on

Mengulas Samsung Galaxy S7 Edge: Samsung Galaxy Terbaik?

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge di atas kertas masih tak tampak jauh berbeda jika dibandingkan Samsung Galaxy S7 kecuali tentu saja di sektor layar. Karenanya tak sedikit yang memiliki persepsi bahwa Samsung Galaxy S7 Edge dan Samsung Galaxy S7 pada dasarnya adalah smartphone yang sama.

Tahun lalu memang tak tampak perbedaan berarti antara Samsung Galaxy S6 Edge dengan Samsung Galaxy S6. Karenanya tidak mengherankan jika banyak pesimisme kala Galaxy S7 Edge diperkenalkan. Namun benarkah Samsung mengulang strategi yang sama untuk kedua flagship-nya tahun ini?

Samsung Galaxy S7 Edge Indonesia


Desain & Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge

Saat ulasan ini dibuat baik proses pre-order Samsung Galaxy S7 Edge maupun Samsung Galaxy S7 sudah dibuka dan kabarnya konsumen akan menerima handset tersebut pada tanggal 19 Maret mendatang. Selisih harga antara Samsung Galaxy S7 Edge dengan Samsung Galaxy S7 cukup lumayan sehingga calon konsumen pun benar-benar mempertimbangkan layakkah selisih harga tersebut untuk menebus Galaxy S7 Edge yang lebih mahal.

Mula-mula perbedaan antara Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge terletak pada desain dimana layar Galaxy S7 Edge tercatat berukuran 5.5 inch sementara Galaxy S7 5.1 inch. Namun perbedaan 0.4 inch tersebut nyaris tidak berbeda kala membandingkan keduanya dalam genggaman. Beda yang terasa adalah dua tepi mengkurva membuat Galaxy S7 Edge lebih nyaman digenggam.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S7 Edge

Jika membandingkan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Samsung Galaxy S6 Edge dari poin desain maka sang penerus terasa lebih elegan, belum lagi desain lensa kamera utama yang kini tenggelam ke dalam casing membuat pemilik merasa lebih aman.
Singkatnya dari sisi desain Samsung Galaxy S7 Edge benar-benar sempurna, paduan desain cantik dengan material terbaik menciptakan kesempurnaan yang seolah belum pernah dicapai oleh smartphone Android lain sampai saat ini.

Kritik Samsung Galaxy S7 Edge

Dua aluminium yang berada di tepi tampak menyatu dan seolah tak memiliki celah, keindahan ini yang membuat Samsung Galaxy S7 Edge unggul atas iPhone 6s untuk poin desain.
Kali ini sang produsen juga menambahkan dua hal yang sangat diharapkan oleh konsumen tahun sebelumnya yaitu desain anti air dan anti debu (IP68) berikut dukungan memori eksternal (microSD) hingga kapasitas maksimal 200 GB.

Mungkin kritikan terhadap Samsung Galaxy S7 Edge pada titik ini adalah keputusan pabrikan untuk masih tetap memberikan mono speaker bukan stereo sebagaimana diharapkan. Memang berkesan lebay bahkan kampungan jika memutar musik keras-keras di tempat umum, namun stereo speaker merupakan nilai tambah yang pasti dihargai kala mendengarkan musik di dalam rumah.

Sensor pemindai sidik jari terasa lebih cepat dan akurat dibanding pendahulunya, penempatannya masih sama di tombol ‘home’. Lagi-lagi disayangkan bahwa fitur ini masih belum bisa membaca jari yang sedikit basah. Setidaknya ada fitur ‘Smart Lock’ yang relatif mampu mengkompensasi kekurangan tersebut.

Layar mengkurva dengan resolusi 2560 x 1440 (WQHD) berteknologi Super AMOLED yang menjadi andalan Galaxy S7 Edge pada dasarnya masih sama seperti layar Galaxy S6 Edge tahun lalu. Sejauh ini tak perlu dipermasalahkan sebab ia masih menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Layar ini juga sudah mendukung VR.

Pengalaman Samsung Galaxy S7 Edge

Masalahnya justru terletak pada langkah Samsung yang meningkatkan tingkat kecerahan layar tersebut yang meski pada satu sisi sangat membantu kala digunakan di bawah terik matahari namun pada sisi lain menjadi tidak nyaman digunakan di dalam ruangan gelap. Masalah ini bukan tanpa solusi tentu saja, pengguna bisa mengatur sendiri secara manual sesuai kebutuhan.

Sama halnya dengan Galaxy S7, Galaxy S7 Edge pun turut menjadi smartphone pertama di dunia yang sudah memanfaatkan teknologi Vulkan API. Kedepan tampaknya teknologi ini akan menjadi jamak diketemukan pada hampir semua smartphone terbaru.

Di sektor kamera Samsung Galaxy S7 Edge maupun Samsung Galaxy S7 tampaknya bakal kembali menjadi benchmark bagi smartphone lain setelah tahun lalu harus lengser tahta dari LG G4. Memang kamera Samsung Galaxy S7 Edge dan Samsung Galaxy S7 hadir dalam dua varian berbeda yaitu menggunakan lensa Samsung 1/2.5-inch 12.3-megapixel ISOCELL dan versi lain menggunakan lensa besutan Sony IMX260, namun sejauh ini tidak diketemukan perbedaan performa maupun hasil antara keduanya.

Hasil Kamera Samsung Galaxy S7 Edge

Menariknya walau dimensi Samsung Galaxy S7 Edge termasuk kompak dan tipis namun ternyata ia dilengkapi dengan kapasitas baterai cukup besar yaitu 3.600 mAh. Selain fast charging smartphone ini juga mendukung pengisian daya nirkabel.

Perbedaan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Samsung Galaxy S7

Opini Final untuk Samsung Galaxy S7 Edge

Gimmick atau bukan nyatanya layar Galaxy S7 Edge memang menawarkan beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh Galaxy S7 dengan layar yang lebih konvensional. Namun layak atau tidak selisih harga antara keduanya kembali pada pertimbangan dan preferensi masing-masing calon konsumen.

Lihat Harga Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge
Samsung Galaxy S7 Edge Samsung Galaxy S7
Harga Samsung Galaxy S7 Edge Harga Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S7 beli sekarang


Pastinya perbedaan antara Samsung Galaxy S7 Edge dengan Samsung Galaxy S6 Edge tidaklah sepele baik dalam pengamatan maupun penggunaan keseharian. IP68 dan microSD saja sudah membuat Galaxy S6 Edge tampak ketinggalan atas sang penerus. Walau pada sisi lain ketiadaan IR blaster pada Galaxy S7 Edge bisa disesalkan oleh pada penggemar setia Samsung.