Xiaomi Mi Pad 2 Window 10 Edition ini bertahan selama tujuh jam.

Opini Terhadap Tablet Windows 10 Murah Xiaomi Mi Pad 2

Mengandalkan Windows 10 untuk Tablet terbaru mereka merupakan langkah cerdik yang dilakukan oleh Xiaomi. Dengan desain dan spesifikasi persis sama seperti Xiaomi Mi Pad 2 versi Android artinya perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk riset dan sebagainya, walau demikian keputusan menggunakan OS Windows 10 meningkatkan value Tablet tersebut dari sisi produktivitas.