on

Cara Mengambil Screenshot di Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile

Screenshot saat ini menjadi sebuah aktivitas yang vital serta kerap dilakukan lebih-lebih dengan semakin memasyarakatnya transaksi daring (online) yang hampir selalu membutuhkan bukti transaksi. Mengambil Screenshot pada ponsel berbasis Windows Phone mungkin tidak banyak diketahui oleh pengguna baru, padahal sistem operasi mobile buatan Microsoft memiliki kemampuan untuk tujuan itu.

Persepsi bahwa Windows Phone tidak bisa membuat Screenshot umumnya diawali dari pemahaman lama sebab dahulu Windows Phone hingga versi 7.8 memang tidak memungkinkan maksud tersebut. Namun semenjak Windows Phone 8.1 hingga Windows 10 Mobile pihak Microsoft tak lagi melupakannya. Lalu bagaimanakah cara membuat Screenshot di Windows Phone?


Bagaimana Cara Mengambil Screenshot di Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile?

Untuk membuat screenshot dengan ponsel berbasis Windows Phone sebenarnya tak terlalu berbeda dengan menggunakan ponsel berbasis lain. Silakan membuka aplikasi atau dokumen yang hendak dibuat screenshot-nya.

Cara Mengambil Screenshot di Windows Phone

Selanjutnya Anda tinggal menekan serta menahan tombol daya (power) serta peningkat volume (volume up) secara bersamaan. Jika proses tersebut berhasil dan sudah bisa disimpan maka muncul notifikasi “Saving to Screenshots” pada bagian atas layar.

Cara Mengambil Screenshot di Windows Phone

Screenshot tersebut disimpan dalam format *.png bersamaan dengan folder foto lainnya, tergantung perangkat yang Anda miliki dan setting yang Anda buat sebelumnya apakah foto tersebut ada di memori internal atau SD card.

Cara Mengambil Screenshot di Windows Phone

Untuk memudahkan akses Anda tinggal menggunakan aplikasi files app untuk Windows Phone 8.1 dan file explorer jika sudah menggunakan Windows 10 Mobile.

Langsung mengaksesnya melalui komputer tentu saja juga dimungkinkan jika memang Anda menghendaki demikian.

Meringkas penjelasan di atas, langkah-langkah membuat screenshot di Windows Phone adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi, gambar atau dokumen yang hendak diambil SS-nya
  2. Tekan sambil menahan tombol power dan volume up bersamaan
  3. Tunggu hingga muncul notifikasi “Saving to Screenshots” pada bagian atas layar

Kesimpulan Cara Mengambil Screenshot di Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile


Harga Lumia 950 di Indonesia
Lumia 950
Harga Oppo F1
beli sekarang


Seperti Anda lihat pada paparan di atas bahwa mengambil screenshot pada Windows Phone sama sekali tidak sulit. Anda hanya perlu menggunakan dua tombol dimaksud. Jika salah satu tombol pengatur volume Anda tidak berfungsi alternatif lain adalah menggunakan aplikasi screenshot yang saat ini disediakan beberapa pengembang di ‘Market Place’. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.