on

Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root

Tips sederhana menghemat baterai Android yang bakal disajikan dalam artikel kali ini merupakan langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan oleh siapapun terutama bagi pengguna ponsel Android yang enggan melakukan root dengan berbagai pertimbangan, alasan yang paling populer tentu saja terkait dengan masa garansi.

Layar, kamera serta performa memang masih menjadi tiga pertimbangan utama kebanyakan calon konsumen kala hendak membeli sebuah smartphone, namun belakangan ini stamina baterai pun turut menjadi pertimbangan penting mengingat hal-hal lain menjadi tidak terasa berarti tanpa diimbangi stamina baterai memadai. 10 tips sederhana menghemat baterai Android tanpa root berikut mampu membantu Anda menghemat stamina baterai untuk sehari-hari.

Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root


10 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root

#1 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Tutup Aplikasi

  • Hal paling mendasar yang acapkali dilupakan oleh kebanyakan pengguna smartphone Android adalah meminimalisir proses multitasking. Tak sedikit pengguna yang tidak menyadari ada banyak aplikasi yang sudah tidak digunakannya namun belum ditutup secara tuntas. Aplikasi yang tidak ditutup akan terus berjalan (running in the background) sehingga bukan saja memboroskan RAM namun tentu saja stamina baterai dari ponsel itu sendiri. Jika Anda menggunakan sistem operasi Android versi terkini maka langkah menutup aplikasi bisa dilakukan melalui tombol multitasking untuk selanjutnya dipilih aplikasi-aplikasi mana saja yang hendak dinonaktifkan.
  • Sementara jika Anda adalah pengguna smartphone Samsung Galaxy seri yang lebih lawas maka akses bisa didapat dengan menekan lalu menahan tombol “Home” hingga muncul task manager dan selanjutnya dari sini prosesnya sama seperti yang sudah diutarakan di atas.

#2 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Update Sistem Operasi

Melakukan update baik sistem operasi maupun firmware umumnya merupakan langkah paling sederhana dalam meningkatkan performa termasuk performa baterai Android. Dikatakan “umumnya” karena tidak selalu demikian terutama update sistem operasi untuk smartphone lawas. Pengalaman penulis sendiri untuk LG G2 yang menjadi daily driver sampai hari ini justru stamina baterai lebih cepat terkuras setelah menjalankan Android Lollipop. Namun kondisi ini tidak jamak sebab kebanyakan yang terjadi adalah sebaliknya. Tak ada salahnya Anda mencari informasi dari komunitas sesama pengguna handheld serupa sebelum menentukan hendak melakukan update sistem operasi atau tidak.

#3 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Mematikan Koneksi

Beberapa fitur konektivitas sering dibiarkan dalam kondisi aktif padahal sedang tidak digunakan. Koneksi seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, NFC dan sebagainya sering tidak segera dinonaktifkan oleh pengguna meski tidak sedang diperlukan. Kondisi seperti ini jelas memiliki peran besar dalam menguras stamina baterai Android, karenanya pastikan Anda mematikan satu per satu dari fitur-fitur tersebut kala tidak sedang diperlukan.

#4 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Manajemen Aplikasi Messanging

Aplikasi messanging atau pengirim pesan memang menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian pengguna smartphone saat ini. Meski saat ini makin ada banyak pilihan namun harus dipahami pula bahwa menggunakan banyak aplikasi semacam ini secara otomatis juga bakal mengurangi daya tahan baterai smartphone Android Anda.

Karenanya ada baiknya bersikap bijak dengan hanya meng-install aplikasi yang benar-benar diperlukan saja. Selain itu pengaturan sync termasuk untuk e-mail juga baiknya diatur lebih jarang, misalnya alih-alih setiap 5 menit bisa diubah menjadi 30 menit kecuali jika pekerjaan Anda memang menuntut pengecekan surat elektronik tersebut pada interval waktu yang lebih pendek.

Sinkronisasi bukan saja berlaku pada e-mail sebab ada banyak akun lain yang tentunya tertaut dengan ponsel dan berperan mengurangi performa baterai.

#5 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Kecerahan Layar

Tidak semua ponsel dilengkapi dengan sensor yang mampu menyesuaikan tingkat kecerahan secara otomatis pada berbagai kondisi. Jika smartphone Anda termasuk yang memiliki fasilitas tersebut maka Anda bisa melewatkan langka kelima ini. Namun jika tidak maka Anda baiknya secara manual mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin dalam batas yang masih bisa dilihat secara nyaman dan baru meningkatkan kala digunakan di luar ruangan.

#6 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Non-aktifkan Vibrasi

Vibrasi dalam beberapa kondisi seperti pada situasi rapat, di dalam bioskop, malam hari dan sebagainya terasa sebagai fitur yang sangat bermanfaat. Namun pada kesempatan lain dimana nada dering diaktifkan sebenarnya vibrasi tidak terlalu penting. Mengaktifkan vibrasi turut berperan dalam menguras sumber daya baterai, karenanya hanya mengaktifkan fitur ini kala diperlukan terasa sebagai sebuah langkah bijak.

#7 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai Android maupun sistem operasi lain banyak bertebaran di Playstore maupun Marketplace, beberapa tidak benar-benar efektif namun beberapa sisanya seperti “DU Baterry Saver” cukup membantu dalam memanajemen penggunaan baterai terutama jika ponsel Android Anda dalam kondisi unroot.

#8 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Minimalisir Iklan

Aplikasi Android gratisan memang terasa lebih hemat dibanding harus membeli versi pro atau retail, hanya saja perlu dipertimbangkan juga bahwa tayangan iklan yang menyertai aplikasi tersebut juga berkontribusi dalam menguras sumber daya ponsel termasuk baterai. Jika Anda serius ingin menghemat baterai mungkin mempertimbangkan membeli versi retail untuk aplikasi-aplikasi yang sering digunakan bakal terasa bermanfaat.

#9 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Non-aktifkan Animasi

Bagi kebanyakan pengguna awam animasi pada UI dianggap sebagai sebuah hiburan yang menarik, memang dalam kadar tertentu cukup menghibur. Bagaimanapun pada sisi lain mengaktifkan animasi saat transisi dan sebagainya membutuhkan sumber daya yang lebih besar dan lagi-lagi stamina baterai merupakan salah satu yang menanggungnya.

#10 Tips Sederhana Menghemat Baterai Android Tanpa Root: Gunakan Secara Bijak

Daya tarik utama sistem operasi Android bagi mayoritas pengguna adalah ada banyaknya aplikasi tersedia di PlayStore, walau demikian sebagai pengguna Anda perlu bersikap bijaksana dengan tidak menginstall sembarang aplikasi terlebih jika aplikasi-aplikasi tersebut jarang digunakan atau memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi lain yang sudah ada di ponsel Anda. Menggunakan banyak aplikasi apalagi yang terus menerus berjalan di background seperti manajemen RAM maupun baterai biasanya memberi imbas negatif terhadap stamina baterai.