on

Samsung Galaxy J1 Mini: Samsung Galaxy Rp 1 Juta-an

Samsung Galaxy J1 Mini menjadi senjata baru Samsung untuk memikat konsumen segmen Rp 1 juta-an. Produk Samsung terbaru untuk kelas low-end ini merupakan versi stripped down dari Galaxy J1 versi 2016 yang diperkenalkan lebih dulu oleh produsen asal Negeri Gingseng tersebut.

Faktanya produk smartphone kisaran harga Rp 1 juta-an masih diminati terutama bagi orang tua yang hendak membelikan handphone bagi anak berusia remaja. Namun Samsung bukan satu-satunya pemain di segmen ini, adakah kelebihan lain yang dimiliki Samsung Galaxy J1 Mini selain reputasi layanan purna jual Samsung?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1 Mini


Membongkar Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini

Kelengkapan dalam boks Samsung Galaxy J1 Mini tak berbeda jauh dibanding Samsung Galaxy J1, hanya saja untuk versi yang lebih murah ini pihak produsen tidak menyertakan kabel USB untuk keperluan transfer data. Namun mendapatkan aksesoris tersebut di pasaran sangat mudah dan harganya juga sangat terjangkau.

Sementara desain serta penampilannya sangat identik dengan Galaxy J1 kecuali tentu saja ukuran yang lebih kompak (kecil) sesuai namanya. Casing plastik di bagian belakang bisa dibuka untuk mengakses dual slot micro SIM card serta microSD. Pada bagian belakang ini pula terdapat lensa kamera utama dengan resolusi setara VGA.

Sedangkan di bagian depan terdapat layar berukuran 4 inch dengan resolusi WVGA yang masih mengandalkan teknologi TFT LCD. Tahun lalu teknologi tersebut masih jamak dijumpai untuk produk Samsung Galaxy di kisaran harga 2-3 juta-an meski saat ini hampir semuanya sudah mengadopsi Super AMOLED.
Warna yang ditampilkan kurang tajam, cenderung washed-out namun untuk handphone harga Rp 1 juta-an siapapun takkan melihatnya sebagai sebuah kekurangan.

Kondisi yang sama juga berlaku untuk fitur kamera, kamera utama 5 MP serta kamera sekunder 0.3 MP keduanya menawarkan resolusi setara VGA dengan fixed focus. Kala diuji kamera utama Samsung Galaxy J1 Mini menghasilkan foto dengan tingkat detil rendah dan tidak tajam.

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy J1 Mini

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy J1 Mini

Untuk perangkat lunak Samsung masih mengandalkan tampilan antar muka yang sama yaitu ToucWiz di atas sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop. Prosesor Spreadtrum Quad-core yang berpadu dengan RAM sebesar 768 MB memang hanya mencatatkan poin rendah dalam uji AnTuTu, namun untuk penggunaan sehari-hari relatif mulus.
Game seperti “Clash of Clan” mampu dijalankan dengan baik oleh Samsung Galaxy J1 Mini. Sedangkan game yang lebih kompleks sekelas “Modern Combat” atau “Asphalt 8” belum sempat diuji untuk saat ini.

Game yang bisa dijalankan Samsung Galaxy J1 Mini

Mengingat spesifikasi serta layar yang tak seberapa maka bisa dipahami jika Samsung hanya membenamkan baterai berkapasitas 1500 mAh untuk Samsung Galaxy J1 Mini. Staminanya cukup lumayan jika hanya digunakan secara normal.

Output speaker Samsung Galaxy J1 Mini cukup jernih dan kuat meski cenderung flat.

Opini untuk Samsung Galaxy J1 Mini

Samsung Galaxy J1 Mini memang tidak mencerminkan keunggulan nama besar Samsung Galaxy, namun untuk banderol harga Samsung Galaxy J1 Mini yang hanya sekitar Rp 1,4 juta-an rasanya ia cukup layak dimiliki. Kompetitor seperti Lenovo turut membanjiri segmen low-end dengan beberapa produk andalan, namun reliabilitas Samsung rasanya bakal membuat konsumen cenderung menjatuhkan pilihan kepadanya.